6 Cara Mengembangkan Bisnis Kurir

oleh | 29 Mar 2023 | Manajemen Pengiriman


Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang strategi untuk mengembangkan bisnis jasa kurir Anda?

Saat ini, layanan kurir telah menjadi sangat penting bagi bisnis dalam sektor medis, keuangan, atau pemerintah, untuk mengirimkan barang mereka dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa perusahaan kurir terkenal adalah JNE, SiCepat, Wahana, RPX dll.

Tujuan utama perusahaan jasa kurir adalah menyediakan pengiriman parsel, paket, dan dokumen yang lebih cepat daripada metode pengiriman paket lainnya.

6 strategi untuk mengembangkan bisnis kurir Anda

Delivery Man Checking The Delivery List While Sitt 2022 08 18 23 19 31 Utc

Kecepatan dan Efisiensi

Salah satu fungsi terbesar perusahaan kurir adalah mengirimkan pengiriman yang cepat dan tepat waktu. Anda akan selalu perlu merencanakan terlebih dahulu untuk mengurangi waktu pengiriman Anda. Semakin tepat Anda merencanakan, semakin cepat pengiriman Anda.

Menurut statistik, 80% pelanggan ingin barang mereka tiba di hari yang sama, sementara 61% ingin paket mereka tiba dalam 1-3 jam setelah melakukan pemesanan.

Mengintegrasikan perangkat lunak pengoptimalan rute untuk membuat rute mingguan dan harian untuk pengemudi Anda, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti rute pengiriman terpendek, waktu pengiriman, dll. Akan membantu pengiriman paket tepat waktu. Dengan mengotomatiskan pengiriman dan tugas pengemudi, Anda dapat memprioritaskan pesanan secara efisien dan memastikan pengiriman tepat waktu ke pelanggan.

Memberikan Asuransi

Pelanggan ingin merasa terlindungi saat menggunakan layanan Anda. Jika paket hilang, rusak, atau salah tempat, pelanggan menginginkan jaminan bahwa mereka akan tetap menerima barang mereka di penghujung hari.

Perlindungan asuransi berarti Anda menepati janji Anda kepada pelanggan jika terjadi kesalahan pengiriman. Ini tidak hanya melindungi pelanggan Anda tetapi juga bisnis Anda. Mempertahankan kepercayaan dalam basis klien Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas bisnis Anda dan meningkatkan profitabilitas.

Berikan Bukti Pengiriman

Asian Courier With Parcel And Delivery Logistic Co 2023 02 16 03 30 35 Utc

Bukti pengiriman (POD) dianggap sebagai bagian penting dari proses pengiriman karena memastikan paket telah berhasil dikirim ke pelanggan.

Ada dua jenis POD:

  1. Bukti kertas
  2. Bukti elektronik

Lebih banyak layanan kurir saat ini menggunakan POD elektronik di mana tanda tangan pelanggan, gambar, dan detail pengiriman lainnya disimpan di perangkat digital.

Sistem bukti pengiriman McEasy memungkinkan Anda menangkap tanda tangan digital pelanggan dan/atau gambar produk setelah dikirimkan. Ini melindungi merek Anda dari kemungkinan perselisihan pelanggan dan membuat tim Anda tetap bertanggung jawab.

Pelacakan Secara Real-time

Salah satu keuntungan utama pelacakan secara real-time adalah mengurangi kemungkinan barang hilang atau salah tempat. Itu juga membuat proses pengembalian jauh lebih mudah.

Dengan pelacakan secara real-time, perusahaan kurir Anda dapat melihat dengan tepat di mana pengemudi Anda sepanjang hari dan apakah pengiriman berhasil dilakukan.

Anda juga dapat memberi pelanggan tautan pelacakan langsung sehingga mereka dapat melihat lokasi yang tepat dari paket mereka. Mereka juga dapat menerima pembaruan pelacakan rutin dan ETA yang akurat sehingga mereka dapat mengantisipasi kedatangan barang mereka.

Pelacakan secara real-time membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang dapat menghasilkan penggunaan layanan Anda di masa mendatang dan ulasan online yang positif. Semuanya berkontribusi pada reputasi kuat bisnis Anda.

Strategi Pemasaran yang Kreatif

Setelah Anda secara resmi meluncurkan bisnis kurir dan menetapkan teknologi yang akan digunakan, inilah saatnya untuk memperkuat departemen pemasaran dan periklanan Anda.

Untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan mempromosikan bisnis Anda secara online, Anda perlu fokus pada visibilitas online melalui media sosial, kehadiran Google, dan kampanye pemasaran.

Menciptakan strategi pemasaran yang inovatif untuk memperluas bisnis Anda membantu Anda menjangkau pasar baru dan meningkatkan margin keuntungan. Perencanaan kampanye pemasaran Anda yang terampil dapat membawa bisnis kecil Anda ke tingkat selanjutnya.

Dukungan dan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan adalah tulang punggung industri jasa di mana pengalaman dan ulasan pada akhirnya dapat menentukan reputasi perusahaan. Layanan pelanggan berkualitas tinggi membangun loyalitas pelanggan dan membantu bisnis menonjol dari keramaian.

Untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan klien, penting untuk berfokus pada apa yang dapat diperbaiki dan dari mana asal keluhan. Menyingkirkan masalah apa pun hanya akan merusak retensi pelanggan Anda dan menghentikan pertumbuhan bisnis Anda.

Memberikan solusi dan pembaruan cepat kepada pelanggan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan mencegah kesalahan terjadi lagi.

Kesimpulan

Home Route Optimization

Mengikuti strategi ini akan membantu Anda mempercepat operasional bisnis dan meningkatkan margin keuntungan, memungkinkan bisnis kurir Anda mencapai level baru!

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh maka aplikasi route optimization seperti McEasy adalah solusi yang tepat! McEasy memungkinkan pengiriman multi-pickup dan drop, mengoptimalkan rute pengiriman, dan juga menyediakan pelacakan secara real-time.

Hubungi tim kami hari ini dan lihat bagaimana McEasy dapat membantu memperluas bisnis layanan kurir Anda.

Tulisan Terkait