Perbedaan Antara Static dan Dynamic Route Planning

oleh | 15 Feb 2023 | Route Optimization

Mengetahui perbedaan antara static dan dynamic route planning adalah kunci untuk memaksimalkan pengemudi pengiriman Anda.

Tapi apa yang harus Anda lakukan? Static atau dynamic?

Apa pro dan kontra dari perencanaan dynamic dan static, dan apa yang paling sesuai dengan bisnis saya?

Teruslah membaca untuk mencari tahu!

Apa itu dynamic route planning?

What Is Route Optimization Software 2

Dynamic route planning, juga disebut sebagai adaptive routing, memungkinkan manajer armada melakukan penyesuaian di menit-menit akhir perencanaan rute sehingga mereka dapat mengubah rute secara dynamic ke tujuan pilihan pelanggan.

Dynamic route planning adalah alat yang sangat efektif dan berguna yang memungkinkan bisnis berhasil melakukan last-mile delivery seperti pengiriman makanan, layanan, pengiriman e-commerce, dll.

Salah satu keuntungan terbesar dari metode perencanaan rute ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dan menambahkan perubahan di menit-menit terakhir tanpa mengganggu jadwal Anda hari itu. Kemampuan beradaptasi dan skalabilitas sangat penting dalam hal mengembangkan bisnis Anda.

Pro dan kontra dynamic route planning

Pro

Menghemat waktu: Dynamic route planning mengarahkan pengemudi pada rute yang paling efisien sehingga mereka dapat menyelesaikan pengiriman lebih cepat. Lebih banyak pengiriman berarti lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda!

Mengurangi konsumsi bahan bakar: Rute yang dinamis mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berkendara di antara setiap perhentian sehingga pengemudi menggunakan lebih sedikit bahan bakar di sepanjang perjalanan. Dengan demikian, mengurangi biaya bahan bakar sehingga bisnis Anda dapat menghemat uang.

Mengurangi gangguan pengiriman: Kebutuhan tak terduga diharapkan saat pengemudi Anda berada di jalan. Kecelakaan mobil, jalan tertutup, kemacetan lalu lintas, dan hambatan lainnya dapat dengan mudah dihindari dengan menggunakan perencanaan rute yang dinamis.

Meningkatkan akurasi ETA: Teknologi dynamic route planning menciptakan rute yang dioptimalkan dengan menggunakan informasi secara real-time. Perangkat lunak ini memberi pelanggan ETA pesanan mereka yang akurat sehingga mereka dapat mengantisipasi kedatangannya.

Menangani pesanan prioritas: Katakanlah Anda menerima pemesanan prioritas tepat sebelum pengemudi Anda pergi, dynamic route planning dapat dengan cepat muncul di perhentian itu tanpa mengacaukan jadwal hari itu.

Kontra

Sulit dilakukan secara manual: Jika Anda tidak terlalu suka menggunakan teknologi, maka aplikasi perutean dynamic mungkin bukan pilihan terbaik Anda. Namun, dukungan pelanggan yang berkualitas adalah cara terbaik untuk mengenal perangkat lunak dengan baik.

Mahal: Perangkat lunak perencanaan rute gratis berguna untuk bisnis yang hanya memiliki sedikit titik perhentian per hari. Namun, bisnis yang menyelesaikan lebih dari 20 titik perhentian membutuhkan solusi yang lebih andal. Sayangnya aplikasi dynamic route planning biasanya cukup mahal.

Tidak dapat memuat barang hingga rute pengiriman baru dibuat: Membuat dynamic route planning berarti Anda harus menunggu sebentar sebelum memuat barang ke kendaraan Anda hingga jadwal yang terbaru siap.

Apa itu static route planning?

6596Ee2C Dynamic Routing 752X440 1

Static route planning adalah proses melakukan pengiriman menggunakan rute yang telah ditetapkan sebelumnya dengan ketidakmampuan untuk membuat perubahan menit-menit terakhir. Mengingat setiap rute juga ditentukan sebelumnya oleh manajer armada, kebutuhan pembuatan rute statis memerlukan waktu perhitungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan rute dinamis.

