Beda TMS (Transportation Management System) dan FMS (Fleet Management System)

oleh | 16 Des 2022 | Manajemen Pengiriman

Keduanya memiliki definisi dan peran masing-masing sebagai sistem digital untuk mengelola armada pengiriman agar lebih efektif. Lantas bagaimana perbedaan dari FMS dan TMS itu?

Dalam dunia logistik tentu tidak asing lagi dengan istilah Fleet Management System (FMS) dan Transportation Management System (TMS). Keduanya memiliki definisi dan peran masing-masing sebagai sistem digital untuk mengelola armada pengiriman agar lebih efektif. Namun, FMS dan TMS secara harfiah tentu memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Lantas bagaimana perbedaan dari FMS dan TMS itu?

Fleet Management System dan Fungsinya

35682C 5Cb920236A7A46Fdb845E4D8Da880826 Mv2

Fleet Management System atau disingkat menjadi FMS merupakan sistem digital yang terintegrasi untuk membantu Anda mengelola armada agar lebih tepat guna. Biasanya armada ini dimanfaatkan untuk memantau armada yang beroperasi, melakukan perhitungan bahan bakar, hingga memantau service atau pemeliharaan armada.

Pemanfaatan FMS ini lebih banyak digunakan untuk kendaraan bermotor, tetapi sebenarnya FMS ini juga bisa digunakan di daerah terpencil. Jika industri Anda lebih banyak menghabiskan kegiatan operasional jarak jauh, maka dibutuhkan akses telekomunikasi yang sesuai untuk memantau pekerjaan Anda. Di sinilah keberadaan FMS bekerja.

Lalu bagaimana cara kerja FMS ini? FMS beroperasi dengan sistem telematik GPS yang diletakkan pada armada dan terhubung dengan cloud based system monitoring. Dengan begitu, Anda bisa memantau perjalanan armada secara real time dan bisa dilihat pada fleet control & monitoring website pada aplikasi yang telah terhubung dengan FMS tersebut.

Itulah penjelasan mengenai pengertian FMS dan cara kerjanya dalam pengelolaan armada. Selanjutnya bagaimana pengertian dari TMS dan bagaimana fungsinya?

Transportation Management System dan Fungsinya

35682C 4B6D064D274A4961893Df62A5220D22F Mv2

Transportation Management System atau TMS merupakan sistem digital untuk mengelola fungsi di siklus logistik dan armada pengiriman secara efektif. TMS yang efektif tentu meningkatkan visibilitas armada sehari-hari untuk proses pengangkutan muatan.

Salah satunya melalui pemanfaatan TMS McEasy yang terintegrasi dengan existing sistem perusahaan melalui Application Programming Interface (API) yang dapat diintegrasikan dengan sistem lain, yaitu Enterprise Resource Planning (ERP) dan Warehouse Management System (WMS) yang membantu Anda dalam mengelola kegiatan operasional logistik dan manajemen armada Anda dengan mudah.

Selain berfungsi untuk mempermudah dalam mengelola armada, TMS McEasy juga memiliki fungsi lain yang bisa membantu Anda untuk:

  • Membuat Order Pengiriman Otomatis Solusi digital TMS McEasy secara otomatis membantu Anda untuk membuat order pengiriman yang dilakukan secara online dalam satu dashboard, sehingga admin perusahaan tidak perlu lagi mencatat order pengiriman secara manual sekaligus mengurangi pemakaian kertas.
  • Membuat Data Pelanggan Lebih Mudah Dengan TMS McEasy mempermudah manajemen logistik Anda dalam mengelola dan menganalisa data pelanggan, sehingga meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh human error dan meningkatkan akurasi data perusahaan.
  • Merencanakan Rute Pengiriman Efisien dan Otomatis Sebelum muatan dikirim ke pelanggan, TMS McEasy membantu Anda dalam membuat rute perjalanan untuk proses pengiriman paling efisien melalui route optimization. Dengan begitu, penggunaan TMS McEasy meningkatkan efisiensi kerja karena mengurangi waktu perencanaan rute.
  • Menghemat Biaya Operasional Pengiriman Adanya fitur route optimization dari TMS McEasy memangkas biaya bahan bakar armada Anda karena bisa melakukan beberapa pengiriman sekaligus dan waktu tertentu.
  • Memonitor Proses Pengiriman dengan Mudah TMS McEasy bisa membantu Anda untuk mengawasi proses pengiriman dari mulai start point, check point, hingga end point yang dapat dilakukan secara real time tanpa perlu berkoordinasi dengan pengemudi Anda.
  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Adanya fitur route optimization dari TMS McEasy yang bisa meningkatkan efisiensi dan kemudahan memantau proses pengiriman membuat barang datang tepat waktu, sehingga kepuasan pelanggan Anda juga meningkat.

Percepat proses logistik dan tingkatkan visibilitas armada Anda dengan TMS McEasy!

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut fitur-fitur dan benefit TMS McEasy? Hubungi tim kami sekarang juga.

Tulisan Terkait