Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Cara Mengoptimalkan

oleh | 23 Des 2023 | Manajemen Pengiriman

Cold Chain Logistics atau logistik rantai dingin, merupakan sistem pengelolaan dan pengiriman produk yang membutuhkan suhu terkendali dari awal hingga tujuan akhir. Ini adalah tahapan kritis untuk menjaga kualitas produk, seperti makanan maupun minuman beku, obat-obatan, es krim, dan produk-produk lain yang sensitif terhadap suhu. Dalam artikel ini, mari kita telusuri lebih lanjut mengenai pengertian, proses, dan cara mengoptimalkan cold chain logistics.  

Pengertian Cold Chain Logistics  

Cold chain logistics adalah serangkaian kegiatan pengelolaan dan distribusi dengan suhu terkendali untuk menjaga kualitas produk. Cold chain logistics menjadi industri pengiriman muatan yang krusial, karena mengirimkan produk yang rentan terhadap perubahan suhu.  

Produk cold chain seperti vaksin, obat-obatan, dan makanan yang mudah rusak memerlukan perhatian khusus terhadap suhu. Cold chain logistics harus memastikan bahwa produk tersebut tetap stabil selama perjalanan dari produsen hingga konsumen. 

Proses Cold Chain Logistics  

Preventive Maintenance
  • Penerimaan Produk  

Langkah pertama dalam cold chain logistics adalah penerimaan produk. Proses ini melibatkan pengecekan suhu awal produk dan pembuatan catatan kondisi saat produk tiba.  

  • Penyimpanan Dingin  

Produk kemudian disimpan dalam ruang dingin atau freezer yang sesuai dengan kebutuhan suhu mereka. Keakuratan suhu penyimpanan sangat penting untuk menjaga kualitas produk.  

  • Pemilihan Armada yang Tepat  

Pemilihan armada yang tepat adalah langkah krusial. Kontainer atau kendaraan pendingin harus dilengkapi dengan fasilitas pengatur suhu untuk mencegah fluktuasi suhu. 

  • Monitoring Suhu secara Real-time  

Teknologi monitoring mutakhir digunakan untuk melacak suhu secara real-time. Ini memungkinkan deteksi dini akan fluktuasi suhu yang dapat merusak produk.  

Kendala dalam Cold Chain Logistics  

35682C Bdffd4Dbfa684381Be4E50D5C25E3A9F Mv2 2
  • Perubahan Suhu yang Tidak Terduga  

Perubahan suhu yang tidak terduga dapat terjadi selama proses pengiriman dan ini dapat mengancam kualitas produk. Ini dapat diakibatkan oleh gangguan listrik, kerusakan peralatan, atau faktor eksternal lainnya.  

  • Kerusakan Akibat Kesalahan Manusia  

Kesalahan manusia atau human error, seperti kesalahan dalam pengaturan suhu atau penanganan produk yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan serius pada produk.  

  • Kesulitan Melacak Pengiriman 

Keterbatasan dalam monitoring pergerakan armada membuat tim operasional dan pelanggan kesulitan untuk mengetahui posisi dan status pengiriman terkini.  

Cara Mengoptimalkan Cold Chain Logistics

Cold Chain 1

  

Untuk mengatasi kendala yang terjadi, McEasy hadir dengan solusi iTemp, GPS tracker, dan iDoor untuk membantu cold chain logistics. Bagaimana peran dari ketiga solusi ini? Berikut penjelasannya!  

  • Penggunaan Teknologi Monitoring Suhu 

Dalam upaya memberikan kendali penuh pengiriman, teknologi sensor suhu iTemp dari McEasy, memberikan pemantauan suhu produk secara real-time. Ini membantu menghindari fluktuasi suhu dan memastikan produk tetap dalam kondisi ideal selama perjalanan.  

  • GPS Tracker untuk Monitoring Pergerakan Armada 

Penggunaan GPS tracker dari McEasy memungkinkan pengawasan langsung terhadap pergerakan kendaraan secara real-time. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas, tetapi juga memungkinkan respons cepat terhadap perubahan kondisi atau kejadian yang mempengaruhi pengiriman. 

  • Penggunaan Teknologi Monitoring Aktivitas Buka-Tutup Pintu Kabin  

Untuk meningkatkan kualitas produk, penggunaan teknologi iDoor untuk monitoring aktivitas buka-tutup pintu kabin perlu dilakukan. Ini penting untuk mencegah pencurian produk maupun tindak kriminal yang merugikan, sehingga memberikan kontrol tambahan kepada tim operasional. 

Dengan integrasi teknologi ini, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas dan memiliki kendali terhadap setiap tahap pengiriman. Tertarik untuk mengalami sendiri bagaimana solusi McEasy dapat membantu operasional cold chain logistics Anda? Ajukan demo gratis di www.mceasy.com/menu/demo  

Tulisan Terkait