Cara Melakukan Pengelolaan Armada Berkelanjutan

oleh | 26 Agu 2022 | Manajemen Armada

Manajemen armada berkelanjutan, sesuai namanya, adalah tentang membuat manajemen armada Anda lebih berkelanjutan. Tetapi apakah istilah “berkelanjutan” agak terlalu subjektif?

Sebenarnya, tidak ada definisi pasti tentang “armada yang berkelanjutan”. Manajemen armada yang berkelanjutan mencakup keberlanjutan lingkungan armada, dalam hal emisi Co2 yang dihasilkan oleh armada, sementara juga mempertimbangkan “keberlanjutan finansial” atau kelangsungan hidup armada juga.

Dalam panduan ini kita akan melihat lebih dekat manajemen armada berkelanjutan, korelasi antara keberlanjutan armada lingkungan dan keuangan, dan juga melihat beberapa contoh dan solusi nyata yang dapat membantu Anda membuat armada Anda lebih berkelanjutan. Baik Anda adalah bisnis angkutan jalan atau logistik khusus, atau Anda memiliki armada sebagai bagian dari sayap distribusi bisnis Anda, panduan ini akan membantu menjawab beberapa pertanyaan dan memberikan tips yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat armada Anda sendiri lebih berkelanjutan:

  • Apa itu Pengelolaan Armada Berkelanjutan?
  • Mengapa Pengelolaan Armada Berkelanjutan Penting?
  • Mengapa Anda PERLU mempertimbangkan keberlanjutan armada Anda?
  • Mengapa Anda INGIN mempertimbangkan keberlanjutan armada Anda?
  • 3 Contoh Nyata Pengelolaan Armada Berkelanjutan
  • 5 Tips untuk strategi Manajemen Armada Berkelanjutan Anda

Apa itu Pengelolaan Armada Berkelanjutan?

Manajemen armada berkelanjutan adalah praktik pengoperasian armada dengan fokus dan perhatian khusus pada dampak lingkungan dan keuangan dari armada itu sendiri. Dalam pengertian kontemporer, manajemen armada yang berkelanjutan adalah tugas untuk menyeimbangkan dua tantangan bisnis ini untuk hasil moneter dan etika terbaik.

Selama beberapa dekade terakhir, kita menjadi lebih sadar akan dampak industrialisasi terhadap dunia. Untuk semua manfaat kemajuan teknologi, produksi massal, dan peningkatan standar hidup, kita belajar bahwa telah terjadi pertukaran dalam hal dampak pada dunia tempat kita tinggal. Menurut sebuah studi UE tentang transportasi darat, bertanggung jawab atas hampir seperempat dari semua gas rumah kaca di kota-kota. Dari sudut pandang ekologi dan etika, itu adalah sesuatu yang sekarang harus dihadapi oleh operator semua armada dengan memastikan armada yang lebih hijau. Itu berarti lebih sedikit emisi dan lebih sedikit dampak lingkungan.

35682C 6C57B63422F54C33B1E71E1Db548Cceb Mv2

Selama beberapa dekade terakhir, tantangan lain telah muncul bagi manajer armada dalam bentuk kenaikan biaya. Dengan konflik dan ketegangan regional di seluruh dunia yang terjadi selama beberapa dekade terakhir, dan baru-baru ini tantangan dengan rantai pasokan dan inflasi yang meningkat, harga minyak dan gas menjadi semakin tidak dapat diprediksi. Menurut FreightWaves, biaya terbesar kedua untuk mengoperasikan truk adalah bahan bakar, terhitung 21% dari total biaya operasi (meskipun angka itu kemungkinan akan lebih tinggi pada saat penulisan dan tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti).

Hal utama yang harus dipahami adalah bahwa mengurangi biaya operasional dan membuat armada lebih berkelanjutan bukanlah hal yang eksklusif. Bahkan, mereka berkorelasi langsung!

Mengapa Pengelolaan Armada Berkelanjutan Penting?

Sederhananya:

Semakin sedikit bahan bakar dan sumber daya yang digunakan armada Anda untuk menyelesaikan rute, semakin sedikit biaya bisnis Anda secara finansial (mengurangi tagihan bahan bakar, mengurangi keausan pada armada, lebih sedikit perbaikan, dll.).

