Memahami Bisnis Logistik 4PL

oleh | 19 Des 2022 | Manajemen Pengiriman

Simak pengertian, karakteristik, fungsi, serta jenis layanan 4PL yang membantu dalam hal pengadaan atau pemasok bahan baku berikut ini!

Salah satu dampak yang bisa dirasakan dari zaman yang semakin berkembang adalah kemunculan teknologi yang semakin maju. Kemajuan teknologi ini sangat berdampak di seluruh sektor kehidupan, salah satunya pada bisnis logistik. Teknologi yang semakin maju memudahkan layanan logistik dalam melakukan proses supply chain management perusahaan melalui data Transportation Management System (TMS) dalam membuat rantai pasokan perusahaan agar lebih efisien.

Misalnya, perusahaan produksi makanan, minuman, ataupun perusahaan yang memproduksi barang lain dapat memenuhi semua bahan bakunya dengan baik. Namun, yang berperan dalam memasok semua bahan baku itu bukanlah perusahaan tersebut, melainkan perusahaan bekerjasama dengan layanan logistik 4PL yang membantu dalam hal pengadaan atau pemasok bahan baku. Lalu, apa itu 4PL?

Pengertian dan Karakteristik 4PL

35682C 246B7Af3611641Fba49A4A36241568Af Mv2

4PL atau Fourth Party Logistic merupakan perusahaan penyedia logistik pihak keempat yang berperan dalam pengadaan maupun pemasok bahan baku serta berkaitan dengan proses supply chain untuk mengurangi biaya dan menciptakan efisiensi.

Perusahaan 4PL menawarkan fungsi logistik menggunakan teknologi terintegrasi dan memberikan visibilitas yang lebih luas dalam proses supply chain. Perusahaan 4PL berbasis non-aset dan cenderung objektif dalam memilih provider. Selain itu, perusahaan 4PL juga selalu menerapkan disiplin operasional di banyak mitra dan supplier-nya.

Fungsi 4PL dan Cara Kerjanya

Berikut fungsi dari adanya perusahaan 4PL, di antaranya sebagai berikut.

Sebagai Mitra Logistik Utama

Pada umunya perusahaan 4PL mendorong perusahaan 3PL agar lebih maju dalam mengelola sumber daya, teknologi, infrastruktur, dan pengelolaan eksternal untuk merancang, membangun, dan menyediakan solusi bisnis supply chain management yang jauh lebih menguntungkan.

Sebagai Proses Supply Chain Management

Perusahaan 4PL mengambil alih supply chain management perusahaan mulai dari pengadaan, pengangkutan, dan pengiriman barang, serta agen yang dilibatkan. Dalam hal ini proses supply chain management menggunakan teknologi terintegrasi dalam menganalisis penggunaan item berdasarkan basis data dan pelanggan untuk menentukan jenis item, jumlah, dan lokasi strategis untuk memenuhi permintaan klien.

Lebih Memusatkan Sistem Distribusi dan Manajemen Logistik

Perusahaan 4PL bisa membantu Anda dalam mengelola sistem distribusi dan manajemen logistik. Sebagai contoh, ada salah satu perusahaan produksi berbasis e-commerce beralih ke model yang lebih gesit untuk mendukung layanan toko online mereka. Di sinilah perusahaan 4PL berperan untuk mengelola pelanggan dan jumlah barang yang diperlukan sesuai permintaan. Perusahaan 4PL tidak menyediakan layanan muatan kargo, namun layanan dioptimalkan menggunakan kurir dan agen untuk menyokong pengiriman barang e-commerce.

Jenis Layanan 4PL

35682C Bebd1D383F224645Af824C3078260Ced Mv2

Perusahaan 4PL lebih menitikberatkan pada layanan dalam mengelola seluruh proses logistik. Layanan 4PL ini bisa Anda simak sebagai berikut.

Manajemen Logistik

Perusahaan 4PL berfungsi untuk mengelola kegiatan logistik, mulai dari perencanaan, penyimpanan, dan aliran barang agar pergerakan dari barang dan personil yang dimiliki menjadi lebih efektif dan efisien.

Strategi Logistik

Strategi logistik ini merupakan bagian dari proses supply chain management yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian efektivitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi hingga ke titik konsumen.

Strategi Pengadaan Barang

Dalam menjalankan tugasnya, salah satu pelayanan 4PL adalah melakukan strategi pengadaan barang yang bertujuan untuk mendapatkan barang ataupun jasa yang tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat waktu, tepat sumber, dan tepat harga.

Mengkoordinasikan Pemasok berdasarkan Area Geografis

Perusahaan 4PL mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua elemen supply chain termasuk menyediakan rantai pasokan berdasarkan letak geografis supplier.

Manfaat Adanya 4PL

35682C 29037C4B386C427Fa40Fa04792Edda29 Mv2 2

Berikut manfaat yang dapat dirasakan dari adanya perusahaan 4PL:

Teknologi Terintegrasi Memberikan Visibilitas

Sangat penting untuk menciptakan visibilitas ke dalam rantai pasokan perusahaan. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi terintegrasi dari 4PL akan menganalisa data TMS dalam membuat rantai pasokan perusahaan bergerak lebih efisien dengan pemahaman operasional.

Penghematan Biaya

Dalam mengatur logistik dengan efisiensi akan memberikan perusahaan kontrol atas barang yang masuk, menjaga inventaris secara optimal, dan mengatur aliran balik barang, sehingga dapat mengurangi biaya secara signifikan.

Menangani Rantai Pasokan Secara End to End

Perusahaan 4PL akan berkoordinasi dengan perusahaan 3PL yang akan memberi dukungan rantai pasokan secara end-to-end. Sebagai contoh, perusahaan A adalah perusahaan yang memproduksi minuman. Jika perusahaan A hanya menguasai proses produksi, namun perusahaan 4PL berperan untuk membantu semua urusan supply chain management mulai dari mengelola ketersediaan bahan baku, mengatur jumlah stok barang dan bahan baku, dimana gudang sebaiknya berada, dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan di atas, jelas bahwa perusahaan 4PL lebih cenderung berperan untuk memasok bahan baku. Ini berarti perusahaan 4PL menjadi puncak kendali dari rantai pasokan sepenuhnya. Perusahaan 4PL ini berbasis non-aset, tetapi mereka memiliki penawaran teknologi yang terintegrasi agar aktivitas logistik berjalan lebih optimal dan efisien.

Tulisan Terkait

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Sebagai brand owner, manajemen vendor logistik atau transportasi jika dilakukan secara manual bisa memakan banyak waktu dan rentan terjadi human error. Namun, jangan khawatir. Sejak McEasy merilis solusi terbarunya, yaitu Vendor Management System, Anda bisa...

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sebagai brand owner yang mengandalkan vendor logistik, seperti industri manufaktur dan distributor, tantangan yang kompleks seringkali menjadi penghambat pada operasional di dua sektor ini. Tantangan ini seperti memilih vendor yang berpengalaman, pengelolaan kontrak,...