Armada Kendaraan Sendiri VS Outsourcing: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Fast Retail

oleh | 11 Okt 2022 | Manajemen Armada

Selama beberapa dekade, Walmart telah menjadi yang terdepan dalam penjualan retail AS. Salah satu faktor utama yang berkontribusi pada keberhasilannya adalah kontrol ketat atas logistik retailnya. Akibatnya, ia memiliki keunggulan yang nyaman atas para pesaingnya seperti Kroger, Costco atau Target karena keputusan mix armada yang menguntungkan.

Saat membuat keputusan campuran armada untuk last mile, bisnis retail menghadapi pertanyaan penting: Cara mana yang terbaik untuk bisnis retail? Armada kendaraan milik sendiri atau outsourcing? Mari langsung masuk untuk mencari jawaban atas pertanyaan penting ini.

Armada Kendaraan Sendiri vs. Outsourcing: Dilema untuk bisnis retail

35682C 007Ee8Db765D4Bfb8Fc61F55C9Ecab92 Mv2 3

Memiliki armada transportasi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman jarak jauh adalah proposisi yang dihindari banyak bisnis retail hingga pandemi COVID-19 melanda.

Di tengah pembatasan penguncian dan kekurangan pengemudi, banyak perusahaan bergantung sepenuhnya pada armada outsourcing selama masa kacau ini. Namun, tantangan seperti pengiriman tertunda, volatilitas dalam volume pengiriman, dan kurangnya fleksibilitas untuk skala pengiriman menyulitkan agen outsourcing untuk memenuhi pengiriman tepat waktu. Tantangan-tantangan ini membuat pengecer mempertimbangkan armada yang dimiliki untuk jarak tempuh terakhir mereka. Tapi ada kerugian dari pilihan ini juga.

Untuk memiliki armada, Anda memerlukan modal awal yang tinggi di sekitar infrastruktur, tenaga kerja, dan keuangan. Anda harus bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan barang, penundaan yang tidak terduga, atau pengiriman yang gagal. Bagian tersulit dalam menangani armada yang dimiliki adalah mengelola biaya dan kenyamanan pengiriman.

Bisnis retail yang membutuhkan armada internal dan outsourcing terbaik memilih model armada hibrida. Tetapi mengelola armada hibrida memiliki tantangannya sendiri, seperti menangani kemungkinan dan mengelola kekurangan kapasitas selama puncak musim.

Dengan volatilitas tak terduga dalam permintaan pelanggan dan kekurangan kapasitas, semakin sulit bagi bisnis untuk menemukan kombinasi armada yang optimal.

Faktor-faktor yang menentukan apakah bisnis retail harus memilih armada sendiri atau outsoucing

35682C 4731E67A3Aba4Eb58D3Fdf87B3436Ab5 Mv2 2

Menjadi bisnis retail, Anda mungkin telah mendengar banyak suara yang dibuat dari berbagai arah pada pertanyaan ini, dan kami memahami bahwa mungkin membingungkan: apakah akan memilih armada yang dimiliki atau outsourcing. Tapi jangan khawatir: Anda tidak sendirian.

Sebelum menyelesaikan pendekatan manajemen armada Anda, penting untuk memahami faktor-faktor yang menentukannya. Ini akan membantu menghindari kebingungan yang Anda hadapi saat membuat keputusan ini.

Volume pengiriman

Keputusan untuk memilih armada sendiri atau outsourcing tergantung pada volume pengiriman yang Anda tangani setiap hari.

Pertanyaan paling penting untuk ditanyakan adalah apakah Anda menangani volume pengiriman yang cukup yang dapat membuat sumber daya Anda tetap terlibat. Menjadi sangat mahal bagi bisnis Anda untuk merekrut dan mengelola pengemudi untuk shift kerja penuh, terutama ketika sebagian besar pengiriman dilakukan dalam kerangka waktu yang kecil, seringkali hanya dua jam dalam sehari. Untuk menjaga agar tim internal Anda tetap beroperasi pada kapasitas penuh, Anda memerlukan prediktabilitas yang akurat sesuai permintaan.

