Strategi PT JBL Tingkatkan Kepuasan Pelanggannya

oleh | 2 Des 2023 | Manajemen Pengiriman

Kepuasan pelanggan bukan sekadar indikator, tapi kunci keberlanjutan suatu bisnis. Perusahaan yang memprioritaskan kepuasan pelanggan cenderung membangun hubungan jangka panjang, menciptakan loyalitas, dan mendapatkan rekomendasi positif. Inilah beberapa alasan industri logistik dan pengiriman barang berlomba-lomba untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan mereka. Salah satunya adalah PT Jasa Berdikari Logistics Tbk, atau yang dikenal dengan PT JBL.  

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang logistik, PT JBL terus melakukan perbaikan pada layanan mereka. Dengan pengalamannya yang berdiri sejak tahun 2007 hingga sekarang, PT JBL sukses meningkatkan kepuasan pelanggan mereka. 

Lebih lanjut, PT JBL merupakan perusahaan logistik di Indonesia dengan armada terbesar dan beroperasi dengan jam kerja 24/7 tanpa ada hari libur. Pelanggan PT JBL berasal dari mereka yang bidang usahanya adalah pabrik manufaktur, dengan pabriknya sebagai titik awal pelayanan, bahkan yang operasionalnya tersebar di ratusan pusat distribusi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

PT JBL Mempercayakan McEasy untuk Kepuasan Pelanggannya 

Dalam menjawab panggilan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT JBL telah mengambil langkah revolusioner. Mereka mengandalkan McEasy Platform sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya. Sejak beralih dan memanfaatkan fitur-fitur dari McEasy, pelanggannya lebih mudah untuk melacak pengiriman secara real-time. Pelanggan mereka dapat mengetahui letak posisi barang dan armada PT JBL, sekaligus mendapatkan status pengiriman terbaru.  

Selain memberikan transparansi pengiriman kepada pelanggan mereka, tim operasional PT JBL juga dapat memantau pergerakan armada melalui handphone maupun desktop mereka. Status armada berjalan atau berhenti, detail kendaraan dan pengemudi, riwayat perjalanan, bahkan armada yang keluar jalur atau beroperasi di luar wilayah pengiriman akan dapat notifikasi peringatan. Dengan informasi yang sangat komprehensif ini, PT JBL dapat mengurangi downtime dan mencegah keterlambatan pengiriman. Kemudahan dan fleksibilitas inilah yang membuat PT JBL mempercayakan McEasy untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya hingga sekarang. 

Fitur-fitur Inovatif yang Dimiliki McEasy 

Alasan lain mengapa PT JBL memilih dan menggunakan McEasy untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya adalah, karena McEasy Platform menyediakan segudang fitur inovatif. Fitur-fitur ini seperti: 

Pembuatan Pesanan 

Mempercepat dan mempermudah proses pembuatan pesanan, memastikan bahwa setiap langkah dalam rantai pasok mereka dimulai dengan efisiensi dan akurasi, serta mengurangi potensi kesalahan. 

Perencanaan Rute 

Algoritma yang canggih dapat mengoptimalkan rute pengiriman. Ini membantu mengurangi waktu tempuh dan mengurangi pemakaian bahan bakar. 

Surat Jalan Digital 

Dalam hal ini, pencatatan manual tidak lagi digunakan. Ini menciptakan proses administratif yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan menghemat waktu sumber daya. 

Pelacakan Pengiriman Real-Time 

Transparansi adalah kunci, dan PT JBL dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan mereka melalui fitur pelacakan pengiriman real-time. Ini memastikan pergerakan armada dapat dipantau secara langsung, baik oleh pelanggan maupun tim operasional. 

Matikan Mesin Kendaraan dari Jauh 

Tim operasional akan menerima notifikasi pemberitahuan jika armada keluar jalur atau beroperasi di luar wilayah pengiriman, dan dengan fitur ini, mereka dapat mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan aset atau penyalahgunaan armada. 

E-PoD dan E-PoP

Electronic Proof of Pick Up (E-PoP) adalah bukti pengambilan barang secara elektronik, sedangkan Electronic Proof of Delivery (E-PoD) adalah bukti pengiriman melalui tanda tangan digital. Ini tidak hanya mengurangi risiko kehilangan dokumen, tetapi juga menyederhanakan proses administratif.   

Laporan Pengiriman 

Dengan fitur laporan pengiriman, PT JBL dapat mengevaluasi kinerja operasional mereka secara menyeluruh. Ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk terus meningkatkan layanan logistik mereka. 

Tertarik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda seperti PT JBL? Coba McEasy Platform sekarang dengan klik halaman demo di sini

Tulisan Terkait