Jalan Menuju Autonomous Supply Chain

oleh | 3 Okt 2022 | Bisnis

Apakah mungkin untuk memiliki autonomous supply chain di mana semua link diatur secara digital dan otomatis? Jawabannya masih belum diketahui. Namun sedikit demi sedikit, kemajuan teknologi seperti konektivitas 5G, komputasi awan, kecerdasan buatan (AI), dan IoT Industri (Internet of Things) membuka jalan menuju rantai pasokan yang sepenuhnya otomatis. Dalam skenario ini, intervensi manusia secara bertahap seperti perencanaan proses, pelaksanaan, dan pengawasan tidak diperlukan.

Autonomous supply chain: sekarang dan masa depan

Autonomous supply chain adalah salah satu yang mampu mengotomatisasi, digitalisasi, dan robotisasi semua proses, termasuk desain produk, perencanaan operasi, dan pengiriman dan pengiriman barang ke pelanggan akhir. Menerapkan rantai pasokan yang sepenuhnya otomatis membutuhkan proses seperti pengadaan produk, pemantauan kinerja, dan distribusi barang untuk dilakukan secara otonom, dengan intervensi manusia yang minimal.

Jalan menuju rantai pasokan yang sepenuhnya otonom masih merupakan konsep futuristik, tetapi semakin banyak solusi yang tersedia untuk mengotomatisasi berbagai proses dan memungkinkan tingkat otonomi yang lebih tinggi dalam hubungan rantai pasokan tertentu.

Misalnya, robotic process automation (RPA) mengotomatiskan proses manajemen rantai pasokan: memungkinkan untuk mereplikasi dan memenuhi tugas berulang yang sebelumnya dilakukan oleh manusia, seperti mengekstrak data, mengisi formulir, melakukan perhitungan lanjutan, dan menjalankan beberapa prosedur tanpa kesalahan. Meskipun RPA menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan, otonomi robot perangkat lunak ini masih terbatas, karena mereka melakukan tindakan berdasarkan aturan yang telah ditentukan.

Salah satu operasional rantai pasokan yang dapat sepenuhnya otomatis adalah perencanaan logistik. Menurut analis McKinsey dalam publikasi Launching the journey to autonomous supply chain planning, “praktis, perencanaan otonom memungkinkan pengambilan keputusan yang didukung mesin secara berkelanjutan di setiap bagian dari rantai nilai perencanaan, dengan perencana hanya melakukan intervensi untuk mengelola pengecualian. Dengan kata lain, mesin melakukan yang terbaik — mengolah data dan menerapkan analitik tingkat lanjut, sehingga membebaskan waktu perencana untuk aktivitas bernilai lebih tinggi.”

Salah satu mesin autonomous supply chain masa depan adalah hyperautomation, istilah yang diciptakan oleh perusahaan konsultan Gartner — yang menggabungkan teknologi otomatisasi canggih. Hyperautomation terdiri dari integrasi teknologi seperti RPA, AI, machine learning, dan big data untuk mengimplementasikan tindakan spesifik dengan cara yang sepenuhnya otonom dengan intervensi manusia seminimal mungkin.

Diterapkan pada rantai pasokan, hyperautomation mendorong integrasi teknologi terbaru untuk mencapai tingkat otonomi yang semakin tinggi. Menurut Gartner, dalam 10 tahun ke depan, rantai pasokan akan lebih otonom: “Hiperotomatisasi pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan manusia dan mendukung penciptaan autonomous supply chain. Rantai pasokan masa depan seperti itu akan dapat secara otomatis merencanakan secara real time dan menjalankan tindakan operasional otomatis dengan cara yang sering, terperinci, dan hemat biaya.”

Karakteristik autonomous supply chain

Di luar kurangnya keterlibatan manusia, autonomous supply chain akan:

Prediktif

Pemantauan data dan indikator kinerja utama lintas sektoral akan membantu memprediksi kesalahan dan inefisiensi dalam arus kerja dan barang. Ini juga akan mencegah potensi kemacetan di sepanjang semua tahap rantai pasokan.

Cerdas

Autonomous supply chain akan mengandalkan penggunaan teknologi baru untuk memproses data, mengidentifikasi tren, dan mendeteksi peluang yang akan meningkatkan efisiensi operasi logistik yang terjadi di dalam dan di luar fasilitas.

Scalable

Akan fleksibel dan fleksibel dalam menanggapi tuntutan perubahan Supply Chain 4.0. Ini akan mampu secara otomatis meningkatkan atau menurunkan operasi untuk menjamin efisiensi dalam puncak permintaan dan mengurangi sumber daya pada saat volume pesanan keluar yang lebih rendah.

Terintegrasi

Autonomous supply chain akan mendorong proses digitalisasi penuh untuk menyinkronkan semua operasi logistik antara perusahaan yang terlibat dalam desain, manufaktur, dan pemasaran suatu produk. Sebuah rantai pasokan terintegrasi mempromosikan ketertelusuran produk yang lengkap, yaitu, pemantauan siklus hidup barang, termasuk desain, produksi, pemrosesan, dan distribusi ke pelanggan akhir.

