Bagaimana Cara Mengelola Bisnis Pengiriman?

oleh | 7 Feb 2023 | Manajemen Pengiriman


Perhatian kepada pemilik bisnis pengiriman! Jika Anda berjuang untuk mengendalikan operasional Anda dan bertanya-tanya “bagaimana cara mengelola bisnis pengiriman saya?”

Artikel ini dapat membantu! Kami akan membahas relevansi manajemen pengiriman, serta manfaat mengotomatiskan seluruh proses pengiriman Anda.

Persiapkan bisnis Anda dan baca artikel ini!

Mengapa manajemen pengiriman penting?

Pertumbuhan industri e-commerce yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekspektasi pelanggan, pola permintaan, pemenuhan pesanan, dan waktu penyelesaian pengiriman.

Cara terbaik untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda dan memastikan retensi pelanggan adalah dengan mengotomatiskan seluruh proses pengiriman. Hal ini dapat dicapai dengan memiliki sistem manajemen pengiriman yang efisien sehingga Anda dapat mengoptimalkan pemesanan dan jadwal pengemudi, serta memenuhi standar pelanggan.

Isyarat dalam aplikasi manajemen pengiriman!

Apa itu aplikasi manajemen pengiriman?

Iot

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan rute, mengelola pemesanan, dan berjuang untuk berkomunikasi dengan pengemudi Anda saat mereka sedang dalam perjalanan, maka aplikasi manajemen pengiriman adalah solusi yang tepat.

Aplikasi manajemen pengiriman adalah alat yang digunakan untuk mengotomatiskan semua operasi pengiriman untuk pengalaman yang mulus. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan kinerja pengemudi, memenuhi kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan rute pengiriman.

Mengintegrasikan aplikasi manajemen pengiriman dalam sistem Anda akan menghilangkan stres dalam mencari cara untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan dan efisien.

Bagaimana aplikasi manajemen pengiriman dapat membantu mengelola bisnis pengiriman Anda?

Bukti pengiriman

Bukti pengiriman atau proof of delivery (POD) adalah bukti yang menyatakan bahwa pelanggan telah menerima paketnya.

McEasy menawarkan bukti pengiriman elektronik untuk bisnis sehingga mereka dapat mengambil tanda tangan elektronik dan gambar untuk mengonfirmasi bahwa pengiriman telah berhasil diselesaikan. Informasi ini kemudian disimpan dalam platform all-in-one dan dapat diakses dengan mudah jika ada klarifikasi pengiriman atau untuk menyelesaikan perselisihan pelanggan.

Jika paket salah tempat, hilang atau rusak. POD memberikan semua informasi pengiriman yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan bisnis Anda.

Visibilitas pengiriman

Aplikasi manajemen pengiriman memberi Anda akses ke live tracking sehingga Anda dapat melihat lokasi geografis yang tepat dari pengemudi Anda kapanpun. Ini akan meyakinkan Anda bahwa setiap pengemudi berada di jalurnya dan pengiriman diselesaikan dengan tepat waktu.

Jika Anda pernah memiliki pelanggan yang menelepon untuk menanyakan keberadaan pesanan mereka, visibilitas dari live tracking memungkinkan Anda memberi pelanggan informasi yang mereka butuhkan tanpa perlu menghubungi pengemudi Anda. Siapa yang punya waktu untuk itu?

Anda juga dapat mengirimkan link live tracking kepada pelanggan melalui email atau pesan singkat sehingga mereka dapat mengantisipasi kedatangan kiriman mereka. Transparansi seperti itu membuat pelanggan menjadi bagian dari pengalaman pengiriman dan membangun kepercayaan yang berubah menjadi potensi pembelian kembali.

Pengalaman pelanggan yang lebih baik

Jika Anda menjalankan bisnis kecil maka retensi pelanggan sangat penting untuk menjaga profitabilitas dalam bisnis Anda. Memberi pelanggan Anda layanan terbaik dan membuat mereka merasa seperti prioritas akan meningkatkan kemungkinan mereka menjadi pelanggan tetap.

Memenuhi janji Anda akan pengiriman cepat dan ETA yang akurat hanyalah beberapa bahan utama untuk membuat pelanggan Anda senang. Tidak ada yang mau menerima time windows yang besar tanpa jaminan pesanan mereka akan tiba tepat waktu.

Perilaku konsumen telah berubah dan tidak menepati janji Anda dapat mengakibatkan ulasan negatif yang dipublikasikan secara online yang dapat merusak reputasi bisnis Anda. Aplikasi manajemen pengiriman memungkinkan Anda memberi pelanggan transparansi dan kontrol atas pengalaman pengiriman yang mereka inginkan!

Route planning dan route optimization

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2

Ucapkan selamat tinggal pada perencanaan rute pengiriman secara manual dan sapa semua jam yang dapat Anda hemat setiap minggu.

Route optimization membangun rute yang paling efisien untuk pengemudi Anda dengan mempertimbangkan ketersediaan pengemudi, jenis kendaraan dan produk yang dikirimkan, lokasi dan jumlah perhentian, dll.

Hanya dalam beberapa detik Anda dapat merencanakan rute pengiriman sehingga Anda tidak perlu membuang waktu mengisi spreadsheet secara manual. Pena dan kertas adalah masa lalu!

Hal ini akan memberi Anda kontrol yang lebih baik atas operasional pengiriman Anda dan memungkinkan Anda untuk fokus pada area lain yang perlu ditingkatkan. Kurangi waktu bekerja dalam hal operasional sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda!

Aplikasi manajemen pengiriman yang andal seperti McEasy memungkinkan Anda menambahkan pemesanan di menit-menit terakhir tanpa mengganggu jadwal Anda untuk hari itu. Semakin banyak pesanan yang dilakukan oleh pengemudi pengiriman Anda, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan untuk bisnis Anda.

Mengurangi biaya

Gunakan aplikasi manajemen pengiriman untuk menghemat biaya layanan pengiriman Anda.

Mengakses analitik dan data kinerja bisnis dan pengemudi Anda dapat memberikan informasi dari mana sebagian besar pengeluaran operasional berasal. Mengarahkan pengemudi Anda pada rute yang paling efisien dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat biaya operasional.

Aplikasi manajemen pengiriman juga memungkinkan Anda melihat pengemudi mana yang melakukan rem mendadak, terlalu lama diam, berbelok tajam dan ngebut. Dengan begitu Anda dapat mengidentifikasi pengemudi mana yang membutuhkan lebih banyak pelatihan agar kendaraan perusahaan dikemudikan dengan aman. Ini dapat berkontribusi pada umur panjang kendaraan dan melacak kapan pemeliharaan diperlukan.

Kelola bisnis pengiriman Anda dengan McEasy

Tms Mobile

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana mengelola bisnis pengiriman, maka McEasy dapat membantu. Anda dapat meningkatkan proses pengiriman dan meningkatkan kinerja bisnis dengan mengintegrasikan McEasy dalam sistem Anda.

Tawarkan lebih banyak pilihan pengiriman kepada pelanggan, seperti pengiriman di hari yang sama dengan menggunakan McEasy!

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan proses manajemen pengiriman Anda dengan menghubungi tim kami sekarang juga!

Tulisan Terkait