5 Cara Pengiriman Lokal dapat Memberi Manfaat Lebih pada Bisnis

oleh | 30 Mar 2023 | Manajemen Pengiriman


Menjadi pemilik usaha kecil berarti Anda selalu mencari cara untuk berinovasi pada bisnis Anda, serta tetap berada di depan para pesaing. Salah satu metode yang digunakan bisnis kecil adalah pengiriman lokal. Artikel ini akan membahas 5 cara pengiriman lokal dapat menguntungkan bisnis Anda dan bagaimana menerapkan dengan McEasy.

Tapi pertama-tama, mari kita bahas apa itu pengiriman lokal.

Apa itu pengiriman lokal?

Pengiriman Lokal

Pengiriman lokal mengacu pada proses pengiriman barang ke pelanggan di dalam wilayah geografis tertentu, terkadang di kota atau wilayah yang sama. Ini kontras dengan pengiriman jarak jauh, yang memerlukan pengiriman barang ke pelanggan yang berlokasi di luar area terdekat.

Bisnis yang beroperasi dalam area geografis kecil atau ingin berkonsentrasi untuk memasok pelanggan di wilayah tertentu sering kali menggunakan pengiriman lokal.

Opsi pengiriman termasuk menggunakan armada kendaraan milik perusahaan, kurir lain, atau usaha patungan dengan pengecer lokal.

Pengiriman lokal bisa sangat menguntungkan bagi bisnis karena memberikan pengiriman cepat, pelanggan senang, mengurangi biaya dan membangun loyalitas pelanggan.

5 Manfaat Pengiriman Lokal

Pengiriman Lokal

Meningkatkan Kenyamanan Pelanggan

Metode pengiriman tradisional gagal dalam hal kenyamanan dan kecepatan jika dibandingkan dengan pengiriman lokal. Pelanggan menghargai kenyamanan pengiriman barang langsung ke pintu rumah mereka.

Dengan memberi pelanggan pengalaman pengiriman yang mulus dan tepat waktu dengan pengiriman lokal, mereka akan lebih cenderung untuk membeli dari Anda lagi, menambah keuntungan bisnis Anda. Yang membawa kita ke poin berikutnya.

Meningkatkan Penjualan

Menawarkan pengiriman lokal memberi bisnis kemampuan untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas dengan mempermudah pelanggan untuk menerima barang. Ini juga memungkinkan bisnis untuk menargetkan pelanggan yang berada dalam jarak yang lebih dekat, yang mengarah ke peningkatan penjualan.

Layanan kurir lokal juga dapat menyebarkan berita tentang merek bisnis dan menarik pelanggan baru yang mungkin tidak mengetahui keberadaannya sebelumnya.

Menghemat Biaya

Menghemat uang adalah salah satu keunggulan utama pengiriman lokal. Pengiriman lokal seringkali menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan sumber daya daripada pengiriman jarak jauh, sehingga menghemat uang bisnis.

Bisnis yang lebih kecil seringkali memiliki anggaran yang lebih kecil dengan sumber daya yang lebih sedikit, sehingga penting untuk menemukan cara untuk mengurangi biaya jika diperlukan. Pengiriman lokal dapat membantu bisnis ini menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa harus melakukan perjalanan jauh dan luas.

Ini berarti pengemudi menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan lebih banyak pengiriman yang diselesaikan. Dengan melakukan itu, tingkatkan profitabilitas mereka!

Manfaat Lingkungan

Menawarkan pengiriman lokal juga memiliki manfaat lingkungan. Mengirim barang secara lokal memungkinkan Anda mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlanjutan.

Bisnis juga telah mengadopsi strategi pengiriman ramah lingkungan seperti pengiriman sepeda dan kendaraan listrik, yang semuanya mengurangi jejak karbon mereka.

Meningkatkan Fleksibilitas dalam Pilihan Pengiriman

Saat ini pelanggan menginginkan lebih banyak opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika Anda tidak dapat menawarkan opsi pengiriman yang fleksibel, kemungkinan besar pelanggan akan beralih ke pesaing Anda yang menawarkan layanan pengiriman lokal, yang dapat merusak reputasi dan profitabilitas Anda.

Layanan pengiriman lokal memungkinkan bisnis lokal mengirimkan barang ke pelanggan dalam jangka waktu yang ditentukan, baik itu pengiriman pada hari yang sama atau bahkan 3 jam! Dengan demikian, meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.

Bagaimana Menerapkan Pengiriman Lokal dengan McEasy

Tms Mobile

McEasy adalah solusi sempurna untuk layanan pengiriman hari yang sama. Buat rute Anda dioptimalkan hanya dalam hitungan detik, akses pelacakan waktu nyata dan bukti pengiriman, sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan lokal.

Anda dapat menghubungi tim McEasy untuk mempelajari cara menerapkan pengiriman lokal agar Anda dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan pengiriman lokal dan mengirimkan barang ke pelanggan dengan lebih cepat.

Jangan menunggu lebih lama lagi untuk merevolusi pengalaman pengiriman Anda dan menjangkau komunitas lokal Anda!

Tulisan Terkait