Solusi dari McEasy untuk Mengatasi Masalah Cold Chain Logistik

oleh | 5 Jan 2023 | Cold Chain

Naiknya jumlah permintaan rantai pasok dingin membuat industri perusahaan di bidang cold chain logistik harus memaksimalkan sistem pengiriman agar barang sampai ke pelanggan sesuai jadwal perencanaan. Namun, karena proses permintaan pelanggan yang meningkat membuat perusahaan cold chain logistik sangat kewalahan untuk menangani proses pengiriman. Akibatnya seringkali terjadi kerusakan pada produk rantai dingin, baik dalam perjalanan maupun saat penyimpanan.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi, yang mengatakan, di balik potensi bisnis cold chain juga terdapat berbagai tantangan seperti menyangkut teknologi untuk sistem pengiriman, maupun asuransi penyedia layanan, serta terbatasnya platform e-Commerce yang menginformasikan kemampuan cold chain. Yukki juga menambahkan kalau jumlah kegagalan logistik dalam penyimpanan dan distribusi tetap tinggi yakni masing-masing 10-20%.

Selain tingginya permintaan pelanggan yang menuntut pelayanan dan kualitas produk semakin meningkat, tingginya biaya operasional pengiriman menjadi permasalahan cold chain logistik yang paling serius. Bagaimana tidak, di Indonesia untuk meraup ongkos logistik saja sebesar 24% dari Produk Domestik Bruto (PDB), dan angka persentase ini adalah termahal di antara negara ASEAN lainnya. Belum lagi dengan sistem manual yang masih digunakan membuat kegiatan operasional semakin lambat. Ditambah lagi dengan lemahnya standarisasi proses penanganan bahan baku dingin antar pelaku usaha di lapangan membuat tantangan dalam dunia cold chain semakin tidak bisa dikendalikan.

Sebagai solusinya, Yukki juga mengusulkan kepada pemerintah agar menyiapkan connected hub and spoke dalam transportasi maupun distribusi untuk menjaga kualitas produk rantai dingin dan menciptakan efisiensi.

Salah satu solusi untuk menghubungkan transportasi agar sistem pengiriman optimal adalah dengan transformasi digital inovatif dari McEasy. McEasy memberikan solusi berbasis Software as a Service (SaaS) dan Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan proses pengiriman dan meningkatkan visibilitas armada Anda dengan fitur-fitur canggih yang berfokus pada digitalisasi dan efisiensi pada sistem transportasi dan logistik.

Fitur dan Manfaat dari McEasy

Untuk mendorong digitalisasi logistik, McEasy bisa mengoptimalkan bisnis cold chain logistik Anda dengan fitur-fitur berikut.

Temp and Door Sensor

35682C 26826Db4F67D491B933E72356F0Bb556 Mv2 1

Sensor ini dimiliki oleh Vehicle Smart Management System (VSMS) McEasy yang berfungsi untuk tetap menjaga kondisi muatan cold chain agar sesuai dengan standar. Dengan sensor ini Anda bisa mendeteksi kapan, dimana, dan berapa lama pintu dibuka. Selain itu Anda juga bisa mengetahui perubahan suhu di dalam transportasi maupun bagasi secara real time.

Geofence

Fitur ini berfungsi untuk memonitor armada Anda secara real time. Dengan adanya fitur Geofence ini, Anda dapat membatasi area yang seharusnya dilalui oleh driver. Secara otomatis, apabila driver melalui area yang tidak seharusnya, Anda akan mendapatkan notifikasi, sehingga kemungkinan untuk pencurian armada dan hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir melalui fitur ini.

TMS Control Tower

Salah satu produk McEasy yang bisa memangkas jarak, waktu, dan biaya perawatan armada atau service armada adalah dengan Transportation Management System (TMS) yang terintegrasi dengan existing sistem perusahaan API, sehingga proses pengiriman lebih efisien dan lebih menghemat pengeluaran operasional. Anda juga bisa membuat order pengiriman otomatis secara online untuk meminimalisir terjadinya human error.

Route Optimization

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 6

Fitur Route Optimize bisa meningkatkan produktivitas operasional lapangan hingga 20%, karena Anda bisa melakukan beberapa pengiriman sekaligus dalam waktu tertentu. Dengan fitur ini mampu membuat rute perjalanan secara otomatis, sehingga pengiriman produk rantai dingin lebih efisien.

Smart Driver App

35682C 951F9B2E6Be140D8Af0Ac5968446F9A8 Mv2 2

Smart Driver App merupakan aplikasi mobile untuk pengemudi Anda yang terhubung dengan VSMS dan TMS agar bisa melakukan update status pengiriman dan memonitor biaya operasional tiap armada secara transparan. Pada Smart Driver ini, Anda juga bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pengemudi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fitur-fitur McEasy yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan pengiriman dan menjaga kualitas muatan cold chain Anda.

Ingin tahu lebih jauh seputar fitur-fitur McEasy? Cek informasi selengkapnya hanya di halaman produk McEasy.

Tulisan Terkait

Cold Chain Logistics: Sejarah, Manfaat, dan Masalahnya

Cold Chain Logistics: Sejarah, Manfaat, dan Masalahnya

Selama bertahun-tahun, cold chain logistics telah menjadi bagian penting dalam mengangkut makanan dan pasokan yang mudah rusak dari satu tempat ke tempat lain. Barang-barang yang peka terhadap suhu harus dikirim melalui rantai pasokan seperti produk lainnya, dan ada...

Pentingnya Manajemen Rantai Pasokan Menangani Aliran Produksi

Pentingnya Manajemen Rantai Pasokan Menangani Aliran Produksi

Manajemen rantai pasokan atau supply chain management (SCM) adalah aktivitas rantai pasokan dalam memaksimalkan nilai pelanggan, seperti barang dan jasa dari bahan mentah menjadi bahan jadi dan mendistribusikannya ke pelanggan. Hal ini dilakukan oleh perusahaan upaya...