Menyikapi Kenaikan Harga Bahan Bakar dengan Sensor Bahan Bakar

oleh | 26 Okt 2023 | Manajemen Pengiriman

Awal bulan Oktober ini, kita menyaksikan kenaikan harga bahan bakar yang telah memengaruhi berbagai sektor dalam perekonomian, khususnya sektor logistik dan pengiriman barang. Dikutip dari CNN Indonesia, kenaikan harga bahan bakar ini memiliki dampak signifikan pada sektor jasa logistik, di mana komposisi bahan bakar dapat mencapai 40% hingga 50% dari biaya operasional harian. Inilah yang menjadi perhatian serius bagi bisnis yang bergantung pada angkutan barang dan layanan logistik.

Selain biaya yang meningkat, ada masalah lain yang memengaruhi bisnis di sektor ini, antara lain: 

  1. Memantau dan mengontrol pemakaian bahan bakar secara manual seringkali tidak efektif dan efisien. 
  1. Mengecek nota pengeluaran uang bensin dengan uang jalan yang diberikan. Ini yang menimbulkan potensi pemalsuan nota. 
  1. Memeriksa riwayat pemakaian bahan bakar melalui speedometer, sehingga ketika terjadi insiden fraud sangat sulit dibuktikan secara objektif. 

Lalu, bagaimana bisnis dapat mengatasi tantangan ini dan menjaga efisiensi operasional mereka di tengah kenaikan harga bahan bakar? Simak solusinya di bawah ini. 

Solusi Sensor Bahan Bakar iFuel untuk Monitoring dan Efisiensi Bahan

Sebagai solusi sensor bahan bakar yang andal, iFuel yang terintegrasi dengan platform McEasy telah teruji dan terbukti membantu berbagai perusahaan logistik di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar, menangani potensi fraud, mendeteksi kejanggalan volume maupun kebocoran tangki bahan bakar, hingga pengemudi yang mengendarai kendaraan yang berpotensi pada pemborosan bahan bakar. Simak fitur-fitur canggih iFuel dan fungsinya sebagai berikut.

Dasbor Perbandingan Efisiensi Bahan Bakar   

Dasbor Perbandingan Efisiensi Bahan Bakar

Dasbor yang tersedia di dalam platform McEasy dan terhubung dengan iFuel memberikan analisis perbandingan konsumsi bahan bakar, baik secara penggunaan standar maupun penggunaan aktual dalam rupiah. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengefisiensi penggunaan bahan bakar. 

Riwayat Pemakaian Bahan Bakar Harian

Riwayat Pemakaian Bahan Bakar Harian

Laporan ini dapat memberikan data informasi yang spesifik konsumsi bahan bakar secara harian. Ini mencakup data nilai awal, nilai akhir, pengisian dan pengurangan bahan bakar, perhitungan jarak tempuh, hingga analisis tingkat efisiensi masing-masing kendaraan. 

Notifikasi Deteksi Kejanggalan Volume Bahan Bakar  

Notifikasi
Deteksi Kejanggalan
Volume Bahan Bakar

Dalam penanganan sigap, fitur ini dapat memberikan notifikasi otomatis jika terjadi penambahan dan pengurangan bahan bakar dalam waktu singkat, yang dapat membantu dalam mengidentifikasi tindakan yang mencurigakan. 

Tertarik untuk mendeteksi apakah pemakaian bahan bakar pada armada Anda termasuk boros atau hemat? Temukan jawabannya dengan klik halaman ini.

Penginputan Efisiensi Standar Kendaraan 

Penginputan
Efisiensi Standar Kendaraan

Penginputan informasi tingkat efisiensi kendaraan secara standar dapat dilakukan dengan penginputan data melalui menu pengaturan > kendaraan > jenis kendaraan dan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spek kendaraan. 

iFuel Berhasil Meningkatkan Efisiensi Sebesar 250% 

Manfaat iFuel yang sangat berdampak bagi perusahaan logistik telah terbukti melalui klien kami. Sejak klien kami menggunakan iFuel yang dipasang di 5 unit kendaraan mereka, peningkatan efisiensi operasional mereka melonjak sebesar 250%. Dengan memantau aliran bahan bakar secara real-time melalui iFuel, mereka dapat menggunakan bahan bakar dengan lebih efisien,hemat waktu dan biaya operasional harian. 

Jadwalkan Demo iFuel Gratis 

Dengan berinvestasi dalam sensor bahan bakar iFuel, perusahaan dapat mengatasi tantangan kenaikan harga bahan bakar, mengurangi potensi fraud, dan memastikan bahwa penggunaan bahan bakar mereka terkendali dengan baik. Segera jadwalkan demo iFuel dengan klik halaman ini.

Tulisan Terkait