Cold Chain Logistics: Sejarah, Manfaat, dan Masalahnya

oleh | 3 Jan 2023 | Cold Chain

Selama bertahun-tahun, cold chain logistics telah menjadi bagian penting dalam mengangkut makanan dan pasokan yang mudah rusak dari satu tempat ke tempat lain. Barang-barang yang peka terhadap suhu harus dikirim melalui rantai pasokan seperti produk lainnya, dan ada banyak ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk mempertahankan kesegarannya saat memindahkan barang-barang ini.

Bagaimana perusahaan mengintegrasikan cold chain logistics ke dalam proses pengiriman mereka, dan taktik apa yang mereka gunakan untuk memastikan makanan mereka mempertahankan kualitasnya?

Apa Itu cold chain logistics?

Karena banyak negara di dunia menjadi lebih maju dan standar hidup meningkat, orang lebih sadar akan kebutuhan akan produk segar dan berkualitas. Karena itu, ada permintaan tinggi untuk produk yang sensitif terhadap suhu untuk diangkut jarak jauh dengan aman.

Cold chain logistics, atau logistik rantai dingin, melibatkan transportasi produk yang aman dan terjamin dengan mempertahankan persyaratan suhu dan kelembapan tertentu. Untuk melakukan ini, perusahaan cold chain logistics menggunakan peralatan dan teknologi canggih untuk memastikan bahwa produk yang Anda terima segar bahkan setelah diangkut jarak jauh.

Operasional rantai dingin harus diterapkan pada produk apa pun yang dianggap mudah rusak, seperti:

  • Daging
  • Ikan
  • Es krim
  • Bunga dan tanaman
  • Perbekalan kesehatan dan obat-obatan

Mengelola suhu produk yang mudah rusak memastikan bahwa produk tersebut aman dan berkualitas tinggi dari titik asal, melalui rantai distribusi, dan akhirnya sampai ke konsumen. Tapi jangan biarkan nama cold chain logistics membodohi Anda; sementara banyak produk harus disimpan pada suhu yang lebih dingin, di bawah nol, yang lain mungkin membutuhkan suhu yang lebih tinggi dan lebih hangat untuk mempertahankan kualitas dan teksturnya.

Apa pentingnya cold chain logistics?

35682C 29037C4B386C427Fa40Fa04792Edda29 Mv2

Selain menyediakan produk yang berkualitas dan aman bagi konsumen, cold supply chain logistics juga berkontribusi besar terhadap perekonomian dan tenaga kerja. Produk berkualitas berarti konsumen puas, mengarah ke permintaan yang lebih tinggi dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, logistik pasokan rantai dingin memberi orang pekerjaan karena karyawan yang tepercaya dan terlatih dibutuhkan di setiap langkah proses. Personil diperlukan untuk pekerjaan gudang, distribusi, transportasi, dan mengemudi truk.

Jika produk seperti makanan dan hasil bumi tidak disimpan pada suhu yang tepat, produk tersebut dapat mengalami perubahan warna, degradasi tekstur, memar, dan pertumbuhan mikroba. Dalam hal ini, barang-barang tersebut tidak ideal untuk dikonsumsi dan menjadi terbuang sia-sia.

Secara keseluruhan, cold chain logistics sangat penting untuk melindungi kesehatan masyarakat dengan memastikan semua produk yang mudah rusak berkualitas tinggi dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Proses cold chain logistics

Proses cold chain logistics melibatkan banyak langkah, termasuk produksi, penyimpanan di fasilitas produksi, transportasi, dan penyimpanan di gudang pelanggan. Setiap fasilitas dan metode pengangkutan harus dikontrol suhunya, dan semua staf harus terlatih dengan baik tentang prosedur rantai dingin.

Berikut adalah beberapa prosedur umum dari proses cold chain logistics :

Variations in Demand

Perusahaan logistik harus mempertimbangkan waktu kedatangan dan keadaan kedatangan. Jika produk diminati, perusahaan tertentu dapat memintanya sesuai kebutuhan.

Load Integrity

Bagian dari proses ini melibatkan teknologi apa pun yang diperlukan untuk menjaga suhu pengiriman dan bagaimana barang dikemas dan dikemas.

Transport Integrity

Dikombinasikan dengan teknologi pendinginan, anggota staf harus memastikan bahwa lingkungan yang dikontrol suhu tetap terjaga selama transportasi.

