Simak! Ini Dia Penjelasan 3PL dalam Layanan Logistik

oleh | 15 Des 2022 | Manajemen Pengiriman

Berikut pengertian, karakteristik, manfaat, dan jenis layanan 3PL dalam layanan logistik.

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah permintaan atas pergerakan barang, tentunya publik menaruh harapan besar dimana mereka ingin mendapatkan barang yang mereka inginkan agar bisa sampai tujuan dengan cepat dan aman. Namun, adanya tuntutan kecepatan dan jangkauan area pengiriman, seringkali perusahaan membutuhkan jasa logistik untuk mengirimkan barang mereka. Artinya bisnis logistik sangat berperan penting untuk membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Semakin baik pelayanan logistik yang diberikan, maka pelanggan semakin loyal menggunakan produk tersebut.

Seperti halnya jika Anda harus melakukan pengiriman dari Jakarta ke Sumatera dengan unit atau barang besok sampai. Pernahkah Anda berpikir bagaimana proses pengirimannya? Bagaimana barang bisa sampai tujuan dengan tepat waktu? Pada pertanyaan yang sama, coba bayangkan bagaimana proses logistik di Indonesia bisa menjangkau di seluruh pelosok wilayah dengan jarak tempuh yang sangat singkat? Semua pertanyaan itu memiliki satu jawaban yaitu perusahaan bekerjasama dengan perusahaan pihak ketiga dalam mendistribusikan barangnya. Perusahaan pihak ketiga inilah yang disebut dengan 3PL.

Apa itu 3PL?

Mungkin banyak yang bertanya, apa itu 3PL? Jadi, 3PL merupakan penyedia layanan logistik atau perusahaan logistik pihak ketiga yang bertugas untuk membantu berbagai perusahaan dalam pengiriman barang atau logistik dalam kegiatan supply chain management. 3PL menawarkan dan membantu solusi teknologi bagi banyak klien di berbagai industri, salah satunya sistem manajemen transportasi.

Karakteristik 3PL

35682C A94D0876C0Ca4B2Aa5198E7D0D0Ac617 Mv2

Karakteristik layanan 3PL dapat diidentifikasi mulai dari pengelolaan trucking, warehousing atau pergudangan hingga proses distribusi barang. Selain itu, terdapat beberapa nilai tambah yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Nilai tambah yang diberikan berupa tracking menggunakan teknologi, inbound & outbound logistic (semua kegiatan logistik sebelum dan setelah kegiatan produksi), dan pengemasan barang hingga labeling.

Fungsi Layanan 3PL

Selain karakteristik, 3PL juga memiliki berbagai fungsi yang dapat Anda rasakan, di antaranya sebagai berikut.

Melakukan Urusan Packing

Saat packing barang, perusahaan tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mengemas barang-barang menggunakan tempat atau kotak yang sesuai untuk suatu produk karena hal ini akan dilakukan oleh perusahaan 3PL sebelum dikirim ke konsumen. Packing yang dilakukan 3PL adalah dengan cara wrapping, menggunakan bantalan, tahan cuaca, dan penyegelan.

Pengiriman Barang dari Trucking

Setelah proses packing baru kemudian dilakukan pengiriman barang dari trucking yang menggunakan truk khusus untuk proses distribusi. Nah, biasanya dalam melakukan pengiriman ini sesuai dengan permintaan. Selain harganya yang lebih terjangkau, perusahaan lebih aman dalam memantau barangnya pada saat proses distribusi barang.

Menyimpan Barang ataupun Unit Perusahaan dengan Aman

3PL menjamin keamanan bagi semua barang yang akan dikirimkan ke konsumen. Semua barang tersebut tersusun rapi dan aman di dalam gedung perusahaan 3PL yang dijaga para divisi khusus logistik. Sehingga, perusahaan bisa lebih fokus pada operasional produksi, pemasaran, atau yang lebih prioritas.

Membantu Pengembalian Barang Jika Ditemukan Barang yang Rusak

Pengembalian barang dari pembeli kepada penjual untuk ditukar dengan barang yang sejenis disebut retur. Pembeli yang melakukan retur biasanya disebabkan karena ketidakpuasan konsumen terhadap barang yang diterima, misalnya rusak, ada cacat, dan tidak sesuai pesanan. Dalam hal ini 3PL menjadi perantara antara perusahaan dengan konsumen, sehingga perusahaan tidak perlu repot mengantarkan barang yang akan diganti kepada konsumen.

