Mengenal Penyebab Boros BBM pada Mobil dan Cara Mengatasinya

oleh | 14 Apr 2023 | Manajemen Armada


Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, naiknya harga bahan bakar akhir-akhir ini tentu menjadi tantangan bagi para pengendara mobil, terutama saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Konsumsi bahan bakar pada mobil yang boros dapat menghabiskan banyak dana dan menambah pengeluaran yang tidak perlu.

Tentu saja, menjaga agar mobil tetap irit bahan bakar menjadi hal yang sangat penting. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM pada mobil, terutama pada performa mesin dan gaya berkendara. Maka dari itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membuat mobil boros bahan bakar.

Penyebab Boros Bbm Pada Mobil

Performa mesin yang menurun menjadi salah satu faktor utama penyebab mobil boros BBM. Mesin yang tidak sehat tidak dapat menghasilkan tenaga yang optimal, sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama. Selain itu, performa pendukung lainnya seperti transmisi dan kampas kopling yang mulai aus juga dapat menyebabkan mobil boros BBM.

Tak hanya faktor internal, faktor eksternal seperti kondisi jalan dan gaya berkendara juga dapat berdampak pada konsumsi BBM. Ketika menghadapi kemacetan, mesin mobil akan terus hidup sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama. Selain itu, perilaku pengendara yang suka menginjak pedal gas dan pedal rem secara berulang-ulang dapat membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Hand Refilling Car With Fuel At Gas Station 2022 10 31 04 16 37 Utc

Oleh karena itu, bagi para pengendara mobil, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan mobil boros BBM dan melakukan tindakan pencegahan agar mobil tetap irit bahan bakar. Hal ini tidak hanya akan menghemat pengeluaran, tetapi juga membantu menjaga lingkungan karena emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil yang boros BBM lebih tinggi. Jadi, pastikan mesin mobil selalu dalam kondisi baik dan gaya berkendara efisien untuk meraih efisiensi BBM yang lebih tinggi.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...