Bagaimana Route Optimization Membuat Bisnis Anda Lebih Berkelas?

oleh | 27 Jan 2023 | Route Optimization

Apakah Route Optimization dikhusukan untuk perusahaan yang menjalankan bisnis dengan skala besar? Mengatur pengiriman lebih dari 100 dalam sehari? Memiliki armada yang harus mengirimkan ke lebih dari 50 titik pengiriman?

Tentu jawaban nya, tidak sama sekali.

Route Optimization bukan hanya sebuah sistem yang menyediakan optimasi rute dan penjadwalan secara tepat dan akurat bagi perusahaan besar. Namun sistem ini juga mampu untuk membantu optimasi operasional skala kecil dan menengah agar mereka mampu bersaing dan menyediakan layanan pengiriman yang berkelas.

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2

Dengan mengelola jadwal, rute, armada dan pengemudi Anda secara efektif, efisien dan fleksibel, Anda dapat menurunkan biaya operasional dan penggunaan bahan bakar yang tidak perlu secara signifikan dan ini lah yang juga ingin dicapai oleh setiap perusahaan manapun termasuk usaha kecil menengah.

Berkas fisik belum terdigitalisasi

Sering kita melihat pelaku usaha kecil menengah yang masih mendokumentasikan segala pencatatan penjualan, pengiriman dan laporan lewat media kertas dan ditulis dengan pulpen. Bukan tidak mau beralih, kerap kali sebuah sistem yang digunakan sulit dipahami oleh para staf operasional sehingga sering terkendala dalam beradaptasi dan pada akhirnya sistem tersebut tidak lama digunakan dan menggunakan kertas dan pulpen sebagai media dokumentasi. Hal ini juga akan berdampak pada kebutuhan ruang untuk menyimpan berkas-berkas untuk kebutuhan pengolahan laporan bulanan maupun tahunan.

Pegawai tidak mengetahui rute pengiriman

Dalam melakukan penjadwalan setiap pengiriman dengan cara manual, perlu seorang yang mengetahui rute dan posisi tiap-tiap alamat yang akan dituju sehingga ketika menugaskan pengiriman ke masing-masing pengemudi banyak rute yang tidak berjalan efisien, contoh nya beberapa alamat dalam satu area bisa dikerjakan oleh 2 pengemudi. Padahal 1 pengemudi dapat focus untuk mampu menuntaskan pengiriman yang sudah dibagi pada area tertentu.

Dan dampak yang paling terlihat adalah waktu yang dihabiskan dalam sehari hanya untuk menentukan penjadwalan untuk setiap pengiriman. Apakah rute nya sudah benar? apakah muatan tiap armada sudah terpenuhi sesuai kapasitas? Apakah uang jalan sudah sesuai? Dan masih banyak lagi.

Pemantauan melalui pesan singkat atau telepon

35682C 5Cb920236A7A46Fdb845E4D8Da880826~Mv2

Sekarang ini gawai menjadi satu-satu nya media komunikasi. Namun sering sekali penggunaan gawai dalam proses pemantauan kurang maksimal. Banyak faktor, salah satu nya pengemudi lupa mengirimkan status terkini dan operator harus sering-sering melakukan panggilan atau mengirimkan pesan singkat karena untuk memberikan informasi kepada pelanggan sudah sejauh mana perkembangan dari tiap pengiriman.

Jika ketiga hal tersebut masih dijalankan oleh sebuah perusahaan jasa pengiriman, maka dapat diperkirakan perkembangan layanan akan tertinggal jauh seiring dengan pengadopsian teknologi dan digitalisasi yang berkembang pesat.

Sebuah sistem modern yang saat ini dikenal sebagai Route Optimization atau Optimasi Rute untuk tiap pengiriman menawarkan manfaat yang akan dirasakan oleh operator, pengemudi bahkan pelanggan Anda sekalipun.

Digitalisasi data dan proses operasional

Melalui sebuah sistem cerdas, operator Anda tidak akan lagi menggunakan media kertas dan pulpen dalam melakukan segala pencatatan pengiriman, penjadwalan dan pelaporan tiap hari nya. Semua tercatat dan terlihat secara digital dalam satu sistem yang dapat diolah agar proses pengiriman dari awal hingga selesai. Data alamat pengiriman, informasi armada, daftar pengemudi, hingga kalkulasi biaya pengiriman dapat dibuat menjadi satu kesatuan database agar saat ingin mengolah dan menentukan jadwal pengiriman tidak perlu lagi mencari informasi tersebut di lemari arsip, cukup membuka satu dashboard maka informasi akan tersedia dan siap untuk diproses.

Menentukan jadwal, alokasi barang dan rute pengiriman dalam hitungan detik

Operator hanya melakukan 3 langkah mudah, Pilih, Atur dan Optimalkan untuk tiap barang yang akan dikirimkan dan armada mana yang akan membawa barang tersebut. Secara otomatis sistem akan memberikan hasil optimasi berdasarkan parameter yang telah ditentukan operator sehingga setiap pengiriman menghasilkan rute yang efisien.

Pemantauan real-time dalam genggaman

35682C Cf47E32Bcb82434F873C2C906F12E15F~Mv2

Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, Anda diharuskan agar memberikan informasi terbaru terkait status pengiriman yang sedang dijalankan. Melalui Route Optimization, operator dapat memantau tiap-tiap pengiriman, mana yang masih di jalan dan mana yang sudah diselesaikan pengemudi. Bahkan kiriman yang terkendala akbibat beberapa factor, seperti toko mendadak tutup, dapat dikirimkan update nya oleh driver lewat aplikasi canggih Smart Driver App yang dapat diterima oleh operator agar informasi tersebut dapat dibuatkan action plan secepat mungkin.

Route Optimization menawarkan sebuah sistem kelas dunia bagi para penyedia layanan jasa pengiriman barang dengan menghasilkan efisiensi waktu, biaya dan tenaga serta meningkatkan produktivitas operasional demi tercapainya kepuasan pelanggan.

Tulisan Terkait

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Pengiriman barang menjadi semakin penting dalam dunia bisnis sekarang, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan e-commerce dan bisnis online. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam proses pengiriman adalah mengoptimalkan rute pengiriman agar lebih efisien...

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Armada yang tidak terealisasi secara maksimal dapat menjadi masalah dalam operasional pengiriman order. Banyak perusahaan logistik menghadapi tantangan ini, di mana armada seringkali membawa order yang tidak sesuai dengan kapasitas muatan pengiriman yang dimiliki. Hal...