Cara Menggunakan Aplikasi Manajemen Pengiriman pada Perusahaan

oleh | 5 Apr 2023 | Manajemen Pengiriman


Jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat aplikasi manajemen pengiriman berfungsi untuk bisnis Anda, teruslah membaca.

Mengelola bisnis pengiriman memiliki banyak tantangan seperti merencanakan rute, menangani pemesanan, dan memastikan setiap pengiriman selesai dengan sukses.

Harus ada metode yang lebih sederhana untuk menyeimbangkan semua kewajiban ini dan menyederhanakan logistik pengiriman.

Apa Itu Aplikasi Manajemen Pengiriman?

Aplikasi manajemen pengiriman atau delivery management system (DMS) membuat hidup lebih mudah dengan mengotomatiskan seluruh proses pengiriman.

Aplikasi manajemen pengiriman dapat digunakan untuk bisnis kecil dan besar untuk meningkatkan kinerja pengemudi, merampingkan rute pengiriman, dan menyenangkan konsumen.

Dengan meningkatkan efektivitas pengiriman Anda, beban kerja Anda berkurang, membebaskan Anda untuk fokus pada tugas operasional lainnya untuk perusahaan Anda.

Setelah Anda menerapkan aplikasi manajemen pengiriman di sistem Anda, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam merencanakan rute secara manual dan mengisi spreadsheet Excel.

Untuk Apa Aplikasi Manajemen Pengiriman Digunakan?

Aplikasi Manajemen Pengiriman

Untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen, bisnis harus beradaptasi dengan permintaan pengiriman cepat. Pengiriman dapat selalu dilakukan tepat waktu dengan bantuan aplikasi manajemen pengiriman!

Pernahkah Anda menerima telepon dari pelanggan yang tidak puas yang marah karena Anda tidak mengetahui status pengiriman mereka? Itulah yang dimaksud dengan DMS!

Dengan menggunakan aplikasi manajemen pengiriman yang andal seperti TMS McEasy, Anda dapat mengumpulkan semua data yang Anda perlukan di satu tempat. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa status pesanan tanpa harus berkendara bersama pengemudi lain.


Mengapa aplikasi manajemen pengiriman penting?

Perusahaan yang ingin mengelola operasi pengiriman mereka secara efisien harus melihat ke dalam aplikasi manajemen pengiriman. Solusi ini membantu bisnis mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan merampingkan proses pengiriman mereka. Dengan meningkatnya permintaan untuk layanan pengiriman dan belanja online, semakin penting untuk memiliki sistem manajemen pengiriman yang andal.

Aplikasi untuk manajemen pengiriman tidak hanya meningkatkan efisiensi dan memangkas biaya, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelacakan secara real-time dan peringatan pengiriman otomatis memungkinkan pelanggan untuk tetap mendapat informasi tentang status barang mereka, yang dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Aplikasi manajemen pengiriman sangat penting karena mempertahankan daya saing bisnis di pasar yang terus berubah. Dengan memanfaatkan teknologi dan solusi terbaru, bisnis dapat tetap menjadi yang terdepan dan memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat yang menginginkan layanan pengiriman yang cepat, dapat diandalkan, dan terbuka.

Kemampuan untuk mengoptimalkan jadwal dan rute pengiriman, yang dapat mengurangi biaya dan waktu pengiriman secara signifikan, adalah salah satu manfaat utama aplikasi manajemen pengiriman untuk bisnis. Pelacakan secara real-time dan konfirmasi pengiriman otomatis dapat membantu bisnis memastikan bahwa pengiriman mereka dilakukan tepat waktu dan dicatat secara akurat.

Manfaat menggunakan Aplikasi Manajemen Pengiriman

Transparansi

Anda dapat melihat lokasi persis pengemudi Anda berkat pelacakan secara real-time yang disediakan oleh aplikasi manajemen pengiriman.

Anda dapat tenang mengetahui bahwa pengiriman dilakukan dengan aman dan efektif bila Anda tahu di mana pengemudi Anda berada.

Pelanggan juga dapat melacak pengemudi sampai kedatangan mereka dengan menggunakan tautan pelacakan langsung yang dapat Anda berikan melalui SMS. Ini membuat klien mendapat informasi tentang seluruh prosedur dan memberi tahu mereka jika muncul masalah.

Meningkatkan Efisiensi

Kemampuan pengoptimalan rute DMS dapat membantu perusahaan Anda berjalan lebih lancar secara keseluruhan.

