Pentingnya Visibilitas Rantai Pasokan dalam Sistem Logistik

oleh | 26 Des 2023 | Manajemen Pengiriman

Visibilitas atau transparansi dalam rantai pasokan telah menjadi elemen kritis dalam mengelola operasional logistik dan pengiriman barang. Dalam dunia yang terus berkembang pesat, dimana waktu dan efisiensi memiliki peran sentral, pemahaman yang mendalam tentang visibilitas rantai pasokan adalah suatu keharusan. Mari kita telusuri mengapa visibilitas ini begitu penting dalam sektor logistik dan pengiriman barang. 

Apa Itu Visibilitas?   

Visibilitas

Pada tingkat dasar, visibilitas ini merujuk pada kemampuan melihat dan memahami setiap langkah dalam rantai pasokan. Visibilitas rantai pasokan melibatkan pemahaman menyeluruh tentang setiap elemen dalam proses, mulai dari produksi hingga pengiriman akhir kepada pelanggan. Ini mencakup pemantauan real-time, pemahaman mendalam tentang inventaris, dan kemampuan untuk merespons perubahan dengan cepat.  

Hambatan Operasional yang Kerap Terjadi 

Hambatan Operasional

Ini lah alasan mengapa visibilitas dalam rantai pasokan menjadi penting. Berbagai tantangan yang kerap terjadi seringkali menghambat operasional, seperti: 

  • Sulit Memantau Secara Real-Time  

Pentingnya pemantauan real-time dalam logistik tidak dapat diabaikan. Tanpa visibilitas langsung terhadap posisi dan status pengiriman, perusahaan dapat mengalami kesulitan dalam merespon perubahan mendadak, seperti perubahan rute maupun keluar dari wilayah operasional pengiriman.  

  • Kesenjangan Komunikasi  

Komunikasi yang kurang efisien antara pihak produsen, distributor, dan pengemudi, dapat mengakibatkan ketidakjelasan dalam informasi pengiriman. Hal ini dapat menyebabkan keputusan yang salah dan keterlambatan pengiriman.  

  • Biaya Perjalanan Tidak Transparan 

Seringkali biaya pengiriman yang dikeluarkan oleh pengemudi tidak sesuai dengan nominal uang jalan yang telah diberikan perusahaan. Situasi ini umumnya sering terjadi, dimana biaya pengiriman seperti uang tol dan bahan bakar terus meningkat tanpa kenaikan yang signifikan pada jumlah muatan yang diangkut. Jika ini dilakukan secara terus menerus, tentu berpotensi menimbulkan kerugian finansial. 

McEasy Berikan Sistem Logistik dengan Visibilitas Penuh 

Sistem Logistik Dengan Visibilitas Penuh

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, McEasy hadir memberikan sistem logistik yang komprehensif. Lebih lanjut, McEasy merupakan solusi manajemen armada dan transportasi berbasis platform dan perangkat teknologi Internet of Things (IoT) GPS dan telematika. Dengan fitur-fitur andalannya ini, McEasy membantu mengatasi kendala operasional pengiriman.  

Inilah fitur-fitur andalan McEasy: 

  • Pelacakan Real-Time  

McEasy Platform terintegrasi dengan GPS untuk membantu pelacakan secara real-time. Melalui fitur Live Tracking yang ada pada McEasy Platform, pergerakan armada akan terpantau secara real-time. Ini membantu dalam identifikasi hambatan dan mengurangi risiko keterlambatan pengiriman. 

  • Terintegrasi dengan Aplikasi Smart Driver  

Selain pelacakan real-time, McEasy juga menyediakan fasilitas tambahan melalui aplikasi Smart Driver. Aplikasi ini dirancang untuk membuat komunikasi dengan pengemudi jadi lebih efisien dan menyederhanakan alur kerja mereka. Dengan aplikasi Smart Driver, para pengemudi dapat menerima surat jalan digital, memperbarui status pengiriman, dan membuat bukti pengambilan dan pengiriman secara digital.  

  • Transparansi Penuh dengan Cost Management  

McEasy memberikan transparansi penuh terhadap biaya pengiriman melalui fitur Cost Management. Dengan ini, perusahaan dapat dengan mudah memonitor biaya pengiriman, termasuk uang tol dan bahan bakar. Pengemudi dapat langsung memasukkan nota-nota pengeluaran selama pengiriman melalui aplikasi Smart Driver dan tercatat secara otomatis di dalam fitur Cost Management. Cara ini efektif untuk meminimalkan potensi ketidaksesuaian antara uang jalan pengemudi dengan pengeluaran selama perjalanan. 

Dengan demikian, visibilitas dalam rantai pasokan menjadi sangat penting dan suatu keharusan. Melalui solusi McEasy, perusahaan bukan hanya mengatasi tantangan operasional, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional.  

Tertarik untuk melihat langsung bagaimana solusi McEasy dapat membantu Anda? Tentukan jadwal untuk mengikuti demo gratis. Kunjungi https://mceasy359.e.wpstage.net/menu/demo  

Tulisan Terkait