Keuntungan Investasi Keamanan dengan TrackVision

oleh | 11 Sep 2023 | Bisnis

Tingginya angka kecelakaan pengangkutan penumpang, seperti bus maupun minibus travel menunjukkan bahwa keamanan transportasi menjadi perhatian utama bagi pemerintah dan industri jasa transportasi. Dampak yang diakibatkan tentu bukan main-main, mulai dari kerugian materiil, korban luka-luka hingga hilangnya nyawa. Belum lagi dengan korban yang kehilangan kualitas hidupnya seperti cacat dan lumpuh akibat kecelakaan ini. 

Menurut data statistik Pusat Informasi Kriminal Nasional (PUSIKNAS), menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas tahun 2022 sebanyak 25.138 kasus dengan kerugian materi sebesar Rp246 Milyar. Yang lebih mengejutkan lagi, penyumbang terbesar dari penyebab kecelakaan ini adalah pengemudi. Hasil penelitian Pusat Informasi Kriminal (Pusiknas) Polri yang dirilis oleh Katadata pada semester 1 tahun 2022, pengemudi menjadi penyumbang terbesar penyebab kecelakaan. Sekitar 18 ribu kasus kecelakaan karena pengemudi ceroboh dalam melihat ke arah depan, gagal menjaga jarak aman, melampaui batas kecepatan, melakukan aktivitas lain sambil mengemudi, serta berbagai jenis kecerobohan lainnya yang dapat membahayakan. Lantas bagaimana solusi untuk menekan angka kecelakaan ini? Simak ulasan berikut ini! 

TrackVision: Dashcam untuk Meningkatkan Keamanan Kendaraan  

Sebagai solusi komprehensif atas tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, kecanggihan teknologi kamera kecerdasan Artificial Intelligence (AI) memberi kontribusi besar dalam meningkatkan keamanan kendaraan. Teknologi AI berbasis TrackVision atau yang sering dikenal dengan dashcam, memiliki dual kamera AI yang canggih, yang berperan untuk memantau pengemudi dan kondisi jalan secara real-time. Dashcam TrackVision efektif mendeteksi tanda-tanda bahaya seperti mengantuk, tertidur, kurang konsentrasi bahkan melampaui batas kecepatan, sehingga menjadikannya solusi terdepan dalam meningkatkan keamanan kendaraan. Hal ini telah dibuktikan dengan banyak perusahaan yang telah mengadopsi dashcam TrackVision ini. Kecanggihannya yang secara otomatis memberikan notifikasi alerts ketika pengemudi mengalami tanda-tanda distraksi membantu meminimalisir risiko kecelakaan dan membantu perusahaan dalam memberikan penanganan sigap, sehingga dashcam TrackVision adalah teknologi paling terdepan, bukan hanya untuk meningkatkan keamanan tetapi juga menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Apa saja keuntungan menggunakan dashcam TrackVision? Simak penjelasan artikel berikut! 

Keuntungan Menggunakan TrackVision 

Visibilitas Tinggi dengan Monitor Perjalanan secara Langsung 

Teknologi dual kamera AI yang menghadap ke dalam dan luar kabin kendaraan, TrackVision membantu pemantauan perilaku pengemudi dan kondisi sekitar jalan ke tingkat yang lebih tinggi. Ini mencakup pemantauan apakah mereka mematuhi peraturan lalu lintas, apakah mereka berkendara dengan aman, atau apakah mereka sedang melakukan hal-hal yang mengganggu keselamatan perjalanan, seperti mengantuk, bermain handphone, kurang konsentrasi, maupun tanda-tanda yang berpotensi berbahaya. 

Peningkatan Keamanan dengan Notifikasi Tanda Guncangan  

Selain kemampuannya yang andal dalam memantau pengemudi dan kondisi sekitar jalan, TrackVision juga memberikan pesan otomatis berupa notifikasi suara ketika pengemudi mengalami guncangan atau kejadian yang berpotensi berbahaya. Tanda ini seperti pengemudi mengantuk, tertidur, mabuk, bermain handphone, maupun kurang konsentrasi. Ini bermanfaat karena notifikasi guncangan dapat menjadi petunjuk penting jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan atau insiden serius. Ini memungkinkan respons cepat dan dapat menyelamatkan nyawa.  