Solusi yang disebut pengoptimalan rute menciptakan rute paling efektif untuk pengemudi Anda dalam hitungan menit, bukan jam! Jadi, tanpa mengganggu rutinitas harian Anda, pengemudi Anda dapat menyelesaikan pengiriman lebih cepat dan bahkan mengakomodasi lebih banyak pemesanan menit terakhir.

Lebih dari 20 pemesanan dapat dimasukkan ke dalam DMS seperti Locate2u, yang juga mempertimbangkan ketersediaan pengemudi, jumlah dan jarak pemberhentian, kondisi lalu lintas dan cuaca, serta jumlah dan lokasi pemberhentian.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Memberikan ETA yang tepat dan pembaruan real-time pada pengiriman dengan teknologi ini akan membantu Anda memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Tidak ada yang mau menunggu pengiriman mereka dalam kegelapan tanpa mengetahui keberadaan pengemudi.

Dengan menyertakan klien dalam prosesnya, aplikasi manajemen pengiriman meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan. Ini sering mengarah pada penjualan berulang dan ulasan internet yang menguntungkan yang menguntungkan reputasi dan retensi pelanggan Anda.

Mempermudah Kustomisasi dan Akalabilitas

Dengan sepenuhnya menyesuaikan aplikasi manajemen pengiriman, kebutuhan spesifik bisnis Anda dapat dipenuhi. Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman mereka sendiri, seperti lokasi pengiriman tertentu atau kendaraan pengiriman.

Modifikasi merek dan pemberitahuan adalah dua contoh penyesuaian yang membantu menjaga konsistensi merek dalam pengalaman pengiriman.

Fungsi aplikasi pengiriman dapat ditingkatkan atau dimodifikasi untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis. Akibatnya, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan harapan konsumen yang berubah dengan tumbuh untuk memenuhi permintaan yang meningkat atau menyusut selama waktu yang lebih lambat.

Meningkatkan Analisis Data dan Wawasan
Bisnis dapat lebih memahami operasi pengiriman mereka dengan menggunakan analisis data dan wawasan yang disediakan oleh aplikasi manajemen pengiriman. Data tentang jadwal pengiriman, keefektifan rute, kepuasan pelanggan, dan faktor lainnya dapat disertakan.

Bisnis dapat menggunakan data ini untuk menentukan area yang perlu ditingkatkan, merampingkan prosedur pengiriman, dan membuat pilihan berdasarkan data untuk meningkatkan operasi pengiriman.

Analisis data, misalnya, dapat membantu perusahaan menemukan hambatan dalam rute pengiriman mereka dan membuat perubahan untuk meningkatkan waktu pengiriman. Selain itu, ini dapat membantu perusahaan dalam mengenali pola dan preferensi pelanggan, yang kemudian dapat digunakan untuk menyesuaikan layanan pengiriman dengan permintaan pelanggan dengan lebih baik.

Selain itu, analisis data dapat membantu bisnis dalam mengidentifikasi potensi kesalahan atau masalah sejak awal dalam proses pengiriman, memastikan pengiriman selesai tepat waktu dan dengan sedikit kerumitan.

Cara Membuat Aplikasi Manajemen Pengiriman Berfungsi untuk Bisnis Anda


A. Memahami Kebutuhan Bisnis Anda

Menganalisis Proses Pengiriman Saat Ini

Analisis prosedur pengiriman Anda saat ini dan tunjukkan masalah yang Anda alami sebelum memilih program manajemen pengiriman. Anda dapat menggunakan ini untuk menentukan fungsionalitas yang Anda perlukan dan membuat sasaran untuk produk.

Mengidentifikasi Masalah dalam Proses Saat Ini

Perhatikan baik-baik prosedur pengiriman Anda saat ini untuk menemukan tempat-tempat yang dapat menggunakan peningkatan. Ini bisa melibatkan dokumen yang membosankan, perutean yang tidak efektif, atau kurangnya visibilitas secara real-time.

Menetapkan Tujuan untuk Aplikasi Manajemen Pengiriman

Setelah masalah ditemukan, Anda dapat mulai mempertimbangkan bagaimana aplikasi manajemen pengiriman dapat membantu penyelesaiannya. Pelacakan secara real-time, misalnya, dapat membantu Anda dalam pengoptimalan rute dan pengiriman yang lebih cepat.

Mengidentifikasi Fitur yang Dibutuhkan

Identifikasi fitur penting yang dibutuhkan bisnis Anda, seperti bukti pengiriman, perencanaan rute, dan pelacakan secara real-time.