Anda dapat memilih armada kendaraan sendiri jika Anda memiliki volume pengiriman yang cukup mengalir sepanjang hari yang dapat melibatkan sumber daya Anda untuk waktu kerja yang lama. Selain itu, optimal untuk memilih armada outsourcing.

Ketersediaan modal dan tenaga kerja

35682C C51725F94B394536B7Fdb841B819Abf3 Mv2 3

Masalah utama yang mengganggu industri logistik global adalah kekurangan pengemudi. Sebuah survei memperkirakan bahwa akan ada kekurangan pengemudi sebanyak 97.000 pada tahun 2023. Angka ini diperkirakan akan naik ke angka yang mengejutkan yaitu 162.000 pada tahun 2030.

Ditambah dengan kenaikan biaya operasional, perekrutan, pelatihan, dan pengelolaan pengemudi menjadi hal yang sulit bagi bisnis. Untuk membangun armada in-house, diperlukan modal yang cukup untuk membeli atau menyewa kendaraan yang dibutuhkan. Juga, memegang modal yang cukup untuk mempekerjakan tenaga kerja yang diperlukan untuk memenuhi pengiriman Anda sama pentingnya.

Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk mengambil kendaraan dan tenaga kerja untuk melaksanakan tugas pengiriman harian Anda, memilih armada outsourcing disarankan karena memungkinkan Anda untuk fokus pada operasi bisnis lain dan membuat pengiriman Anda hemat biaya pada skala tertentu.

Rencana ekspansi untuk masa depan

Bisnis retail yang bersaing untuk basis pelanggan yang lebih besar ingin meningkatkan pengiriman mereka dengan cepat. Tetapi cukup menantang dan berisiko untuk memperluas pengiriman retail Anda ke beberapa lokasi secara bersamaan.

Saat menguji pasar baru untuk pengiriman Anda, lebih baik memanfaatkan layanan armada outsourcing. Ini membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi permintaan Anda, menghindari biaya tinggi, dan meminimalkan risiko dan pengeluaran modal di pasar baru tersebut.

Kesenjangan antara harga dan margin

35682C 2D256Adca1De421Ba052A2Dce85646F5 Mv2

Pengiriman last-mile adalah komponen rantai pasokan yang paling mahal, menyumbang 53% dari biayanya. Saat merencanakan untuk mengalihdayakan armada untuk logistik jarak jauh, penting untuk memperhitungkan kesenjangan antara harga dan margin.

Bayangkan ukuran keranjang pengiriman rata-rata Anda adalah $20. Anda tidak akan mendapatkan keuntungan jika Anda membayar $15 per tetes ke penyedia logistik pihak ketiga Anda. Penyedia layanan logistik pihak ketiga harus mempertahankan margin keuntungan dalam melakukan pengiriman. Ketika penyedia logistik meningkatkan margin keuntungan mereka, margin keuntungan Anda turun.

Jika kesenjangan antara harga dan margin tinggi, Anda dapat memilih armada outsourcing. Jika tidak, disarankan untuk bekerja dengan armada internal.

Persyaratan keselamatan dan peraturan

Faktor utama lain yang menentukan keputusan untuk memilih armada yang dimiliki atau dialihdayakan adalah persyaratan keselamatan dan peraturan, terutama untuk produk seperti pengiriman alkohol, farmasi, dan ganja, dan mereka yang terlibat dalam pengiriman sarung tangan putih . Karena produk ini memerlukan penanganan yang aman dan profesional, hanya armada internal yang dapat mengelolanya secara efektif.

Keamanan data

35682C E6F31D8B0B7841519B810E86C36Fb40B Mv2 2

Saat menggunakan armada outsourcing, mendapatkan informasi khusus pelanggan datang dengan opacity tertentu, yang menyulitkan untuk memberikan kupon dan diskon kepada pelanggan setia Anda.