Semakin sedikit bahan bakar dan sumber daya yang digunakan armada Anda untuk menyelesaikan rute, semakin sedikit emisi Co2 dan NoX yang dihasilkan dan semakin sedikit biaya lingkungan.

Yang benar adalah, kelangsungan hidup bisnis transportasi Anda atau operasi pengiriman in-house bergantung pada bagaimana Anda membuat armada Anda “berkelanjutan”.

Masa depan planet dan kesehatan kita yang tersisa untuk hidup di atasnya sama-sama bergantung pada keberlanjutan armada.

Dengan mencapai armada yang berkelanjutan, Anda memastikan bahwa bisnis dan anak-anak Anda bertahan lama di masa depan.

Mengapa Anda PERLU mempertimbangkan keberlanjutan armada Anda

Dalam perlombaan menuju profitabilitas, mungkin ada kecenderungan untuk mengabaikan keberlanjutan sebagai sesuatu yang akan Anda capai di beberapa titik. Itu tidak akan memotongnya lagi.

35682C 7Cf9E7Fa16104F8B9F72A31A429Dc821 Mv2

Sebagai bagian dari kebijakan keberlanjutan pemerintah, transportasi dan logistik berada tepat di garis depan. Di Inggris, mereka telah menetapkan target ambisius nol emisi pada tahun 2050. Di AS, Badan Perlindungan Lingkungan telah mengusulkan aturan yang akan menetapkan standar baru yang lebih ketat untuk mengurangi polusi dari kendaraan dan mesin tugas berat mulai model tahun 2027 Kemungkinan kegagalan untuk mematuhi pedoman ini akan mengakibatkan denda bagi pemilik dan operator armada.

Jangan ragu tentang itu; manajer armada akan diwajibkan oleh hukum untuk memenuhi target keberlanjutan yang dipaksakan atau menghadapi konsekuensinya.

Mengapa Anda INGIN mempertimbangkan keberlanjutan armada Anda

Meskipun mudah untuk melihat peraturan dan target di atas sebagai masalah lain untuk bisnis Anda, ini sebenarnya bisa menjadi peluang untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Di sisi lain denda yang dikenakan untuk kinerja lingkungan yang buruk, kemungkinan juga akan ada peningkatan insentif keuangan bagi mereka yang secara proaktif berupaya membuat armada mereka lebih berkelanjutan. Di Amerika Serikat saat ini, ada sejumlah program yang mendukung manajer armada melakukan transisi hijau:

  • Program Carl Moyer di California
  • Kepercayaan Mitigasi Lingkungan VW secara nasional
  • Program Undang-Undang Pengurangan Emisi Diesel (DERA) melalui Badan Perlindungan Lingkungan AS
35682C 11B727Da8C7B45D4B8E3Edc55Bd03D57 Mv2

Semua program ini menyediakan pendanaan dengan tujuan untuk berinvestasi dalam teknologi yang lebih bersih. Dengan tinjauan ke masa depan akan peraturan yang lebih ketat, sekaranglah saatnya untuk mempertimbangkan beberapa program ini untuk mengimbangi biaya membawa armada Anda sesuai dengan standar dalam waktu dekat dengan biaya yang lebih besar.

Disadari atau tidak, armada bertenaga diesel tradisional sebenarnya dapat menghabiskan uang bisnis Anda saat ini. Kunci manajemen armada yang berkelanjutan adalah transisi dengan kecepatan yang membantu, bukan menghambat bisnis Anda. Perubahan kecil sebenarnya bisa membuat perbedaan besar.

Misalnya, sebagian besar armada diesel di AS dapat beralih dari diesel ke biodiesel dengan sedikit atau tanpa modifikasi pada kendaraan dan mengurangi emisi hingga lebih dari 85% dibandingkan dengan diesel. Sementara biaya biodiesel telah meningkat secara signifikan selama setahun terakhir dan sekarang melampaui diesel tradisional (menjual sekitar 20% lebih banyak per galon). Namun, dengan Kredit Pajak Cukai Campuran Biodiesel, beberapa perusahaan transportasi mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif pajak sebesar $1,00 per galon biodiesel murni. Ini, pada dasarnya, memungkinkan Anda untuk menghijaukan armada Anda sambil juga menghemat biaya operasional untuk bisnis Anda.