Manajemen Logistik

Fungsi perusahaan 3PL utamanya adalah untuk pengelolaan kegiatan logistik atau manajemen logistik. Mulai dari perencanaan, penyimpanan, dan aliran barang agar pergerakan dari barang dan personil yang dimiliki bisa lebih efektif dan efisien.

Memberikan Layanan Logistik secara End-to-End

Perusahaan 3PL akan menjadi partner dalam mengatur segala keperluan untuk pengangkutan dan gudang serta menyediakan layanan secara end to end untuk mengelola aktivitas rantai pasok dan logistik.

Jenis Layanan 3PL dan Cara Kerjanya

35682C 5128F619D0924499B2Aeb4A029285De6 Mv2

Berikut berbagai layanan yang diberikan 3PL.

Service Developer

Sevice Developer meliputi tracking service, special case delivery, dan cross docking. Jika menemui ketiga layanan tersebut dalam 3PL, maka bisa dikatakan bahwa 3PL tersebut sudah memiliki sistem IT yang solid dan biasanya lebih fokus pada ruang lingkup yang lebih besar.

Customer Developer

Customer developer berperan secara penuh mengambil alih fungsi logistik, sehingga layanan ini sangat menguntungkan karena lebih menghemat pengeluaran perusahaan dalam mejalankan fungsi logistik.

Customer Adapter

Customer Adapter mengambil alih kontrol sebagian kegiatan logistik perusahaan. Layanan berguna untuk meningkatkan kinerja logistik secara dramatis, namun tidak mengembangkan layanan baru, sehingga layanan customer adapter ini biasanya cukup kecil.

Manfaat Menggunakan 3PL

35682C Aa84A8D5D63843E3B8E2E530Feafe11E Mv2 1


3PL juga memberikan berbagai manfaat bagi transportasi dan logistik Anda. Berbagai manfaat 3PL tersebut bisa Anda simak sebagai berikut!

Lebih Menghemat Biaya Transportasi dan Logistik

Anda bisa memangkas pengeluaran logistik seperti penyimpanan, pengiriman, teknologi logistik, transportasi, dan sumber daya manusia. Bayangkan jika semua itu dipenuhi, maka dibutuhkan banyak modal bukan? Maka dari itu 3PL bisa menghemat pengeluaran logistik Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus ke yang lain, seperti fokus pada produksi, penjualan, dan lain-lain.

Lebih Menghemat Waktu Pengiriman Barang

Lebih menghemat waktu untuk memenuhi harapan pelanggan yaitu mengirim barang dengan tepat waktu.

Memberikan Expertise pada Pengiriman Logistik

Perusahaan 3PL sudah memiliki expertise level tinggi di bidang ini yang berdampak pada kemudahan bagi pengguna jasa. Bayangkan jika barang yang dikirimkan ke 3PL adalah barang yang rusak, maka konsumen akan kecewa dan citra perusahaan akan buruk. Sebaliknya, jika paket yang dikirimkan ke 3PL adalah paket dengan kondisi baik dan sampai tujuan, maka konsumen akan senang dan penjualan semakin meningkat.

Membantu Menemukan Shipper dan Transpoter

Biasanya permasalahan logistik yaitu mencari pengirim barang dalam muatan besar dan menemukan jasa pengiriman yang menyanggupinya. Inilah peran perusahaan 3PL sebagai perantara di antara mereka. Dengan demikian, pengiriman lebih mudah dilakukan dan transpoter mendapatkan barang dengan muatan sesuai yang diinginkan.

Itulah penjelasan mengenai 3PL dalam dunia logistik yang mana untuk membantu proses supply chain management dan sistem manajemen transportasi dengan berbagai layanan yang disediakan. Adanya layanan 3PL tentu lebih menghemat biaya, efisiensi waktu, memberikan expertise pada pengiriman hingga membantu mempertemukan shipper dan transpoter. Selain itu, adanya 3PL ini sangat memudahkan kegiatan logistik Anda sampai tujuan sesuai perkiraan.

Tulisan Terkait