4 Fitur Penting GPS Tracker yang Wajib Anda Tahu

oleh | 13 Jan 2024 | Manajemen Armada

Global Positioning System atau biasa disebut dengan GPS merupakan alat untuk melacak armada. Dengan teknologi yang terus berkembang, fitur-fitur penting yang ada pada GPS menjadi sangat krusial bagi perusahaan yang mengandalkan transportasi sebagai bagian integral dari operasional mereka. Untuk itu, mari kita bahas 4 fitur GPS yang wajib Anda tahu. 

Pelacakan Lokasi Real-time  

GPS pelacak armada memungkinkan Anda melihat lokasi armada secara real-time. Dengan pembaruan yang akurat dan cepat, Anda dapat mengawasi pergerakan kendaraan Anda kapan saja.  

Matikan Mesin Kendaraan dari Jarak Jauh 

Menghadirkan fleksibilitas dan keamanan ekstra, fitur ini memungkinkan Anda untuk mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh. Ini sangat bermanfaat dalam situasi darurat maupun untuk mencegah penggunaan yang tidak sah. 

Geofencing 

Geofencing memungkinkan Anda menetapkan area terbatas atau area tertentu. Ketika kendaraan memasuki atau meninggalkan area ini, Anda akan menerima pemberitahuan langsung. Fitur ini membantu mengontrol pergerakan armada, meningkatkan keamanan, dan memberikan wawasan langsung saat kendaraan memasuki lokasi tertentu. 

Riwayat Perjalanan 

Dengan ini, Anda dapat melihat catatan perjalanan armada selama periode waktu tertentu. Ini memungkinkan analisis untuk memahami pola pergerakan armada dan memantau pemakaian kendaraan. 

Manfaatnya untuk Bisnis dan Pengemudi 

Fitur Penting Gps Tracker

Setelah mengetahui 4 fitur utama di atas, ada beberapa manfaat dari penggunaan GPS ini. Sesuai dengan fungsi GPS yang telah banyak digunakan di industri transportasi maupun logistik, berikut kami jelaskan manfaatnya untuk bisnis dan pengemudi. 

  • Meningkatkan Keamanan Aset Armada 

Penggunaan GPS dapat membantu untuk mencegah pencurian dan memberikan perlindungan ekstra terhadap aset armada, sehingga keamanan operasional juga meningkat.  

  • Meningkatkan Keselamatan Pengemudi 

Dengan pelacakan lokasi real-time dan pemantauan pola pergerakan, keselamatan pengemudi dapat ditingkatkan melalui pengelolaan rute yang lebih aman dan efisien. 

  • Komunikasi dengan Pengemudi Lebih Efisien 

Informasi lokasi real-time memungkinkan komunikasi yang lebih efisien antara tim operasional dan pengemudi. Dengan demikian, risiko keterlambatan dapat berkurang dan responsivitas dalam operasional harian juga meningkat. 

  • Mengurangi Biaya Tambahan 

Pemantauan armada secara langsung tanpa terjun ke lokasi menjadi salah satu manfaat yang paling efisien. Dengan memantau seluruh aset armada dari jarak jauh, tentu mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan.  

  • Melindungi dari Tindakan Pengemudi yang Tidak Sah 

Fitur geofencing yang dapat memberikan notifikasi peringatan juga dapat menghindari tindakan pengemudi yang tidak sah, seperti pengemudi yang teridentifikasi mengirim atau memuat barang di luar order pengiriman maupun pengemudi yang menurunkan atau menjemput penumpang di luar instruksi perusahaan. 

GPS Portable: Rekomendasi GPS yang Cocok untuk Seluruh Bisnis 

Rekomendasi Gps Yang Cocok Untuk Seluruh Bisnis

Setelah mengetahui keempat fitur utama GPS dan manfaatnya, kami dapat memberikan rekomendasi GPS yang cocok untuk Anda. salah satunya adalah GPS Portable dari McEasy. Selain cocok untuk segala jenis bisnis, GPS Portable ini juga sudah terintegrasi dengan server SPIONAM milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk perizinan angkutan barang dan penumpang. 

Dengan memiliki 4 fitur utama, seperti Live View untuk melacak armada, Engine On/Off untuk kendalikan mesin kendaraan dari jauh, Geofence untuk membuat batas dan menerima peringatan jika armada beroperasi di luar area, dan Fleet History untuk memutar ulang riwayat perjalanan, GPS Portable dapat membantu Anda untuk memberikan keamanan ekstra di setiap kilometer perjalanan.  

Kelebihan GPS Portable yang membedakan dengan GPS lain, yaitu: 

  • Bisa memantau kapan pun dan darimana pun 
  • Informasi lebih akurat dan real-time 24/7 
  • Jauh lebih fleksibel karena dirancang khusus menggunakan magnet, sehingga bisa dipindahkan ke armada lain sesuai dengan kebutuhan 
  • Mudah diintegrasikan dengan sistem lain, seperti ERP, WMS, platform akuntansi, dan sebagainya 
  • Memiliki jaringan LTE/GSM 
Kelebihan Gps Portable

Simpulan 

Demikian 4 fitur GPS yang wajib Anda tahu dan miliki di tahun 2024 ini untuk meningkatkan keamanan aset berharga Anda. Dengan rekomendasi terbaik, GPS Portable dari McEasy menjadi pilihan solusi terdepan untuk melindungi aset Anda.  

Ingin membuktikan sendiri bagaimana fitur-fitur GPS Portable ini dapat meningkatkan keamanan aset Anda? Segera ajukan demo dan konsultasikan dengan pakar tim kami. Klik di sini untuk memulai. 

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...