Teknologi yang Digunakan dalam Cold Chain Logistics

35682C Aa84A8D5D63843E3B8E2E530Feafe11E Mv2

Teknologi diperlukan dalam cold chain logistics untuk memastikan produk dikirimkan dalam keadaan segar. Tidak hanya diperlukan sistem Manajemen Gudang modern yang dapat menangani persyaratan rantai dingin, tetapi Fasilitas juga perlu dikontrol suhu, termasuk gudang dan transportasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sistem pendingin tugas berat modern yang membantu mempertahankan suhu yang tepat saat barang diangkut dan disimpan.

Produk tidak rusak saat suhu melewati batas tertentu; sebaliknya, suhu yang berfluktuasilah yang menyebabkan barang rusak, memar, atau rusak. Beberapa metode digunakan untuk mendinginkan produk ini, bergantung pada faktor tertentu seperti musim dan ukuran pengiriman. Metode ini mungkin termasuk:

  • Es Kering: Karena sifat es kering, es ini dapat membuat produk tetap beku untuk waktu yang lama.
  • Paket Gel: Ini terutama digunakan untuk pengiriman farmasi atau medis.
  • Eutectic Plates: Pelat dingin yang dapat digunakan kembali berkali-kali.
  • Nitrogen Cair: Metode ini memungkinkan kargo biologis, seperti organ dan jaringan, untuk diangkut dan dibekukan untuk jangka waktu yang lebih lama.
  • Qulits: Ini diisolasi dan dapat dibungkus di sekitar produk tertentu atau diletakkan di atasnya untuk menjaga suhu konstan.
  • Reefers: Istilah ini mengacu pada semi, truk, atau van yang dikontrol suhu dan menyediakan sirkulasi udara.

Penyedia 3pl berkualitas akan memiliki keahlian dalam jenis metode pembekuan mana yang terbaik untuk jenis produk dan hari transit, merencanakan penundaan untuk memastikan integritas produk tetap terjaga.

Masalah Umum cold chain logistics

35682C 6D5F25Fc4Cd4490Eadee63C046D649E5 Mv2

Pengiriman barang dapat sangat terpengaruh jika ada masalah dengan proses cold chain logistics. Penyimpanan dan transportasi rantai dingin akan terganggu jika pengemudi dan staf lainnya tidak mengetahui potensi masalah yang mungkin timbul.

Banyak masalah umum yang dapat muncul dengan cold chain logistics, seperti:

Pengemasan yang tidak memadai

Produk dapat terkontaminasi jika dikemas dengan tidak benar, atau kemasan rusak.

Kualitas Produk

Produk dan makanan lainnya harus dibersihkan, disanitasi, dan disortir dengan benar agar tetap berkualitas tinggi bagi konsumen.

Keterlambatan Pengiriman

Saat ini, keterlambatan pengiriman menjadi lebih umum daripada sebelumnya. Sayangnya, penundaan ini dapat berdampak besar pada barang yang harus dikirimkan dalam waktu tertentu untuk mempertahankan kesegarannya.

Dokumentasi yang Hilang

Manajemen rantai pasokan dingin harus didokumentasikan dengan baik oleh semua pihak yang terlibat, terutama oleh pengemudi atau personel lain selama transportasi. Merekam statistik suhu dan data lainnya dapat membantu memastikan kondisi suhu yang dikontrol memadai.

Kontrol Iklim atau Masalah Suhu Lainnya

Jika suhu rantai dingin berfluktuasi, barang cenderung rusak. Kondisi cuaca ekstrem juga dapat memengaruhi pengiriman, yang menyebabkan sistem pendinginan rusak dan kelebihan udara luar yang masuk ke sistem.

Cold chain logistics adalah bagian penting dari pengiriman dan pengangkutan barang, sehingga aman untuk konsumsi publik. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang layanan cold chain logistics yang kami tawarkan, jangan ragu untuk menghubungi tim kami.

Tulisan Terkait

Solusi dari McEasy untuk Mengatasi Masalah Cold Chain Logistik

Solusi dari McEasy untuk Mengatasi Masalah Cold Chain Logistik

Naiknya jumlah permintaan rantai pasok dingin membuat industri perusahaan di bidang cold chain logistik harus memaksimalkan sistem pengiriman agar barang sampai ke pelanggan sesuai jadwal perencanaan. Namun, karena proses permintaan pelanggan yang meningkat membuat...

Pentingnya Manajemen Rantai Pasokan Menangani Aliran Produksi

Pentingnya Manajemen Rantai Pasokan Menangani Aliran Produksi

Manajemen rantai pasokan atau supply chain management (SCM) adalah aktivitas rantai pasokan dalam memaksimalkan nilai pelanggan, seperti barang dan jasa dari bahan mentah menjadi bahan jadi dan mendistribusikannya ke pelanggan. Hal ini dilakukan oleh perusahaan upaya...