Apa itu Bukti Pengiriman Elektronik?

oleh | 2 Feb 2023 | Manajemen Pengiriman

Mengapa lebih banyak bisnis memilih bukti pengiriman elektronik dan di mana mencari sistem POD terbaik untuk bisnis pengiriman Anda


Mengamankan bukti pengiriman (POD) adalah kunci untuk menghindari kesalahan pengiriman, klaim palsu, dan barang hilang atau salah kirim. Paper POD memerlukan tanda tangan penerima di atas kertas, namun persyaratan saat ini telah membuat bukti pengiriman elektronik menjadi sangat dicari oleh bisnis.

Artikel ini akan menyoroti alasan mengapa lebih banyak bisnis memilih bukti pengiriman elektronik dan di mana mencari sistem POD terbaik untuk bisnis pengiriman Anda.

Mengapa paper POD adalah sesuatu dari masa lalu!

Kertas pada umumnya adalah sesuatu dari masa lalu. Mayoritas orang membayar dengan kartu atau ponsel mereka alih-alih uang tunai dan bisnis menyimpan dokumen dan dokumen penting mereka di platform seperti Google Drive, Xero, Monday, dll.

Bukti pengiriman tidak berbeda.

Bukti pengiriman tradisional adalah ketika pelanggan menandatangani selembar kertas untuk menandakan pengiriman telah selesai. Pengemudi kemudian akan melakukan entri data manual setelah mereka kembali ke tempat kerja di penghujung hari. Ini adalah praktik yang memakan waktu dan tidak efisien.

Dispatcher tidak memiliki akses ke visibilitas real-time yang dapat mempersulit proses pengiriman secara signifikan. Jika pelanggan menelepon menanyakan tentang lokasi pengemudi, mereka tidak dapat mengakses informasi tersebut. Ini dapat berdampak negatif pada pengalaman pelanggan dan membahayakan retensi pelanggan untuk bisnis Anda.

Selain itu, POD kertas belum tentu merupakan opsi yang paling ramah lingkungan dan di dunia di mana mengurangi jejak karbon Anda adalah suatu keharusan, lebih masuk akal untuk menggunakan pilihan elektronik.

Apa itu e-POD?

35682C 64E290D7747A480A9478C45E8Affcfea~Mv2

Bukti pengiriman elektronik (e-POD) menggantikan pena dan kertas, menukar catatan pengiriman tradisional dengan perangkat digital yang ditandatangani pelanggan saat pengiriman.

Bukti pengiriman elektronik mengurangi waktu antara pengemudi tiba dan berangkat mengingat sifatnya yang efisien waktu. Yang harus dilakukan pelanggan hanyalah melakukan tanda tangan dan pengemudi sedang dalam perjalanan.

Itu juga menangkap data yang relevan yang kemudian disimpan secara otomatis di satu tempat, meningkatkan akurasi pengiriman secara keseluruhan.

Setelah pelanggan memberikan tanda tangannya, mereka akan langsung menerima salinannya melalui tautan pelacakan atau email sebelumnya. Dengan demikian, menghadirkan visibilitas waktu nyata ke transaksi untuk pengirim dan penerima.

Manfaat bukti pengiriman elektronik

35682C 14C965F800Cb4A2Ca67Bab493D7B6550~Mv2

Pengurangan dokumen

Seperti disebutkan sebelumnya, beralih ke e-POD sangat bermanfaat bagi lingkungan dan berarti lebih sedikit dokumen yang harus diselesaikan. Ini adalah kemenangan menang!

Dengan bukti pengiriman elektronik, pengemudi tidak lagi harus memasukkan informasi secara manual ke dalam database. Distribusi secara real time juga berarti tidak ada lagi penundaan pemrosesan.

Kepuasan pelanggan

Membuat pelanggan Anda senang tidak selalu mudah. Saat ini mereka ingin melihat persis di mana pesanan mereka dari awal sampai akhir.

Bukti pengiriman elektronik memverifikasi bahwa barang mereka telah tiba tanpa harus menelepon untuk pembaruan. Tergantung pada jenis sistem e-POD, pelanggan dapat menerima notifikasi sebelum dan sesudah kedatangan pengemudi melalui email atau SMS. Mereka juga dapat menerima tautan pelacakan langsung.

Memberikan transparansi yang belum pernah ada sebelumnya dari seluruh operasi pengiriman berarti Anda dapat membangun kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan Anda.

Akurasi pengiriman lebih baik

Pengemudi tidak dapat memperoleh banyak detail pengiriman tidak seperti e-POD, yang memungkinkan Anda mengambil data yang relevan dengan pengiriman. Ini termasuk nama pelanggan, konfirmasi tanda tangan, tanggal dan waktu kedatangan dan di mana barang tersebut ditempatkan.

Data ini memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang apa yang terjadi sepanjang hari dan paket apa yang telah dikirimkan tepat waktu. Memiliki akses ke lokasi suatu barang dapat membantu agen memberi tahu pelanggan bahwa barang itu sudah tiba.

Layanan lebih cepat

Bergantung pada sistem e-POD yang Anda pilih, data dapat ditransfer secara real time, menghilangkan kebutuhan pengemudi untuk memproses dokumen secara manual di penghujung hari.

Pengemudi Anda juga akan berkomunikasi melalui aplikasi pengiriman alih-alih melakukan beberapa panggilan dalam sehari. Ini memastikan bahwa informasi pengiriman akurat dan meminimalkan kemungkinan kesalahpahaman.

Bukti pengiriman elektronik McEasy

35682C Fca005F9510C417Ca1D2382Dd13092A7~Mv2

Jika Anda membutuhkan aplikasi bukti pengiriman elektronik yang andal dan membawa layanan pengiriman Anda ke level selanjutnya, McEasy adalah tempatnya!

POD tradisional tidak memiliki visibilitas yang berarti bisnis memiliki kontrol yang lebih sedikit atas pengemudi mereka, sehingga sulit untuk menyelesaikan masalah yang memengaruhi harapan pelanggan.

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30~Mv2

McEasy adalah aplikasi pengiriman yang sistem POD-nya memungkinkan Anda menghitung setiap pengiriman dengan gambar digital dan konfirmasi tanda tangan, menjadikannya salah satu solusi pengiriman yang lebih andal.

Revolusi proses konfirmasi pengiriman pada bisnis Anda dengan menghubungi kami sekarang juga!

Tulisan Terkait