Mendeteksi Pelanggaran Lalu Lintas dengan Rekaman Video 

Selain keandalannya yang dapat merekam kondisi sekitar jalan dan perilaku pengemudi, TrackVision juga dilengkapi dengan Driver Monitoring System (DMS). DMS ini bisa diputar ulang karena otomatis tersimpan di dalam platform McEasy yang terhubung langsung dengan TrackVision. Data DMS ini berisi bukti visual, salah satunya pengemudi yang melanggar rambu lalu lintas. Ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengemudi terhadap aturan lalu lintas. 

Penanganan Sigap Saat Kendaraan Melampaui Batas Kecepatan 

Keamanan semakin meningkat dengan sensor iBuzzer yang dipasang di dalam kabin kendaraan. iBuzzer memberikan alarm peringatan secara langsung ketika kendaraan melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memperpanjang waktu reaksi pengemudi dalam situasi darurat.  

Meningkatkan Keselamatan Pengemudi dan Penumpang  

Dual kamera AI TrackVision yang menghadap ke luar dan dalam kabin kendaraan memberikan kemudahan pemantauan pengemudi secara langsung. Dokumentasi ini memberikan kejelasan visual yang secara efektif membantu dalam menilai keamanan pengemudi dan penumpang. Misalnya, jika ada penggunaan seatbelt yang tidak sesuai, perusahaan dapat memiliki bukti foto atau video yang jelas, sehingga dapat dilakukan respons cepat untuk mengurangi risiko kecelakaan.  

Memudahkan Proses Investigasi dan Klaim Asuransi  

Dokumentasi yang disediakan oleh TrackVision, termasuk bukti visual melalui gambar dan rekaman video yang tersimpan di DMS memberi kemudahan dalam melakukan proses investigasi dan klaim asuransi dengan memberikan bukti yang kuat tentang insiden kecelakaan. Kemampuan untuk memutar ulang data juga memfasilitasi penyelidikan mendalam, membantu mengidentifikasi penyebab insiden, dan menentukan tanggung jawab yang tepat. Selain itu, data dari DMS juga dapat memberikan wawasan tambahan tentang kondisi pengemudi saat kejadian terjadi, sehingga dokumentasi ini membantu dalam mempercepat proses klaim asuransi. 

Meningkatkan Kinerja Pengemudi Berdasarkan Laporan Perjalanan  

TrackVision yang terhubung dengan platform McEasy memberikan laporan penilaian objektif terhadap perilaku dan kinerja pengemudi. Keseluruhan aktivitas pengemudi, baik pengemudi yang berkendara dengan baik maupun pengemudi yang memiliki riwayat pelanggaran akan tersimpan secara otomatis di fitur Driver Behavior yang ada di dalam platform McEasy. Data ini lalu diolah dan dianalisis yang kemudian menghasilkan penilaian objektif pengemudi. Penilaian ini dapat membantu dalam mengevaluasi kinerja pengemudi yang memerlukan perbaikan.  

Solusi Terjangkau untuk Investasi Keamanan di Masa Depan 

Meskipun banyak orang yang mungkin beranggapan bahwa TrackVision adalah solusi mahal, kenyataannya adalah TrackVision memberikan nilai yang jauh lebih besar dibandingkan dengan biayanya. Dengan sejumlah fitur canggih seperti Driver Monitoring System (DMS), iBuzzer, dan Driver Behavior, TrackVision tetap terjangkau. Ini adalah investasi yang cerdas untuk meningkatkan keamanan kendaraan tanpa memberatkan anggaran perusahaan, dan menjadikannya solusi yang mumpuni untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keselamatan perjalanan.  

Ajukan demo sekarang untuk melihat sendiri bagaimana TrackVision dapat memberikan nilai yang luar biasa untuk armada Anda. Jangan biarkan persepsi tentang biaya menghalangi Anda dari solusi canggih ini. Klik di sini untuk ajukan demo gratis.

Tulisan Terkait

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat...