Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

oleh | 29 Apr 2024 | Manajemen Armada

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat bahan bakar dan biaya tanpa harus mengorbankan kenyamanan.  

Berikut adalah 7 tips efektif untuk membantu Anda mencapai hal tersebut: 

1. Perawatan Rutin Kendaraan 

    Preventive Mintenance

    Kendaraan yang terawat dengan baik cenderung lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar. Pastikan untuk melakukan servis berkala, termasuk penggantian oli dan filter udara secara teratur.   

    2. Periksa Tekanan Ban 

      Cara Balancing Ban Mobil Manfaat Dan Biayanya 768X432 1

      Ban yang tekanannya tidak sesuai dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Selalu pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk efisiensi yang optimal. 

      3. Hindari Memuat Beban dengan Berat Berlebihan 

        Industri Distribusi 5 Muatan Armada

        Mengangkut beban berlebihan dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar secara signifikan. Bawa hanya muatan yang sesuai dengan kapasitas kendaraan dan hindari muatan overload.  

        4. Gunakan Akselerasi yang Stabil 

          Akselerasi yang agresif dapat menguras konsumsi bahan bakar dengan cepat. Beri tahu pengemudi Anda agar mengemudi dengan kecepatan stabil dan konsisten. Selain hemat bahan bakar, ini mengurangi risiko terkena E-Tilang dan kecelakaan. 

          5. Manfaatkan Teknologi Fuel Sensor 

            Hemat Bahan Bakar

            Selain sensor perekam kecepatan, yang paling penting adalah kendaraan Anda juga harus dilengkapi dengan fuel sensor. Pasangkan fuel sensor pada kendaraan Anda untuk mencegah pemborosan dan melindungi dari tindakan pencurian bahan bakar. Bukan hanya itu, sensor ini juga efektif menjaga kecepatan yang stabil dan konsisten, yang pada gilirannya dapat menghemat bahan bakar.  

            6. Matikan Mesin Saat Tidak Digunakan 

              Beri tahu pengemudi Anda jika berhenti dalam waktu yang lama, seperti saat menunggu dalam pengangkutan maupun mengeluarkan muatan, Anda bisa menyuruhnya untuk matikan mesin kendaraan. Menghidupkan mesin secara berulang hanya akan membuang-buang bahan bakar. 

              Tulisan Terkait

              Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

              Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

              Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

              Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

              Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

              Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...