Jika Anda ingin memanfaatkan, melindungi, dan memanfaatkan data pelanggan untuk pengiriman yang akan datang, maka bekerja dengan armada yang dimiliki adalah tepat.

Pengalaman pelanggan

35682C A52C4Caa37F748A69Ba868C1C2Fee11D Mv2 2

Bisnis retail sering mengabaikan aspek terpenting dari pengiriman jarak jauh – memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan . Jika Anda ingin menawarkan pengalaman pelanggan premium dan kontrol kualitas atas pengiriman, tidak mudah dengan layanan logistik pihak ketiga. Armada outsourcing terutama berfokus pada penyelesaian pengiriman tepat waktu dan tidak memberikan pengalaman pelanggan yang berkualitas. Mengingat bahwa driver ini tidak berada di bawah manajemen Anda, hanya ada sedikit ruang untuk melatih mereka untuk menawarkan pengalaman pengiriman yang berkualitas kepada pelanggan Anda.

Dengan armada yang dimiliki, cakupannya meningkat karena Anda dapat melatih pengemudi Anda untuk membangun hubungan pengemudi-pelanggan yang efektif di akhir perjalanan.

Biaya dan waktu pengiriman

35682C 64E290D7747A480A9478C45E8Affcfea Mv2 2

Apakah Anda bisnis retail kecil atau baru yang ingin bereksperimen dengan format pengiriman baru dalam jangka pendek? Jika jawaban Anda ya, lebih baik memilih armada outsourcing.

Armada outsourcing membuat pengiriman Anda lebih murah dalam jangka pendek. Namun, seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda harus mempertimbangkan biaya layanan dan biaya tersembunyi seperti komisi tambahan untuk jarak.

Jika Anda ingin memilih armada kendaraan sendiri, biasanya membutuhkan lebih banyak waktu, setidaknya berbulan-bulan untuk memulai operasi. Solusi logistik retail jarak jauh membantu Anda mengukur, menangani, dan mengelola operasi armada internal Anda. Tetapi biaya untuk manajemen armada in-house tergantung pada kebutuhan spesifik perusahaan.

Ketika bisnis Anda tumbuh di pasar baru setelah beberapa waktu, Anda mungkin memerlukan peningkatan skalabilitas dan fleksibilitas. Sulit untuk mempertahankan margin keuntungan secara konsisten saat Anda menggunakan armada outsourcing karena biaya tersembunyinya seperti komisi tambahan. Dalam keadaan seperti itu, disarankan untuk membangun armada in-house daripada melanjutkan dengan penyedia logistik pihak ketiga.

Dengan mengelola armada yang dimiliki, Anda dapat sepenuhnya mempertahankan keuntungan Anda. Selain itu, Anda dapat secara fleksibel menskalakan pengiriman Anda berdasarkan berbagai permintaan pelanggan.

Selama dekade terakhir, Walmart mulai beralih dari armada outsourcing ke in-house seiring dengan pertumbuhan bisnisnya. Saat ini, ia mempekerjakan sekitar 12.000 pengemudi untuk mengoperasikan armadanya. Ini adalah pertumbuhan bertahap untuk Walmart yang mengambil bagian dari waktu, tetapi pasti terbayar dengan baik. Sebuah laporan menyatakan bahwa Walmart adalah pengecer Amerika terkemuka yang telah menyumbang penjualan retail sekitar $ 460 miliar pada tahun 2021.

Bagaimana kombinasi armada kendaraan yang optimal untuk bisnis fast retail?

35682C 9D6039D436514E4Db497B639E0A2D7C1 Mv2

Seperti yang telah dibahas di bagian sebelumnya, armada kendaraan milik sendiri atau outsourcing memiliki kelebihan dan kekurangan. Keputusan untuk sepenuhnya menggunakan armada sendiri atau outsourcing berbeda-beda untuk setiap bisnis, dan tidak ada aturan praktis.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...