News Update: McEasy Raih Pendanaan Seri A Total Menjadi 178 Miliar

ASPERINDO: Asosiasi Bisnis yang Bergerak di Bidang Pengiriman Barang

oleh | 14 Okt 2022 | Bisnis

Asosiasi untuk para pengusaha dibidang kurir dan pengiriman barang ini adalah ASPERINDO yang memiliki akronim Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia.

Dunia kurir memang sudah sangat besar dan luas dalam skalanya. Tak ayal bila kemudian bidang pengiriman barang dan pos ini membentuk sebuah asosiasi tersendiri untuk menguatkannya. Asosiasi untuk para pengusaha dibidang kurir dan pengiriman barang ini adalah ASPERINDO yang memiliki akronim Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia. Dari adanya asosiasi ini maka para pengusaha dibidang kurir ini bisa memiliki wadah untuk berdiskusi dan mematangkan segala agenda penting dalam perkembangan dan perubahan dunia usaha jasa kurir.

Sejarah Pendirian ASPERINDO

35682C 2228Fc88D9A347Ffb0A6E4C8B96Fb738 Mv2

Sebelum bernama ASPERINDO, asosiasi ini bernama HIPPARI (Himpunan Perusahaan dan Pengantaran Barang Lewat Udara Dalam Negeri) yang sudah ada sejak tanggal 17 Juni 1982. HIPPARI sendiri saat itu mewadahi beberapa perusahaan di sektor jasa pengiriman barang dan dokumen, baik di sektor kurir serta kargo. Namun pada Musayawarah Nasional (MUNAS) I tanggal 26 Maret 1986, HIPPARI diganti menjadi ASPERINDO yang awalnya memiliki kepanjangan Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia). Perubahan HIPPARI menjadi ASPERINDO sendiri kala itu didasari oleh dua alasan yaitu:

  1. Keinginan untuk mengkhususkan diri pada penghimpunan beberapa perusahaan yang spesifik melayani jasa bidang kurir saja.
  2. Agar bisa masuk dan bergabung dalam organisasi KADIN (Kamar Dagang dan Industri) yang memberi syarat bahwa organisasi harus berbentuk “Asosiasi” dan bukan “Himpunan”.

Setelah menjadi ASPERINDO dengan arti awal Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia, akronim atau kepanjangan dari asosiasi ini mengalami beberapa pergantian atau perubahan seperti :

  • Tahun 1994 : Asosiasi Perusahaan Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia
  • Tahun 1997 : Asosiasi Perposan Indonesia.
  • Tahun 1998 : Asosiasi Perusahaan Jasa Ekspres Indonesia.
  • Tahun 2001 : Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia.
  • Tahun 2012 : Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia.

Visi, Misi dan Motto ASPERINDO

35682C Bb416E3553F94Ca8Aae200866E92Dea5 Mv2

Sebagai asosiasi para pengusaha kurir, ASPERINDO membuat visi dan misi yaitu sebagai wadah komunikasi, konsultasi, koordinasi dan sumber informasi. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, ASPERINDO menetapkan tujuannya seperti membina rasa kebersamaan dan persatuan diantara sesama anggota, menampung segala aspirasi anggota dalam peningkatan dan pengembangan usaha dan juga menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan iklim usaha yang sehat dan kondusif. Untuk motto ASPERINDO sendiri adalah cepat, cermat, selamat dan bertanggung jawab.

Keanggotaan dan Kepengurusan ASPERINDO

Sampai sekarang, anggota ASPERINDO yang tergabung ada sebanyak lebih dari 4000 perusahaan tingkat cabang, agen dan gerai diseluruh Indonesia dan juga 167 perusahaan di tingkat Pusat Jakarta. Untuk kepengurusan asosiasi ASPERINDO ini terbagi atas tiga komponen yang bekerja selama periode 4 tahunan. Adapun tiga susunan kepengurusan ASPERINDO tersebut antara lain :

  1. DPP (Dewan Pengurus Pusat – Jakarta) yang dihasilkan oleh Munas
  2. DPW (Dewan Pengurus Wilayah – Propinsi) yang dihasilkan oleh Muswil
  3. DPD (Dewan Pengurus Daerah – Kabupaten/Kota) yang dihasilkan oleh Musda

Wilayah Kegiatan ASPERINDO

35682C Ad4C02De68B24295999C31225A0De8D4 Mv2

Dalam berkegiatan atau beraktivitas, ASPERINDO mempunyai dua agenda utama yaitu :

1. Kegiatan Operasional, terdiri dari :

  • Kegiatan dalam negeri (domestik)
  • Kegiatan logistik
  • Kegiatan internasional

2. Kegiatan berkelanjutan, yang terdiri dari :

  • Kegiatan “ASPERINDO PEDULI” berupa aktivitas menyantuni kaum dhuafa, yatim piatu dan kalangan yang membutuhkan bantuan.
  • Aktivitas forum komunikasi baik itu dengan sesama asosiasi, instansi terkait dan juga institusi pendidikan.
  • Melalui program pendidikan, ASPERINDO juga berusaha meningkatkan mutu serta kualitas SDM perusahaan anggotanya.
  • Memupuk kebersamaan dan persatuan serta terus berusaha menegakkan kode etik asosiasi.

Tulisan Terkait

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Setiap tahun, ribuan nyawa melayang di jalan raya akibat kelalaian pengemudi, seperti mengantuk atau kelelahan yang menimbulkan kehilangan fokus dalam mengemudi atau perilaku mengemudi yang tidak aman....

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Fleet Management memainkan peran kunci dalam perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan dalam operasional sehari-hari. Salah satunya di Balikpapan, kota yang ramai akan aktivitas pengiriman barang dan transportasi tentu membutuhkan teknologi manajemen armada untuk...