10 Tips Menghemat BBM Kendaraan

oleh | 23 Apr 2022 | Manajemen Armada

Konflik antara Rusia – Ukraina menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harga BBM di dunia melambung tinggi. Pun pada sebelum sebelumnya harga BBM terus naik diakibatkan oleh belum ditemukannya sumur minyak yang baru di kawasan Indonesia, sehingga negara kita mengimpor kebutuhan minyak dalam negeri.

Kebutuhan BBM di dalam negeri pun tidak sebanding dengan produksi pengolahan minyak di dalam negeri. Akibatnya adalah harga minyak di Indonesia melonjak tinggi, serta dihapuskannya BBM bersubsidi. Untuk mengatasi itu semua tim dari Mc Easy akan memberikanmu tips dan trik bagaimana caranya kamu dapat menghemat BBM pada kendaraanmu.

1. Atur perjalanan seefisien mungkin

Kamu tau ga jika saat mobil dalam keadaan parkir dalam beberapa jam, mesin pada mobil akan menjadi dingin dan untuk menjadikannya panas lagi dibutuhkan bahan bakar yang lebih. Jika kamu pada hari tersebut harus mengunjungi beberapa tujuan bayangkan berapa liter BBM yang habis.

Oleh karena itu jika dalam satu hari kamu memiliki beberapa tujuan dan hanya berkendara seorang diri alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan fasilitas umum, seperti angkutan umum, busway maupun KRL dengan melakukan hal tersebut selain kamu dapat menghemat BBM kamu juga turut mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya serta dapat mengurangi efek rumah kaca yang disebabkan oleh polusi.

Namun apabila kamu tetap harus berkendara, untuk meningkatkan efisiensi perjalanan, kamu dapat gunakan fitur route optimization yang ada di aplikasi seperti Transportation Management System (TMS) dari McEasy.

2. Hindari berkendara pada saat jam sibuk

Dengan berkendara pada jam-jam sibuk akan membuat BBM pada kendaraan terbuang sia-sia karena harus berkutat dengan kemacetan.

Selain itu dari segi fisik kamu akan kelelahan karena berada di dalam mobil dalam jangka waktu yang lama serta dari segi psikis hal ini akan dapat memicu emosi serta stress dikarenakan menunggu kemacetan.

Oleh karena itu kamu dapat menghemat BBM dengan menggeser jam berkendara mu jika tidak adanya urgensi yaitu pada saat jam jam lengang. Ataupun kamu dapat menghemat BBM dengan menggunakan moda transportasi lain.

3. Jangan membuka jendela mobil terlalu lebar, atau bila perlu tutuplah

Dengan adanya angin yang masuk ke dalam mobil maka akan menimbulkan hambatan saat mobil melaju. Dengan hambatan tersebut maka BBM akan lebih boros.

Kamu dapat menghemat BBM dengan membuka jendela mobilnya sedikit saja jika udara luar terasa sejuk sambil menikmatinya, atau tutuplah jendela jika udara luar terasa panas dan gunakanlah AC secara bijak.

4. Jangan membawa beban yang berlebihan

Sama dengan kondisi badan manusia jika membawa beban berlebihan yang akan mengeluarkan energi yang banyak, begitu pula dengan kendaraan. Kendaraan pun akan mengkonsumsi BBM yang berlebih dari biasanya yang akan membuat boros.

Maka dari itu bawalah barang-barang yang hanya kamu perlukan di dalam kendaraan mu sehingga kendaraan kamu tidak membawa beban yang berlebih serta dapat melaju dengan seefisien mungkin menggunakan BBM.

5. Kurangi akselerasi

Dengan menjaga akselerasi dan mengatur kecepatan berkendara kamu dapat menghemat BBM. Idealnya kendaraan berjalan secara efisien pada kecepatan 80 km/jam, tetapi sekarang tidak dapat menjadi patokan lagi.

Sekarang pada kendaraan modern sudah hadir fitur indikasi ECO saat kamu berkendara, dengan adanya fitur ini kamu dapat menghemat BBM dengan selalu memantau cara berkendaramu apakah dapat menghemat bahan bakar ataupun sebaliknya.