Manfaat autonomous supply chain

Menurut sebuah studi dari Institut Manufaktur Universitas Cambridge, “Teknologi baru seperti Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI) menawarkan kesempatan bagi perusahaan untuk mengubah rantai pasokan linier menjadi ekosistem autonomous supply chain, menghasilkan lebih banyak operasi yang mulus dan terkoordinasi.” Keuntungan memiliki autonomous supply chain sangat banyak. Yaitu, mereka “dapat membantu mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi operasi dengan mengotomatisasi tugas rutin pemantauan rantai pasokan,” kata para peneliti.

Otomatisasi dan komunikasi lintas sektoral di antara berbagai tautan dalam rantai pasokan dapat membawa manfaat ini, antara lain:

Peningkatan produktivitas

Penerapan solusi otomatis di gudang atau pusat produksi memastikan pasokan barang yang berkelanjutan ke jalur produksi atau area penyimpanan dengan aliran yang tidak terputus. Memperluas otomatisasi di seluruh rantai pasokan akan memungkinkan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan meningkatkan efisiensi operasional di berbagai tautan.

Pengurangan kesalahan

Menginstal solusi otomatis berdasarkan teknologi seperti AI dan RPA di seluruh rantai pasokan akan meminimalkan kemungkinan kesalahan dalam manajemen proses dan penanganan barang.

Ketertelusuran produk yang ditingkatkan

Mengendalikan aliran komunikasi rantai pasokan yang berbeda secara gabungan akan memastikan ketertelusuran stok dari ujung ke ujung, karena setiap pemain akan memiliki akses ke informasi yang disimpan di cloud.

Pandangan holistik, berfokus pada pelanggan

Digitalisasi penuh dari operasi rantai pasokan akan memungkinkan semua perusahaan yang terlibat dalam hubungan yang berbeda untuk diintegrasikan dan memiliki komunikasi dua arah langsung, memperoleh pandangan holistik dari proses.

Laporan McKinsey Autonomous supply chain planning for consumer goods companies menunjukkan bahwa “perencanaan autonomous supply chain dapat menghasilkan peningkatan pendapatan hingga 4 persen, pengurangan inventaris hingga 20 persen, dan penurunan biaya rantai pasokan hingga sampai 10 persen.”.

Perangkat lunak untuk autonomous supply chain

Transformasi proses digital harus menjadi landasan rantai pasokan yang sepenuhnya otonom. Saat ini, sudah ada beberapa solusi digital yang meningkatkan throughput gudang dan memungkinkan manajemen proses otomatis, seperti manajemen gudang dan perangkat lunak manajemen pesanan terdistribusi. Operasi digitalisasi memungkinkan untuk membangun koneksi data real-time dan akurat antara berbagai tautan dalam rantai pasokan.

Pengambilan keputusan secara otonom akan menjadi salah satu pilar rantai pasok masa depan. Dalam hal ini, perangkat lunak canggih akan memungkinkan perusahaan untuk memprediksi skenario, mengantisipasi perubahan permintaan, dan memvariasikan strategi logistik di gudang mereka sesuai dengan kebutuhan mereka. Kolaborasi antara program digital memungkinkan pandangan holistik dari rantai pasokan , seperti yang ditunjukkan McKinsey dalam studinya: “Analisis lanjutan di seluruh rantai pasokan, bergerak melampaui fungsionalitas perangkat lunak standar untuk proses individual, (memungkinkan) untuk membuat tautan eksplisit dari permintaan prakiraan dan pesanan kembali ke jadwal dan rencana produksi.”

Manajemen digital semakin umum di gudang yang perlu meningkatkan throughput, menghilangkan kesalahan, dan mengurangi biaya logistik. Dalam hal ini, penerapan sistem manajemen gudang (WMS) dan transportation management system (TMS) akan menjadi bagian penting dari autonomous supply chain, yang ditandai dengan integrasi semua pemain yang terlibat dalam proses logistik.

Digitalisasi memungkinkan perangkat lunak manajemen gudang untuk terhubung dengan transportation management system dan program lain yang dijalankan di berbagai tahap rantai pasokan, baik milik perusahaan atau organisasi lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pertukaran informasi dan mengotomatisasi tugas, mendorong tingkat tracebility produk tingkat lanjut dan operasi yang lebih efisien.

Autonomous supply chain: paradigma baru

Saat ini, sudah ada sejumlah besar solusi digital dan otomatis yang mengubah dunia industri dan membatasi campur tangan manusia dalam proses logistik dan produksi. Tapi kami masih memiliki jalan panjang sebelum mencapai rantai pasokan yang sepenuhnya otonom.

Dalam paradigma industri baru ini, teknologi seperti IoT, machine learning, dan komputasi awan akan memainkan peran kunci. Program digital seperti perangkat lunak manajemen gudang akan membantu mengubah rantai pasokan, menghilangkan risiko kesalahan yang terkait dengan manajemen manual.

Masa depan rantai pasokan akan bergantung pada kemajuan teknologi dan kapasitas perusahaan untuk mengintegrasikan teknologi terbaru dalam proses mereka untuk mendorong otonomi dalam operasi dan pengambilan keputusan.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...