Static route planning tidak memberikan ruang untuk perubahan, artinya Anda harus membuat ulang rute secara manual sehingga Anda dapat beradaptasi dengan perubahan baru dalam jadwal pengiriman Anda.

Meskipun dikenal sebagai non-adaptif, static route planning dapat dimodifikasi oleh administrator jaringan yang akan mengubahnya secara manual.

Meskipun ini mungkin terdengar membatasi, static route planning sangat bagus untuk bisnis kecil yang memiliki pola pengiriman tertentu dan kecil kemungkinannya mengalami perubahan menit-menit terakhir.

Pro dan kontra dari static route planning

Pro

Dapat dilakukan secara manual: Dengan static route planning, Anda tidak memerlukan aplikasi teknis atau komputer. Anda cukup membuatnya sendiri. Anda dapat menulis rute statis berdasarkan daftar perhentian reguler hanya dengan pena dan kertas!

Lebih terjangkau: static route planning tidak membutuhkan banyak bandwidth dan daya komputasi dan dapat dilakukan secara manual sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang.

Dapat segera memuat barang di kendaraan pengiriman: Karena Anda sudah memiliki jadwal yang ditetapkan dengan pemberhentian yang sama, Anda dapat segera memuat barang ke kendaraan pengiriman Anda lebih awal.

Kontra

Sulit untuk menambahkan perubahan di menit-menit terakhir: Perubahan di menit-menit terakhir yang dilakukan pada jadwal pengiriman bisa sulit dikelola saat menggunakan rute statis. Inilah sebabnya dynamic route planning lebih disukai dalam menangani permintaan pengiriman tertentu.

ETA yang tidak dapat diandalkan: Karena static route planning tidak memperhitungkan kondisi lalu lintas dan hambatan lain yang dapat menunda pengiriman, pelanggan mendapatkan ETA yang tidak akurat.

Apa perbedaan antara static dan dynamic route planning?

76B1Cc11 D2D6 4641 9E55 18F9978Fdda8

Static route planning mengharuskan Anda memperbarui rute statis secara manual agar Anda dapat beradaptasi dengan perubahan di menit-menit terakhir sepanjang hari. Akibatnya, perutean dynamic memerlukan algoritme perutean dynamic untuk memperbarui jadwal Anda secara otomatis dengan Pemesanan yang baru ditetapkan.

Perutean Static memiliki tabel perutean yang lebih kecil sedangkan dynamic route planning memungkinkan router untuk mengirimkan tabel perutean mereka ke ketersediaan pin point. Perutean Static juga hanya mengizinkan satu entri per tujuan.

Tidak seperti static route planning, dynamic route planning menggunakan algoritma route planning yang lebih kompleks ntuk membuat perubahan rute.

Perbedaan lain antara static dan dynamic route planning adalah penggunaan dan perhitungan bandwidth. Mengingat static route planning sudah memiliki rute yang ditentukan sebelumnya, diperlukan lebih sedikit bandwidth dan daya komputasi. Di sisi lain, dynamic route planning membutuhkan lebih banyak bandwidth dan perhitungan untuk membuat beberapa probabilitas rute.

Rencanakan rute pengiriman Anda dengan McEasy

Tms

Dari algoritme kompleks hingga protokol dynamic route planning, memutuskan pilihan route planning mana yang akan digunakan semuanya bergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

McEasy adalah aplikasi manajemen armada yang mengotomatiskan seluruh proses pengiriman Anda, terutama dalam hal mengoptimalkan rute untuk pengemudi.

Hubungi tim kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana McEasy dapat menghemat waktu berjam-jam setiap hari dengan pengoptimalan rute.

Tulisan Terkait

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Pengiriman barang menjadi semakin penting dalam dunia bisnis sekarang, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan e-commerce dan bisnis online. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam proses pengiriman adalah mengoptimalkan rute pengiriman agar lebih efisien...

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Armada yang tidak terealisasi secara maksimal dapat menjadi masalah dalam operasional pengiriman order. Banyak perusahaan logistik menghadapi tantangan ini, di mana armada seringkali membawa order yang tidak sesuai dengan kapasitas muatan pengiriman yang dimiliki. Hal...