Terakhir, jika kewajiban moral untuk membawa armada Anda sesuai dengan standar keberlanjutan tidak ada, mungkin pelanggan Anda akan melakukannya. Menurut survei terbaru oleh IBM, 71% Konsumen AS Menginginkan Perusahaan yang ‘Bertanggung Jawab Sosial’. Dengan dapat menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda berupaya mengurangi dampak lingkungan Anda, kemungkinan besar Anda akan melihat hasil di garis bawah Anda.

Kunci dari keinginan untuk memindahkan armada Anda ke arah yang berkelanjutan seharusnya tidak menjadi reaksi terhadap penegakan peraturan, melainkan transisi alami yang memberikan peluang untuk membuktikan masa depan dan meningkatkan skala bisnis Anda.

Contoh Nyata Pengelolaan Armada Berkelanjutan

Kami terus mengamati perkembangan armada menjadi aset bisnis yang lebih berkelanjutan, jadi kami memilih beberapa inovasi favorit kami di bawah ini:

JLE Industries dan Remora Carbon

35682C 6B31B9385766459E9F342572B20Fcc55 Mv2

Remora Carbon adalah perusahaan rintisan yang berbasis di AS yang menggunakan perangkat yang terpasang di bagian belakang semi-truk yang menangkap semua karbon yang dipancarkan oleh kendaraan selama transit. Hal ini tidak saja mengurangi emisi C02 sebesar 80%, tetapi karbon itu juga didaur ulang untuk keperluan industri dalam bahan bangunan.

Dengan membagi keuntungan dari penjualan karbon yang ditangkap, JLE tidak hanya membuat armada mereka lebih berkelanjutan, tetapi juga berhasil memonetisasi transisi dan membuat bisnis mereka lebih menguntungkan sebagai hasilnya.

Deliver-It dan SmartRoutes

35682C 3F6E5F22Eb3D4411B886F01Edec804C4 Mv2

SmartRoutes adalah solusi perencanaan dan pengoptimalan rute pengiriman yang terbukti mengurangi jarak yang ditempuh oleh armada hingga 33%.

Idenya sederhana;

lebih sedikit jarak yang ditempuh berarti lebih sedikit emisi dan lebih sedikit biaya untuk bisnis Anda.

Dalam studi percontohan dengan kurir jarak jauh Irlandia, Deliver-It, SmartRoutes menghitung bahwa solusi tersebut mengurangi jarak tempuh mereka sebesar 24.000 selama setahun, menghasilkan 4,12 ton lebih sedikit emisi yang memasuki atmosfer. Ceri di atas adalah penghematan € 5.000 untuk bahan bakar saja sepanjang tahun.

Program FuelSense Fedex

35682C A508Ce32C2D94Fc0A974F2F8B46A4334 Mv2

Terlepas dari apakah Anda memiliki armada satu atau seratus ribu, ada hasil yang tersedia dalam mengejar keberlanjutan.

Menurut Wakil Presiden Senior Operasi Darat Eropa di Fedex, Trevor Hoyle, kepatuhan yang ketat terhadap prinsip-prinsip Pengurangan, Penggantian, dan Revolusi (TheThree Rs), pada tahun fiskal TA18, membuat organisasi tersebut menghemat lebih dari 204 juta galon bahan bakar dan menghindari emisi lebih dari 1,97 juta metrik ton emisi CO2. Dalam kurun waktu sepuluh tahun sebelumnya, intensitas emisi CO2 mereka juga mengalami penurunan sebesar 37%.

Terlepas dari skala bisnis Anda sendiri, diperlukan sedikit lebih dari sekadar perubahan pikiran untuk mempertimbangkan 3 Rs yang diuraikan di atas dan hasilnya dapat diperkuat oleh tim PR Anda dengan efek yang luar biasa.

