Optimalkan Performa Pengemudi Agar Irit BBM

oleh | 3 Jul 2023 | Manajemen Pengiriman


Dalam industri pengiriman, performa pengemudi memainkan peran yang sangat penting. Kinerja mereka tidak hanya mempengaruhi kecepatan dan keandalan pengiriman, tetapi juga dapat berdampak langsung pada biaya operasional. Untuk mengoptimalkan biaya pengiriman dan meningkatkan efisiensi, diperlukan solusi manajemen pengiriman yang efektif, seperti salah satunya yaitu platform McEasy. Platform McEasy ini telah mengembangkan fitur inovatif yang berfokus pada perilaku pengemudi dan penggunaan bahan bakar yang cerdas untuk membantu perusahaan logistik dan pengiriman seperti bisnis Anda agar bisa menghemat biaya bahan bakar dengan tetap menghasilkan kualitas pengiriman yang baik. Seperti apa solusi fitur ini, simak artikel berikut ini!

Menilai Performa Pengemudi dengan Fitur Driver Behaviour

Driver Behaviour Analysis

Perilaku pengemudi memiliki pengaruh langsung terhadap efisiensi operasional dan biaya pengiriman. Seorang pengemudi yang efisien dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar, menghindari kerusakan barang, dan meningkatkan waktu pengiriman. Oleh karena itu, McEasy mengembangkan solusi Driver Behaviour yang menggabungkan teknologi telematika dan analisis data. Solusi Driver Behaviour dari McEasy membantu Anda untuk menganalisis dan menilai kinerja pengemudi selama proses pengiriman berlangsung. 

Cara kerja fitur Driver Behaviour ini hanya mengumpulkan data tentang berbagai aspek perilaku pengemudi, seperti kecepatan, pengereman, dan pola mengemudi lainnya. Data ini kemudian dianalisis untuk mendapatkan informasi penting terkait perilaku pengemudi selama berkendara. Dengan informasi yang diperoleh melalui solusi Driver Behaviour, Anda dapat memberikan umpan balik langsung kepada pengemudi. Misalnya, jika seorang pengemudi sering melakukan pengereman mendadak atau akselerasi yang berlebihan, maka data informasi ini akan tersimpan secara otomatis. Anda maupun tim operator Anda bisa memberikan umpan balik yang positif ataupun memberi tindakan yang diperlukan untuk mengubah perilaku mengemudi mereka dengan lebih baik. 

Selain itu, solusi Driver Behaviour juga membantu Anda untuk memberikan penilaian kinerja pengemudi secara objektif. Ini membantu memotivasi pengemudi untuk tetap berada dalam standar yang ditetapkan, mengurangi risiko pelanggaran, dan meningkatkan efisiensi pengiriman secara keseluruhan. Dengan kemampuan Driver Behaviour yang secara otomatis dapat menganalisis dan menilai kinerja pengemudi, Anda bisa menghemat penggunaan bahan bakar dengan signifikan, karena fitur ini juga memberikan pengaruh terhadap pola konsumsi bahan bakar. 

Pengaruh Performa Pengemudi Terhadap Pemakaian Bahan Bakar

Hemat Bahan Bakar

Belum optimal sepenuhnya jika armada belum dilengkapi dengan teknologi sensor yang bisa membantu mengefisiensi penggunaan bahan bakar. Dalam konteks ini, peningkatan performa pengemudi melalui fitur Driver Behaviour juga memberikan pengaruh sejauh mana pengemudi menghabiskan pemakaian bahan bakar. Untuk itu, solusi iFuel membantu Anda untuk memantau penggunaan bahan bakar agar penggunaannya menjadi lebih hemat. Dengan memanfaatkan solusi teknologi sensor yang canggih, iFuel dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar melalui analisis data dan pemantauan volume bahan bakar dari setiap armada. Informasi ini dipantau dan dianalisis secara menyeluruh untuk mengidentifikasi pola penggunaan bahan bakar yang tidak efisien dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti kecepatan mengemudi yang tinggi atau akselerasi yang berlebihan. iFuel juga salah satu upaya untuk mencegah terjadinya tindak pencurian bahan bakar dari pengemudi nakal.

Semakin Optimal dengan Mengintegrasikan Driver Behaviour dan iFuel

Driver Behaviour

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor ini, McEasy dapat memberikan rekomendasi kepada Anda untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Solusi Driver Behaviour termasuk strategi untuk menghasilkan performa pengemudi yang lebih baik melalui analisis dan penilaian kinerja mereka, sehingga Anda bisa memberikan umpan balik kepada para pengemudi. Sedangkan solusi IFuel termasuk strategi untuk mengukur tingkat pemakaian bahan bakar, seperti menjaga kecepatan yang konsisten agar hemat bahan bakar, informasi waktu dan tempat pengisian bahan bakar, dan menghindari adanya pencurian bahan bakar dari pengemudi nakal. 

Implementasi solusi Driver Behaviour dan iFuel dari McEasy memberikan manfaat yang signifikan untuk Anda. Pertama, biaya operasional dapat ditekan melalui pengurangan konsumsi bahan bakar yang tidak perlu, mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan barang, serta mengoptimalkan waktu perjalanan. Hal ini akan menghasilkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.

Kedua, solusi ini juga berdampak positif pada reputasi bisnis Anda. Dengan pengiriman yang lebih efisien dan andal, pelanggan akan merasa lebih puas dengan layanan yang diberikan. Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan bisnis.

Selain itu, solusi iFuel juga memiliki pengaruh positif terhadap lingkungan. Dengan mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu, maka emisi gas rumah kaca dapat dikurangi dan membantu mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim. Secara keseluruhan, pengaruh performa pengemudi terhadap biaya pengiriman sangat signifikan. Dengan mengintegrasikan solusi Driver Behaviour dan iFuel dari McEasy, Anda dapat mengoptimalkan kinerja pengemudi, mengurangi biaya operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menjaga lingkungan yang lebih baik. Dengan kombinasi teknologi dan analisis data yang canggih, fitur Driver Behaviour dan sensor iFuel membantu bisnis Anda menuju masa depan industri logistik dan pengiriman yang lebih efisien, berkelanjutan, dan inovatif.

Hubungi tim sales kami segera untuk ajukan produk demonya gratis!

Tulisan Terkait