Penting! Kemenhub Wajibkan Armada Bus Pakai GPS Tracker

oleh | 22 Sep 2023 | Manajemen Armada

Transportasi adalah salah satu sektor kunci dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Di Indonesia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengambil langkah proaktif dengan mewajibkan penggunaan GPS Tracker dalam industri jasa transportasi. GPS Tracker adalah teknologi yang membantu pemantauan real-time kendaraan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam sektor transportasi.

Kewajiban GPS Tracker oleh Kemenhub

Pada tahun 2019, Kemenhub mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penggunaan GPS Tracker pada semua angkutan umum di Indonesia, diantaranya taksi, bus, pariwisata, bus sekolah, bus karyawan, shuttle bus kawasan residensial, dan kendaraan rental. Adapun petunjuk teknis alat pemantau pergerakan kendaraan secara elektronik pada angkutan orang dijabarkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.2081/AJ.801/DRJD/2019. Langkah ini diambil untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap kendaraan yang beroperasi di seluruh Indonesia. GPS Tracker membantu Kemenhub untuk memantau lokasi kendaraan dan meningkatkan pengawasan seluruh bus secara real-time dan akurat.

Manfaat Penggunaan GPS Tracker

Penggunaan GPS Tracker tidak hanya membantu pemantauan pemerintah, tetapi juga memberikan manfaat besar kepada perusahaan, pemilik kendaraan dan masyarakat umum. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

Peningkatan Keamanan

GPS Tracker dapat membantu mengurangi risiko pencurian kendaraan dan memungkinkan penelusuran kendaraan yang hilang.

Pemantauan Kinerja Kendaraan

Pemilik kendaraan dapat melacak kecepatan, konsumsi bahan bakar, dan perilaku berkendara untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Manajemen Armada

Bisnis yang memiliki armada kendaraan dapat mengelola mereka dengan lebih efektif, mengoptimalkan jadwal, dan memastikan pemeliharaan yang tepat waktu.

GPS Tracker McEasy Telah Terintegrasi dengan Kemenhub

Manufaktur 1

GPS Tracker dari McEasy telah terintegrasi sepenuhnya dengan Kemenhub. McEasy adalah sebuah platform manajemen armada dan transportasi yang menyediakan GPS Tracker dan berbagai fitur canggih untuk pemantauan kendaraan. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya penggunaan GPS Tracker dalam transportasi dan bagaimana McEasy menjadi salah satu solusi terbaik untuk mematuhi regulasi Kemenhub. Beberapa fitur utama GPS Tracker dari McEasy antara lain:

Pemantauan Real-Time

GPS yang terhubung dengan platform McEasy membantu pemantauan kendaraan secara real-time dan akurat dilengkapi laporan informasi waktu, lokasi, dan riwayat perjalanan. Ini memberikan visibilitas yang sangat baik kepada perusahaan maupun tim operasional.

Laporan dan Analisis

GPS Tracker yang terhubung dengan platform McEasy juga menyediakan laporan dan analisis aktivitas armada yang membantu pemilik kendaraan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dalam pengelolaan armada.

Integrasi Mudah

Platform McEasy dapat dengan mudah diintegrasikan dengan platform maupun sistem lain yang telah digunakan oleh perusahaan maupun tim operasional, sehingga memudahkan alur kerja manajemen operasional.

Simpulan

Dengan mewajibkan penggunaan GPS Tracker, Kemenhub telah mengambil langkah yang penting dalam meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam sektor transportasi Indonesia. Salah satunya GPS Tracker yang telah terhubung dengan Kemenhub adalah McEasy, sehingga memudahkan perusahaan jasa transportasi dalam mematuhi regulasi pemerintah sekaligus meningkatkan keamanan aset armada mereka. Tertarik dengan GPS Tracker McEasy? ajukan demonya secara gratis!

Tulisan Terkait

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat...

Lacak Lokasi Hingga Kondisi Armada dalam Satu Platform

Lacak Lokasi Hingga Kondisi Armada dalam Satu Platform

Apakah Anda memiliki armada kendaraan dan merasa sulit untuk melacak lokasi mereka secara real-time? Apakah Anda juga ingin memantau kondisi armada Anda tanpa harus mengeceknya secara manual? Jangan khawatir, hanya dengan solusi McEasy, Anda bisa melakukannya semua...

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...