5 Tips untuk strategi Manajemen Armada Berkelanjutan Anda

Setelah Anda mengetahui apa itu manajemen armada berkelanjutan dan telah melihat beberapa contoh penerapannya, Anda mungkin ingin mulai membuat armada Anda sendiri lebih berkelanjutan. Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa kiat untuk Anda mulai:

Pertimbangkan pemeliharaan preventif

35682C 5276662Be22040F996E93C1165305Dbe Mv2

Memastikan bahwa kendaraan layak jalan dan aman bagi pengemudi adalah pertimbangan pertama bagi semua manajer armada. Bahkan, ini dapat menghabiskan sebanyak 70% dari waktu seorang manajer. Dalam mempertahankan armada dengan standar tertinggi, operator sering kali membuat armada mereka lebih ekonomis dan efisien lingkungan. Ambil yang berikut ini untuk menjadi komponen pemeliharaan:

  • Mengganti oli mesin
  • Membersihkan filter polusi
  • Pendingin mesin segar
  • Keselarasan Roda
  • Pemeliharaan Kompresor Udara
  • Tekanan Ban yang Benar
  • Menghapus Kesalahan Diagnostik
  • Mengganti filter bahan bakar secara berkala
  • Pembilasan AC
  • Perangkat Aerodinamis

Semua ini adalah prosedur yang cukup standar untuk operator armada mana pun, tetapi menangani semuanya telah terbukti mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 30% hingga 50%, menurut Laporan Keyakinan Efisiensi Truk (NACFE).

Ingat, armada yang berkelanjutan adalah armada yang terpelihara dengan baik!

Lakukan digitalisasi

35682C 64E920E841554965Bf8D8A5Fe84E211E Mv2

Bagi banyak orang di industri transportasi jalan dan logistik, manfaat teknologi yang banyak digembar-gemborkan telah membuat hidup lebih sulit dalam beberapa keadaan. Perbaikan dan perawatan menjadi lebih kompleks dengan banyaknya komponen elektronik yang sulit didiagnosis dan sulit diperbaiki oleh mekanik.

Namun, tidak seperti produsen, tujuan utama penyedia solusi adalah mempermudah operator armada dan membantu mereka melihat hasilnya. Solusi seperti perangkat lunak pengoptimalan rute SmartRoutes dapat diimplementasikan dalam hitungan menit dengan dukungan minimal dari tim. Keunggulan dari solusi Saas (Software-as-a-Service) seperti ini adalah bahwa solusi tersebut dihosting di web (artinya tidak ada instalasi atau pemeliharaan) dan memerlukan sedikit atau tanpa masukan manusia untuk mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 33%.

Sedikit lebih dari satu dekade yang lalu, banyak dari kita akan menolak keras gagasan menggunakan sesuatu seperti Facebook untuk mengoordinasikan begitu banyak kehidupan kita, tetapi tidak ada keraguan kenyamanannya dan betapa lebih mudahnya komunikasi. Teknologi armada yang berkelanjutan, seperti perencana rute, dengan cara yang sama memungkinkan Anda untuk tetap terdepan dalam persaingan dan meningkatkan skala bisnis Anda sendiri dengan sedikit keributan.

Sosiali kepada pengemudi

35682C 61B1C6A20E4C49Bc87353B26D96A29Dd Mv2 1

Tidak ada jalan keluar dari fakta bahwa armada Anda dalam kondisi terbaiknya saat di jalan dan menghasilkan uang untuk Anda. Tapi itu juga di mana Anda memiliki kendali paling sedikit atas hal itu.

Anda menaruh banyak kepercayaan pada tim pengemudi Anda ketika mereka meninggalkan halaman di pagi hari dengan armada Anda.

Anda tahu itu dan mereka tahu itu.

Membantu pengemudi untuk memahami bahwa perilaku mereka di jalan berdampak pada keuntungan perusahaan, reputasi dan pada akhirnya lingkungan juga merupakan langkah penting dalam keberlanjutan armada. Suite telematika modern seperti Webfleet dapat membantu memberikan pengawasan terhadap perilaku pengemudi seperti akselerasi, pengereman yang keras dan menikung, dan perubahan gigi yang lamban semuanya dapat menghasilkan peningkatan konsumsi bahan bakar yang besar dari waktu ke waktu. Ini bahkan sebelum kita berbicara tentang keausan pada kendaraan dan keselamatan pengemudi Anda dan pengguna jalan lainnya.

Meskipun mungkin mudah untuk membuat penjahat keluar dari pengemudi seperti itu, mereka seringkali tidak menyadari konsekuensi dari perilaku mengemudi mereka untuk bisnis dan dunia tempat mereka tinggal. Dengan menganalisis data pengemudi dan terlibat dengan pengemudi, Anda hampir selalu akan melihat lebih baik hasil untuk keuntungan bisnis Anda.

Audit armada secara teratur

35682C 200F636806004Fa986334E53Feb10265 Mv2

Jika Anda menunda mengganti kendaraan yang lebih tua di armada karena alasan keuangan, mungkin sudah waktunya untuk melihat lebih dekat.

Pabrikan truk terkemuka di Eropa, Scania, telah mengumumkan bahwa pembaruan terbaru pada powertrain truk mereka, seperti gearbox baru dan berbagai as roda belakang yang digerakkan telah menghasilkan penghematan bahan bakar delapan persen atau lebih.

Dengan biaya bahan bakar saat ini, itu banyak uang.

Sekarang pertimbangkan bahwa ini adalah perbedaan antara 2 generasi terbaru mesin Scania V8 dan penghematan bahan bakar yang mungkin dihadirkan truk baru selama 5-10 tahun yang lalu sangat mencolok.

Meningkatkan armada dapat menjadi keputusan bisnis yang besar, tetapi ini adalah salah satu yang harus diinformasikan oleh data yang Anda miliki dan pada akhirnya yang mudah berdasarkan penghematan biaya yang terkait dengan kendaraan baru.

Teliti dukungan apa yang tersedia untuk transisi ke manajemen armada hijau

Seperti yang kita lihat sebelumnya dalam panduan ini, ada sejumlah program di AS yang mendukung perpindahan ke armada yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Jika Anda berada di negara lain, kemungkinan ada insentif yang menunggu Anda untuk melakukan perubahan juga yang mungkin tidak Anda ketahui.

35682C 017B19Bfed35420195471863Ecc7034A Mv2

Misalnya, pada tahun 2021, pemerintah Inggris mengumumkan peningkatan dana sebesar £20 juta yang mencakup dana yang dialokasikan untuk uji coba dan demonstrasi 20 truk DAF baterai-listrik oleh Leyland Trucks. Dengan pemerintah yang menandatangani target iklim yang ambisius, kebutuhan untuk mendukung sektor logistik mendorong dukungan moneter yang tersedia bagi pemilik armada.

Seperti yang telah kami sebutkan, disarankan agar Anda mengejar dukungan ini sekarang sebelum Anda membayar sendiri untuk membawa armada Anda ke standar yang diperlukan dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Sekarang saatnya membuat armada Anda lebih berkelanjutan.

Pendekatan proaktif terhadap keberlanjutan terbukti membayar sendiri berkali-kali lipat dan peluang untuk mencapai armada seperti itu tidak terbatas pada saat ini. Dengan kebutuhan untuk melakukannya di tahun-tahun mendatang, ini adalah sesuatu yang semua operator harus lakukan sekarang sebelum terburu-buru yang tak terhindarkan untuk melakukannya menghasilkan lebih banyak permintaan dan biaya terkait yang lebih tinggi.

Kami tidak mengatakan bahwa manajer armada harus menghentikan semua yang mereka lakukan saat ini dan mencurahkan setiap menit untuk keberlanjutan, tetapi itu pasti harus mengalokasikan waktu untuk itu secara teratur.

Jika Anda berpikir untuk mencoba membuat armada Anda lebih berkelanjutan dan Anda bertanya-tanya harus mulai dari mana, jangan ragu untuk memesan panggilan konsultasi gratis dengan salah satu tim McEasy. Kami ahli dalam membantu bisnis transportasi untuk tumbuh dan berkembang sekaligus mengurangi jejak karbon Anda. Kami senang membantu dan berkembang dalam memberikan hasil yang nyata dan dapat diverifikasi.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...