10 Perusahaan Cold Chain Terbesar di Indonesia

oleh | 15 Jan 2024 | Lain-lain

Perusahaan cold chain di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya konsumsi domestik akan makanan, minuman, hingga obat-obatan. Perusahaan cold chain adalah perusahaan yang mengelola dan mengatur rantai pasokan produk yang memerlukan kondisi suhu terkendali. Dalam industri ini, produk-produk yang sensitif terhadap suhu, seperti produk farmasi, makanan beku, vaksin, dan sejenisnya, diangkut dan disimpan dalam lingkungan yang dipertahankan pada suhu yang tepat.  

Tujuan utama perusahaan cold chain adalah menjaga kualitas, keamanan, dan integritas produk selama seluruh proses distribusi, mulai dari produksi hingga sampai ke tangan konsumen akhir. Di Indonesia sendiri, perusahaan cold chain telah bertumbuh pesat. Untuk itu, dalam artikel ini, kami telah merangkum 10 perusahaan cold chain terbesar di Indonesia.    

PT Diamond Cold Storage   

PT Diamond Cold Storage adalah perusahaan cold storage terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan berpusat di Jakarta. PT Diamond Cold Storage memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 120.000 ton dan melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk dairy.  

PT Diamond Cold Storage memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI)  

Pt Wahana Kemalaniaga Makmur Wakeni

PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI) adalah perusahaan logistik dan transportasi yang juga memiliki bisnis cold chain. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972 dan berpusat di Jakarta. PT WAKENI memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 50.000 ton dan melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

PT WAKENI memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

Maersk Line  

Maersk Line adalah perusahaan pelayaran global yang juga memiliki bisnis cold chain. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1904 dan berpusat di Denmark. Maersk Line memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 30.000 ton dan melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

Maersk Line memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

PT Kiat Ananda Cold Storage  

PT Kiat Ananda Cold Storage adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Surabaya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 25.000 ton. PT Kiat Ananda Cold Storage melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk dairy.  

PT Kiat Ananda Cold Storage memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Surabaya, Malang, dan Semarang. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

PT Mulia Gunung Mas (MGM Bosco) 

PT MGM Bosco adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1991 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 20.000 ton. PT MGM Bosco melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk dairy.  

PT MGM Bosco memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

PT Dua Putera Perkasa 

PT Dua Putera Perkasa adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15.000 ton. PT Dua Putera Perkasa melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk dairy.  

PT Dua Putera Perkasa memiliki jaringan cold storage yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Medan, dan Makassar. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengolahan dan pengemasan produk, serta layanan distribusi.  

GAC Samudera   

GAC Samudera adalah perusahaan pelayaran global yang juga memiliki bisnis cold chain. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1960 dan berpusat di Hong Kong. GAC Samudera memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 10.000 ton dan melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

PT Sinar Bahari Cold Storage  

Pt Sinar Bahari Cold Storage

PT Sinar Bahari Cold Storage adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1988 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 10.000 ton. PT Sinar Bahari Cold Storage melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

PT Multi Cold Storage  

Pt Multi Cold Storage

PT Multi Cold Storage adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 10.000 ton. PT Multi Cold Storage melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

PT Surya Bintang Cold Storage  

Pt Surya Bintang Cold Storage

PT Surya Bintang Cold Storage adalah perusahaan cold storage yang berpusat di Surabaya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 10.000 ton. PT Surya Bintang Cold Storage melayani berbagai macam produk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk farmasi.  

Rahasia di Balik Suksesnya Perusahaan Cold Chain 

Teknologi Pemantauan Suhu Ketat

Perlu diketahui juga, keberhasilan perusahaan-perusahaan ini tidak hanya tercermin dari kapasitas penyimpanan yang besar, tetapi juga dari keandalan sistem yang mereka gunakan, seperti sensor pemantau suhu yang andal.  

Salah satu contoh terbaik adalah perusahaan cold storage PT Mulia Gunung Mas (MGM Bosco) yang berpusat di Jakarta. MGM Bosco tidak hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 20.000 ton, tetapi juga mengandalkan sensor suhu mutakhir dari McEasy berupa iTemp, yang membantu mereka untuk memastikan bahwa setiap produk tetap dalam kondisi ideal selama perjalanan pengiriman.  

Dengan iTemp, MGM Bosco dapat memastikan bahwa produk mereka tetap terjaga kualitas dan keamanannya selama proses pengiriman. 

Simpulan  

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa 10 perusahaan cold chain terbesar di Indonesia memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, dengan melayani berbagai macam produk, serta memiliki jaringan yang luas.   

Adapun beberapa faktor yang menjadi keunggulan dari 10 perusahaan ini adalah: 

  • Kapasitas penyimpanan yang besar memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk menyimpan berbagai macam produk dalam jumlah yang banyak.  
  • Pelayanan yang luas memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk melayani berbagai macam kebutuhan pelanggan.  
  • Jaringan yang luas memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk menjangkau berbagai daerah di Indonesia.  
  • Integrasi sensor suhu yang mutakhir membuat perusahaan-perusahaan cold chain memberikan layanan yang lebih prima, dengan menjaga kualitas dan keamanan produk selama pengiriman berlangsung. 

Demikian penjelasan singkat tentang 10 perusahaan cold chain terbesar di Indonesia, semoga bermanfaat. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sensor suhu iTemp berhasil membantu MGM Bosco? Klik di sini untuk baca case study atau klik gambar berikut untuk simak videonya. 

Tulisan Terkait

Growth Mindset at Workplace

One of the many qualities employers try to find in their workers is growth mindset. They do not try to find the smartest people in the room anymore. They are set to find people who see opportunities instead of obstacles and failure as a chance to develop their...

Pendidikan VS Pengalaman

Kalau berbicara tentang pendidikan dan pengalaman, sudah pasti tidak ada habisnya. Sebenarnya, bagaimana sih recruiter menyikapi keduanya? Yuk, kita bahas dalam artikel kali ini. Seringkali orang berpendapat bahwa pendidikan tinggi belum menjamin kepiawaian seseorang...

Come and Join Our Fast-Growing Startup Company

Come and Join Our Fast-Growing Startup Company

Are you young, passionate and are eager to contribute and be a part of something bigger than yourself? If you are, hello! Our company is growing. And we are growing fast! We are looking for tens of young passionate talents to take up the challenge and grow with us....