B. Memilih Aplikasi Manajemen Pengiriman yang Tepat

Keberhasilan proses pengiriman Anda bergantung pada pemilihan aplikasi manajemen pengiriman yang sesuai. Mengingat berbagai solusi aplikasi yang tersedia, penting untuk melakukan penelitian dan menganalisis setiap pilihan berdasarkan kebutuhan dan tujuan perusahaan Anda.

Teliti dan Bandingkan Pilihan yang Berbeda

Untuk memilih pilihan aplikasi manajemen pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, lakukan riset dan perbandingan-belanja.

Mengevaluasi Aplikasi Berdasarkan Kebutuhan Bisnis

Bandingkan fitur dan biaya dari setiap aplikasi dan evaluasi berdasarkan kebutuhan dan tujuan perusahaan Anda.

Mempertimbangkan Biaya

Pertimbangkan harga aplikasi serta biaya tambahan apa pun untuk dukungan atau penyesuaian.

Apakah Aplikasi Dapat Disesuaikan?

Sangat penting untuk mempersonalisasi aplikasi manajemen pengiriman Anda setelah Anda memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis unik Anda.

Mengintegrasikan Aplikasi Dengan Sistem Saat Ini

Untuk menyederhanakan proses distribusi Anda, integrasikan program dengan sistem Anda saat ini, seperti CRM atau ERP Anda.

Melatih Tim Anda

Sangat penting untuk melatih staf Anda tentang penggunaan aplikasi yang tepat setelah Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan unik Anda.

Membuat Program Pelatihan

Untuk memastikan staf Anda merasa percaya diri menggunakan aplikasi, kembangkan program pelatihan yang mencakup semua fitur produk dan termasuk praktik langsung.

C. Mengintegrasikan aplikasi ke dalam proses pengiriman Anda

Saatnya untuk memasukkan aplikasi ke dalam proses pengiriman Anda setelah tim Anda telah diajari dan merasa nyaman menggunakannya.

Menggunakan Aplikasi untuk Perencanaan dan Pengiriman Rute
Gunakan alat perencanaan rute dan pengiriman untuk membantu Anda mengoptimalkan rute pengiriman, mengurangi waktu pengiriman, dan meningkatkan produktivitas.

Melacak Pengiriman Secara Real-time

Gunakan alat pelacakan real-time aplikasi untuk memantau pengiriman secara real-time dan membuat perubahan menit terakhir.

Konfirmasi Pengiriman Otomatis

Untuk memastikan pengiriman selesai dan dilaporkan dengan cepat dan akurat, gunakan fitur konfirmasi pengiriman otomatis aplikasi.

D. Menganalisis dan meningkatkan proses pengiriman Anda

Tahap terakhir dalam menerapkan solusi manajemen pengiriman untuk perusahaan Anda adalah memeriksa prosedur pengiriman Anda dan membuat perubahan berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan oleh aplikasi.

Menganalisis Data yang Dikumpulkan oleh Aplikasi

Memanfaatkan data aplikasi untuk menentukan area yang harus ditingkatkan, seperti biaya, waktu pengiriman, dan kebahagiaan pelanggan.

Lakukan Perbaikan pada Proses Pengiriman

Tingkatkan proses pengiriman dengan memodifikasi jadwal pengiriman, menyederhanakan rute, dan meningkatkan layanan pelanggan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh aplikasi.

Kesimpulan

Bisnis dapat menggunakan aplikasi untuk manajemen pengiriman sebagai alat yang ampuh untuk meningkatkan kebahagiaan pelanggan, menghemat biaya, dan merampingkan pengiriman.

Anda dapat membuat aplikasi manajemen pengiriman berfungsi untuk bisnis Anda dengan:

  • Memahami kebutuhan bisnis Anda
  • Memilih aplikasi terbaik
  • Menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Melatih tim Anda
  • Mengintegrasikannya ke dalam proses pengiriman
  • Anda Meninjau dan meningkatkan proses pengiriman Anda

Aplikasi manajemen pengiriman terbaik

Https://Www.mceasy.com/Product/Tms/

McEasy adalah jawaban yang Anda butuhkan jika Anda mencari sistem manajemen pengiriman yang efisien untuk meningkatkan efisiensi pengiriman dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Dengan McEasy, Anda dapat mengelola pengiriman, melacak lokasi armada Anda secara real-time, dan dengan cepat mengoptimalkan rute Anda – cocok untuk pemilik bisnis, manajer pengiriman, pengemudi, dan agen pengiriman!

Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi pengiriman kami dan segera mulai mengotomatiskan seluruh proses pengiriman Anda!

Tulisan Terkait