5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pengemudi

oleh | 26 Des 2022 | Manajemen Pengemudi

Pengemudi adalah bagian terpenting untuk memastikan kesuksesan operasional armada. Namun dalam daftar 2020 Top Industry Issues, American Transportation Research Institute mengidentifikasi kekurangan dan retensi pengemudi sebagai dua masalah teratas yang dihadapi operator armada selama empat tahun berturut-turut.

Jika Anda merasa sulit untuk mempertahankan pengemudi Anda, penting bagi Anda untuk menemukan cara untuk meningkatkan semangat pengemudi. Semakin puas pengemudi Anda, semakin kecil kemungkinan mereka untuk pergi, dan kepuasan mengalir dari puncak organisasi ke bawah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan retensi dan memastikan pengemudi Anda tetap puas.

Berkomunikasi dengan pengemudi secara teratur

35682C 3E4F6Eff05954B8Da937C703Aacdf392 Mv2 1

Sedikit rasa hormat bisa sangat membantu dalam meningkatkan moral pengemudi, dan cara termudah untuk menghormati pengemudi Anda adalah dengan mendengarkan mereka.

Pengemudi Anda dapat menjadi salah satu sumber informasi terbaik dalam hal pengambilan keputusan, apakah itu mempekerjakan pengemudi baru untuk mengurangi sebagian beban kerja mereka, membeli kendaraan baru atau memperluas opsi pembayaran atau keuntungan lainnya. Bicaralah dengan mereka sesering mungkin dan berikan banyak kesempatan untuk umpan balik terbuka, kemudian pertimbangkan umpan balik tersebut saat membuat keputusan bisnis.

Gunakan GPS untuk membantu dan memberi penghargaan kepada pengemudi, bukan mengawasi

35682C 3107A645B1C94Eaabab60Be32C0Ad6Dc Mv2 1

Sangat menggoda untuk memperlakukan perangkat GPS dan telematika Anda sebagai sarana untuk mengawasi kesalahan pengemudi Anda. Meskipun Anda harus memantau perilaku di jalan raya, pertimbangkan untuk menggunakan data tersebut sebagai cara untuk mengenali pengemudi Anda yang menunjukkan kebiasaan mengemudi yang baik dan efisiensi rute, serta mengedukasi pengemudi Anda yang mungkin membutuhkan panduan.

Cara mudah untuk memperluas ide ini adalah dengan membuat program insentif mengemudi yang baik, di mana keunggulan berkelanjutan dalam rute dan efisiensi dihargai dengan pengakuan atau bonus. Ini akan mendorong pengemudi yang baik untuk tetap berada di jalur serta memberikan tolok ukur yang memotivasi bagi pengemudi yang kesulitan.

Pastikan kendaraan Anda terawat dengan baik

Tidak ada yang membuat hidup pengemudi lebih sulit daripada kendaraan bermasalah dengan masalah pemeliharaan berulang. Gagal menyervis kendaraan Anda secara teratur pada akhirnya dapat menjadi penghalang bagi pengemudi dan dapat meningkatkan risiko keterlambatan dan kecelakaan.

Anda juga ingin memastikan untuk membuat strategi penggantian kendaraan sehingga Anda dapat menggilir aset baru secara teratur. Truk baru dapat meningkatkan kondisi kerja pengemudi, antara kinerja kendaraan yang lebih baik dan kenyamanan keseluruhan.

Optimalkan rute dan penjadwalan agar pengemudi tetap di jalan

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2

Rute yang tidak tertata dengan baik berarti pengemudi menghabiskan lebih banyak waktu terjebak dalam lalu lintas atau di jalan kabupaten yang kurang ideal daripada yang seharusnya, dan rasa frustrasi itu bertambah seiring waktu. Ini juga dapat berarti bahwa beberapa pengemudi berakhir dengan terlalu sedikit pekerjaan sementara yang lain terbebani dengan terlalu banyak rute.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak manajemen armada seperti TMS McEasy, Anda dapat mengintegrasikan penyedia GPS Anda untuk membuat rute yang lebih efisien yang tidak hanya menguntungkan pengemudi Anda, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasi seluruh armada Anda. Semua pengemudi Anda diberi waktu yang sama di jalan dan rute Anda diselesaikan tepat waktu dengan lebih konsisten.

Pikirkan tentang kehidupan di luar truk dengan manfaat organisasi

Ad4A9C 3700F21E58C14382B2735C39272E34Df Mv2

Penting untuk diingat bahwa pengemudi truk tidak hanya mencari gaji yang tinggi; sebuah studi tahun 2017 dari TruckersReport.com menunjukkan bahwa gaji hanya menempati urutan kelima dalam daftar masalah pengemudi secara keseluruhan. Memastikan Anda memiliki daftar manfaat yang lengkap untuk pengemudi Anda dapat melangkah lebih jauh dari sekadar membuang banyak uang dalam penawaran.

Pertimbangan yang mudah adalah mengoptimalkan jadwal untuk memberikan waktu pulang yang wajar kepada pengemudi Anda. Meskipun ada beberapa pengemudi yang lebih suka berada di luar jalan untuk jangka waktu yang lebih lama daripada yang lain, dua hingga tiga minggu adalah waktu rata-rata yang dihabiskan pengemudi di jalan.

Karena pekerjaannya melibatkan banyak duduk, menjadi sopir truk adalah salah satu profesi paling tidak sehat di AS , di antara hal-hal seperti potensi masalah punggung dan pinggul serta kurangnya olahraga kardiovaskular sepanjang hari. Memberikan inisiatif kesehatan dan kesejahteraan juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kebahagiaan pengemudi Anda, dan dapat mencakup hal-hal seperti diskon keanggotaan gym, pilihan makanan ringan yang sehat di ruang istirahat, atau hari kesehatan dan fisik perusahaan.

Opsi lain yang akan menguntungkan armada Anda dalam jangka panjang adalah insentif pengembangan profesional, seperti menawarkan jalur untuk dukungan dan sertifikasi tambahan atau bahkan pelatihan kepemimpinan. Hal ini membuat pengemudi Anda tahu bahwa Anda setia kepada mereka sebagaimana mereka setia kepada Anda, dan bahwa Anda bersedia berinvestasi untuk kesuksesan mereka.

Salah satu hal terpenting untuk diingat adalah bahwa karyawan Anda adalah orang pertama dan pengemudi kedua. Jika Anda memastikan keseimbangan yang mereka butuhkan untuk merasa terpenuhi di setiap bidang kehidupan mereka, mereka akan cenderung tetap termotivasi dalam pekerjaan sehari-hari.

Mampu mengelola data pengemudi Anda dengan lebih baik dimulai dengan perangkat lunak manajemen armada yang solid. Mulai uji coba gratis Anda atau minta demo VSMS McEasy hari ini!

Tulisan Terkait

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Di industri pengangkutan orang seperti bus, travel, maupun shuttle, keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Salah satu inovasi terbaru yang semakin umum digunakan dalam bisnis transportasi adalah pemasangan dashcam atau kamera pengawas di kendaraan...