Hal Apa Saja yang Menyebabkan Fleet Management System Berjalan dengan Baik?

oleh | 1 Des 2022 | Manajemen Armada

Artikel ini akan menampilkan komponen kunci dari apa yang membuat fleet management system yang baik dan fitur yang harus Anda perhatikan

Fleet management system yang baik dipengaruhi oleh solusi dan fleksibel untuk menyelesaikan masalah apa pun dalam armada Anda. Jika Anda mengelola armada Anda sendiri yang terdiri dari 5 atau 500 kendaraan, maka aplikasi fleet management yang tangguh dapat mengurangi beban dan menjaga operasional tetap berjalan dengan lancar.

Artikel ini akan menampilkan komponen kunci dari apa yang membuat fleet management system yang baik dan fitur yang harus Anda perhatikan.

Komponen utama fleet management

35682C C45D5Afc65Ae4917Ab80Fb54558Cdc16 Mv2

Pemeliharaan kendaraan atau fleet maintenance

Perawatan kendaraan sangat penting dalam hal fleet management. Menyelenggarakan pemeriksaan perawatan rutin adalah cara yang bagus untuk memastikan keamanan kendaraan dan menghindari perbaikan besar, kerusakan, dan waktu henti yang tidak perlu.

Anda juga harus memantau riwayat perbaikan dan jarak tempuh kendaraan sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan Anda.

Analisis data

Analisis data adalah salah satu aspek terpenting dari fleet management. Perangkat lunak fleet management yang andal menawarkan informasi terperinci mengenai kendaraan Anda sehingga Anda dapat melihat di mana perbaikan perlu dilakukan.

Ini dapat membantu meningkatkan manajemen bahan bakar dan efisiensi armada Anda.

35682C 951F9B2E6Be140D8Af0Ac5968446F9A8 Mv2

Manajemen pengemudi

Melacak pengemudi Anda sepanjang hari juga merupakan bagian penting dari fleet management. Dengan begitu Anda dapat memberikan pelatihan tambahan bagi pengemudi yang memiliki riwayat mengemudi berbahaya, meningkatkan keselamatan kendaraan karyawan dan perusahaan.

Akuisisi kendaraan

Akuisisi kendaraan adalah metode untuk mendapatkan kendaraan untuk armada Anda. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti jumlah dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

Anda juga harus mempertimbangkan ide sewa kendaraan sebagai lawan kepemilikan, serta memilih platform fleet management yang memberikan layanan berkualitas dengan harga yang tepat!

Fitur apa yang harus ada dalam aplikasi fleet management?

Agar armada Anda mendapatkan hasil maksimal dari perangkat lunak yang dipilih, Anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki fitur berikut:

35682C 18448603E32F4F2Cbd095Bb00Cc7Ad3B Mv2

Pelacakan kendaraan atau fleet tracking

Salah satu fitur paling berharga yang harus ditawarkan oleh perangkat lunak fleet management adalah pelacakan kendaraan gps. Ini sangat penting untuk melacak driver, inventaris, dan aset Anda.

Dengan pelacakan GPS, Anda dapat mengakses lokasi langsung pengemudi Anda dan bahkan mengirim tautan pelacakan langsung ke pelanggan Anda sehingga mereka dapat melihat

Peringatan dan pemberitahuan secara real-time

Peringatan waktu nyata sangat penting jika terjadi masalah selama pengiriman. Menerima pemberitahuan dan peringatan akan memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah dengan segera tanpa mengganggu jadwal pengemudi Anda. Dengan begitu armada Anda dapat beroperasi dengan lancar sepanjang hari.

Pelacakan perilaku pengemudi

Mengakses laporan perilaku pengemudi adalah cara yang bagus untuk mengetahui dengan tepat apa yang terjadi sepanjang hari dan bagaimana kendaraan Anda digunakan.

Perangkat lunak ini melacak dan membuat laporan dan data untuk menyoroti perilaku pengemudi apakah itu pengereman mendadak, akselerasi kecepatan, dan tikungan tajam (cornering). Ini semua dapat menyebabkan keausan pada kendaraan perusahaan dan pemborosan konsumsi bahan bakar.

Anda dapat menggunakan data ini untuk fokus pada peningkatan bisnis Anda dan memberikan pelatihan tambahan kepada karyawan tertentu untuk meningkatkan keselamatan pengemudi secara keseluruhan.

Bukti pengiriman

Aplikasi fleet management yang baik harus memberi pengguna akses ke bukti pengiriman elektronik sehingga mereka dapat mengetahui dengan tepat di mana dan kapan pesanan telah dikirimkan.

Jika masalah muncul, Anda dapat meminimalkan perselisihan pelanggan karena memiliki bukti yang jelas tentang status pengiriman barang dan tanda tangan elektronik pelanggan.

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 3

Optimalisasi rute

Optimalisasi rute sangat penting untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengalokasikan rute yang paling efisien ke pengemudi Anda. Fitur ini membuat rute ini untuk Anda dalam hitungan menit, dengan mempertimbangkan jadwal pengemudi, jenis pengiriman, jumlah pemberhentian, kapasitas kendaraan, dan banyak lagi lainnya!

Bagaimana cara memilih perangkat lunak fleet management yang baik?

Saat memilih aplikasi fleet management untuk bisnis Anda, Anda perlu mempertimbangkan semua opsi dan melakukan riset sebelum sampai pada keputusan akhir. Jika Anda sudah memiliki aplikasi manajemen inventaris maka Anda ingin mencari aplikasi yang terintegrasi dengan baik dengan aplikasi lain seperti manajemen inventaris.

Indikator bagus dari aplikasi fleet management yang baik adalah fitur yang disediakan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika sebuah aplikasi lebih murah daripada kompetitornya, maka mungkin terdapat kekurangan pada fitur yang Anda butuhkan. Jadi, daripada memilih opsi termurah, disarankan agar Anda menginvestasikan uang Anda dengan bijak.

Ada sejumlah masalah yang dapat muncul jika ada dukungan pelanggan yang buruk atau ketidakmampuan untuk melacak driver Anda secara real time. Pengiriman yang gagal dan pelanggan yang tidak puas adalah hasil yang dapat memengaruhi reputasi dan profitabilitas bisnis Anda.

Memeriksa ulasan pelanggan adalah cara lain untuk melihat kualitas produk yang Anda cari. Jika ada beberapa ulasan negatif maka sah-sah saja untuk berasumsi bahwa aplikasi tesebut bukan untuk bisnis Anda.

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30 Mv2 1

Aplikasi fleet management terbaik

Jika Anda seorang manajer armada maka menjaga armada Anda tidak pernah semudah ini dibandingkan dengan menggunakan TMS McEasy. TMS McEasy adalah solusi aplikasi fleet management yang menawarkan perencanaan rute yang dioptimalkan, mengelola pemesanan Anda, menawarkan real-time tracking, melacak perilaku pengemudi, dan membantu mengelola biaya bahan bakar.

Hubungi tim sales kami dan mulai tingkatkan operasional armada Anda hari ini!

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...