Indikator ECO akan menyala jika kamu menekan gas secara lembut atau melaju dengan kecepatan yang konstan. Jika di kendaraanmu memiliki fitur ECO mode maka komputer yang berada pada kendaraan akan mengubah settingan mesin serta transmisi yang efisien untuk kendaraan.

6. Jangan menginjak pedal gas dalam-dalam

Bagi kamu yang sering menginjak gas terlalu dalam, baik mobil bertransmisi manual maupun otomatis akan membuat kendaraan menjadi boros.

Hal ini dikarenakan jika menginjak gas terlalu dalam akan membuat bahan bakar terlalu banyak berada di ruang bakar tetapi tidak akan efisien karena kecepatan tidak akan naik secara seketika melainkan secara bertahap.

Maka dari itu injaklah pedal gas secara bertahap lalu pindahkan gigi transmisi jika sudah pada waktunya untuk mobil bertransmisi manual, ataupun kamu dapat menghemat BBM dengan melihat indikator ECO juga dapat mengaktifkan fitur ECO mode agar kendaraanmu berjalan seefisien mungkin mengkonsumsi bahan bakar

7. Bijak dalam menggunakan AC

Meskipun fitur AC digunakan untuk kenyamanan saat menggunakan kendaraan tetapi juga dapat mengkonsumsi BBM lebih jika tidak digunakan secara bijak, apalagi di Indonesia yang beriklim tropis penggunaan AC tidak terelakkan.

Jika udara di luar sangat lah panas jangan atur langsung ke posisi yang sangat dingin, tetapi atur lah secara perlahan agar udara di dalam kabin kendaraan berangsur-angsur dingin.

Begitu pula jika udara luar terasa dingin atau kamu bepergian ke dataran tinggi kamu dapat menghemat BBM dengan membuka sedikit jendela kendaraanmu dan matikan AC selain untuk menghemat BBM juga dapat mensirkulasi udara yang berada di dalam kabin kendaraan supaya selalu tetap segar.

8. Tetap pada batas kecepatan yang telah ditentukan

Jangan sesekali kamu mengabaikan rambu yang telah ditetapkan oleh kepolisian negara Indonesia. Selain dapat menjagamu agar tetap selamat tetapi juga dapat membuat konsumsi BBM kendaraanmu juga lebih hemat.

Jika kamu memaksakan berkendara dengan batasan kecepatan maksimum selain BBM yang kamu konsumsi lebih boros tentunya kamu juga melanggar peraturan lalu lintas serta dapat membahayakan keselamatanmu.

9. Periksalah tekanan ban sebelum bepergian

Disaat sebelum kamu mengendarai kendaraan pastikan tekanan ban sesuai tidak kurang dan tidak berlebih. Jika tekanan ban kurang akan menambah beban pada mesin saat melakukan gerak akibatnya konsumsi BBM akan menjadi boros.

Akan tetapi jika kendaraanmu memiliki tekanan ban yang berlebih maka akan menimbulkan pecahnya ban dikarenakan tekanan angin pada ban akan memuai sebab adanya panas yang ditimbulkan karena gesekan ban dengan aspal. Maka dari itu periksa selalu tekanan ban anda ketika akan memulai perjalanan

10. Perhatikan konsumsi BBM saat membeli kendaraan

Perhatikanlah saat kamu membeli kendaraan, perbandingan konsumsi BBM merupakan suatu faktor yang penting. Dengan memilih kendaraan yang cocok dengan medan serta kondisi yang akan kamu hadapi tentunya akan berimbas dengan konsumsi BBM. Seperti masyarakat membeli mobil city car yang kecil serta irit BBM.

Dengan memilih kendaraan yang tepat kamu dapat menghemat BBM serta lebih fungsional untuk menemani kegiatan sehari-harimu

Itulah tips supaya konsumsi BBM pada kendaraan menjadi lebih hemat. Bagi kamu yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan transportasi dan logistik, McEasy memiliki layanan Transportation Management System (TMS) yang dapat memantau driver behavior, iFuel dengan sensor ultrasonic, hingga route optimization untuk meningkatkan efisiensi perjalanan serta bahan bakar.

Silahkan hubungi Tim McEasy untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tulisan Terkait