Maksimalkan Perlindungan Keamanan Data Perusahaan dengan McEasy

oleh | 26 Jan 2024 | Bisnis

Maraknya ancaman terhadap kebocoran data atau peretasan mendorong banyak perusahaan untuk menemukan strategi khusus yang dapat menjaga keamanan data perusahaan. Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui laporan tahunannya mengungkap, sepanjang tahun 2022 telah mengirimkan sebanyak 1.433 notifikasi kepada instansi maupun lembaga yang diduga mengalami upaya mencurigakan terhadap keamanan siber yang dimiliki. Tentu hal ini juga berdampak langsung dengan pergerakan arus barang dan penumpang di Indonesia. Untuk itu perusahaan di sektor logistik dan transportasi juga perlu menerapkan solusi yang efektif untuk mencegah terjadinya pertasan data ini. 

Dampak Signifikan Jika Keamanan Data Terabaikan 

Sebelum menjelajah lebih jauh tentang solusi untuk mencegah ancaman ini, perusahaan juga wajib mengetahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari ancamana peretasan data juga tidak main-main. Sejumlah kerugian serius, antara lain:  

1. Kerugian Finansial  

Biasanya perusahaan menyimpan berbagai bentuk data termasuk informasi sensitif pelanggan. Peretas yang tidak bertanggung jawab dapat sewaktu-waktu mengancam untuk menyebarkan informasi sensitif tersebut dengan meminta imbalan berupa uang yang nominalnya tidak kecil. 

2. Kerugian Reputasi  

Perusahaan yang gagal menjaga keamanan data pelanggan akan mendapatkan reputasi buruk. Kredibilitas perusahaan akan turun dan kepercayaan pelanggan menjadi berkurang.  

3. Gangguan Operasional  

Kebocoran data dapat mengganggu operasional, seperti gangguan pada sistem informasi, gangguan pada layanan pelanggan, dan gangguan pada rantai pasokan. 

Peningkatan Keamanan Data: Terkoneksi Server Pemerintah 

Dalam meningkatkan keamanan data pelanggan, McEasy terkoneksi dengan sistem pemerintah yaitu SPIONAM. SPIONAM (Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda) Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) dan server SILACAK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Terhubung dengan sistem pemerintah memberikan keuntungan sebagai berikut:  

1. Pemantauan Real-Time  

Dengan terkoneksi ke server pemerintah, McEasy dapat memantau informasi dan perubahan regulasi secara real- time.  

2. Mempermudah Validitas Bisnis 

Integrasi dengan sistem pemerintah membantu memastikan standar operasional McEasy sesuai dengan kebijakan pemerintah sehingga mengurangi risiko pelanggaran dan sanksi.  

3. Sistem Keamanan Data yang Lebih Ketat 

Terkoneksi dengan server pemerintah memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara sektor bisnis dan pemerintah dapat memberikan lapisan perlindungan untuk keamanan bisnis karena sistem keamanan pemerintah cenderung memiliki standar keamanan yang ketat.  

4. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan 

Dengan akses yang lebih cepat dan mudah ke data pemerintah, McEasy meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi akurat dan tepat waktu.  

Bentuk Perlindungan Data: Open API Ecosystem 

Ketidakefisienan proses merupakan tantangan yang dihadapi oleh berbagai perusahaan. Sering kali ketidakefisienan berpengaruh terhadap kesalahan manusia yang berujung dengan potensi terancamnya keamanan data. Keunggulan McEasy menggunakan Open Application Programming Interface (API) Ecosystem memungkinkan integrasi mudah dengan berbagai platform maupun sistem perangkat lunak, seperti Enterprise Resource Planning (ERP), Warehouse Management System (WMS), maupun platform akuntansi. 

Adapun keuntungan menggunakan sistem API lainnya sebagai berikut:  

1. Keamanan Data yang Lebih Baik  

Integrasi melalui API dapat menyediakan lapisan perlindungan keamanan data tambahan, termasuk otentikasi enkripsi,  untuk melindungi data yang ditransfer antar sistem.  

2. Efisiensi Operasional 

Sistem terhubung melalui API dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatiskan proses bisnis, mengurangi keterlibatan manusia, dan menghilangkan kebutuhan untuk input manual.  

3. Fleksibilitas dan Adaptabillitas  

Integrasi dengan sistem API memberikan bisnis fleksibilitas untuk mengadaptasi perubahan kebutuhan bisnis.  

Mep 1 Open Ecosystems

Salah satu platform lain yang terintegrasi dengan McEasy adalah Accurate, platform akuntansi terkemuka. Integrasi ini memudahkan industri logistik maupun pengiriman barang dalam menjalankan operasional, khususnya meningkatkan sinkronisasi proses, transparansi, mendapatkan informasi real-time, hingga meningkatkan pergerakan arus kas. 

Keunggulan McEasy Lainnya 

1. Gunakan Layanan Hosting Terkemuka 

McEasy memastikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi Amazon Web Service (AWS) dan Microsoft Azure sebagai database hosting untuk mengoptimalkan kinerja sistem, memastikan keandalan, dan memberikan kecepatan akses yang optimal. Amazon Web Service (AWS) sendiri dikenal sebagai provider cloud nomor satu di dunia dan terbaik dikelasnya yang mampu melindungi data dari risiko cybercrime.  

2. Terverifikasi ISO 27001:2022 

Selain itu, yang menjadi nilai tambahnya adalah McEasy telah terverifikasi ISO 27001:2022. Sertifikasi ISO/IEC 27001 merupakan standar sertifikasi terbaik di dunia untuk sistem manajemen keamanan informasi. 

Dengan terkoneksi server pemerintah beserta Open API Ecosystem, kombinasi IoT yang canggih, gunakan teknologi hosting terbaik, dan terverifikasi ISO 27001:2022, McEasy memberikan solusi yang lengkap untuk keamanan dan konektivitas. Dalam menjawab tantangan perusahaan dalam melindungi data perusahaan, McEasy bukan hanya solusi terdepan, tetapi juga menjadi mitra yang membantu perusahaan untuk beradaptasi dan berkembang.

Ajukan demo sekarang untuk melihat langsung bagaimana McEasy dapat melindungi data perusahaan dan pelanggan Anda. Kunjungi https://www.mceasy.com/demo/menu/

Tulisan Terkait

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat...