Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Fleet Management yang Baik?

oleh | 2 Des 2022 | Manajemen Armada

Saat memilih di antara berbagai sistem fleet management, Anda perlu mengetahui kebutuhan bisnis Anda untuk melihat hasil yang terbaik

Jika Anda seorang manajer (fleet manager) armada atau pemilik bisnis yang ingin meningkatkan armada dan membawa bisnis Anda ke level berikutnya, maka aplikasi fleet management adalah solusi yang tepat.

Aplikasi fleet management yang andal memberi pengguna akses ke informasi mengenai kinerja armada mereka (misalnya biaya bahan bakar, perilaku pengemudi, perawatan armada) sehingga mereka dapat melihat area mana yang perlu ditingkatkan.

Jika Anda bertanya pada diri sendiri “bagaimana cara memilih aplikasi fleet management untuk bisnis saya?” Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskannya.

Tapi pertama-tama! Mari masuk ke jenis fleet management dan mengapa itu sangat penting.

Jenis fleet management

Fleet management dapat dijalankan oleh operasional (internal perusahaan) atau oleh perusahaan fleet management (pihak ketiga). Biasanya perusahaan fleet management menawarkan berbagai layanan seperti:

  1. Manajemen bahan bakar
  2. Akuisisi
  3. Layanan pemeliharaan
  4. Program keselamatan
  5. Manajemen rantai persediaan
  6. Penyewaan kendaraan
  7. Memperoleh kendaraan dan pemasaran ulang

Mengapa aplikasi fleet management penting?

35682C 5Cb920236A7A46Fdb845E4D8Da880826 Mv2 2


Jika Anda mengelola 5 atau 500 armada kendaraan maka Anda akan tahu betapa sulitnya untuk memastikan semua operasi berjalan efisien. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan tidak memiliki alat yang tepat dapat merugikan pertumbuhan bisnis pengiriman Anda.

Solusi fleet management dapat membuat seluruh proses operasional menjadi lebih mudah dan efisien. Teknologi tersebut memiliki kemampuan untuk mengkoordinasikan kegiatan pengelolaan armada dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan.

Menggunakan solusi manajemen armada adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan masalah seperti paket yang hilang atau hilang, delay yang lama, dan waktu pengiriman yang tidak akurat. Dengan mengakses data setiap pengiriman, Anda dapat melakukan peningkatan dan menyelesaikan masalah lebih cepat sehingga pelanggan menjadi senang.

Bagaimana memilih aplikasi fleet management terbaik?

Saat memilih di antara berbagai sistem fleet management, Anda perlu mengetahui kebutuhan bisnis Anda untuk melihat hasil yang terbaik.

Melakukan riset memungkinkan Anda untuk membandingkan berbagai jenis aplikasi fleet management dan melihat apa yang paling cocok untuk Anda. Pastikan Anda melihat ulasan pelanggan untuk mengetahui apakah mereka senang dengan pengalaman mereka dan apakah produknya berkualitas.

Aspek lain yang perlu diwaspadai adalah fitur-fitur yang dapat disediakan. Tergantung pada ukuran armada Anda, GPS tracker, route plan, route optimization, dan bukti pengiriman adalah beberapa fitur yang harus Anda cari dalam aplikasi.

Melacak lokasi pengemudi secara real time, membuat rute dalam hitungan menit, dan mengakses bukti pengiriman digital dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis Anda dan memenuhi harapan pelanggan.

Lacak armada kendaraan dengan TMS McEasy

Mengelola operasional armada tidak pernah semudah ini dibandingkan dengan TMS McEasy, aplikasi manajemen lapangan dan armada lengkap yang dapat menghemat waktu dan uang bisnis Anda.

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30 Mv2

TMS McEasy mengurangi beban manajer armada dengan mengotomatiskan seluruh proses pengiriman dari awal hingga akhir sehingga mereka dapat memantau perawatan kendaraan, konsumsi bahan bakar, dan memastikan seluruh armada kendaraan beroperasi secara efisien.

Jadwalkan demo dan lihat mengapa McEasy adalah solusi aplikasi fleet management yang tepat untuk bisnis Anda.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...