News Update: McEasy Raih Pendanaan Seri A Total Menjadi 178 Miliar

Ingin Kondisi Kendaraan Tetap Terjaga? Serahkan Pada VSMS Saja!

oleh | 15 Des 2021 | Manajemen Armada

Setiap pemilik kendaraan pasti menghendaki mesin kendaraannya selalu dalam kondisi prima. Namun, kita tahu bahwa setiap kendaraan memiliki yang namanya umur pakai mesin (car life span).

Seberapa lama umur pakainya akan bergantung pada model, jenis, atau merk dari masing-masing kendaraan tersebut.

Kali ini McEasy tidak akan membahas bagaimana cara memilih kendaraan dengan umur pakai mesin terlama, melainkan membagikan hacks cara mengoptimalkan penggunaan kendaraan dengan bantuan VSMS dari McEasy. Better to check it out!

Fitur Pengingat Layaknya Asisten Pribadi

Ad4A9C A7686Ee654D74517A2Fb39F3Fca35414 Mv2 1

Baik kendaraan pribadi maupun kendaraan operasional perusahaan, keduanya sama-sama membutuhkan rutinitas cek mesin secara berkala. Performa mesin sebuah kendaraan tidak hanya menentukan seberapa efektif dan efisien dalam penggunannya, tetapi juga merupakan faktor utama yang memengaruhi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Gangguan-gangguan teknis umum yang sering kali terjadi pada kendaraan antara lain suara mendesis pada mesin, roda kemudi terasa longgar, volume gas buangan yang terlalu banyak, hingga ban yang dibiarkan aus.

Kondisi di atas bisa dipicu oleh beberapa macam hal, contohnya seperti kurangnya pemahaman pemilik dalam membaca lampu indikator, pengisian bahan bakar dan oli yang keliru, atau sesepela sang pemilik memang jarang melakukan pemeriksaan mesin rutin.

Nah, faktor terakhir inilah yang paling sering terjadi. Biasanya, pemilik mengaku lupa membawa kendarannya ke tempat servis. Apabila kendaraan tersebut merupakan milik pribadi, momen ketika disodori tagihan servis yang membludak mungkin bisa menjadi pelajaran bagi sang pemilik agar tidak teledor.

Namun, lain halnya jika Anda pemilik bisnis dengan asset kendaraan, seperti logistik, penyewaan mobil, atau penyedia jasa transportasi. Kalay semua kendaraan mengalami gangguan yang sama, percayalah Anda tidak akan mau membayangkan berapa total kerugiannya.

Oleh karena itu lah, VSMS (Vehicle Smart Management System) dari McEasy hadir sebagai solusi untuk Anda. Teknologi berbasis GPS Tracker dan Artificial Intelligent ini memiliki fitur unggulan bernama Maintenance Scheduler.

Sekilas nampak sepele, tetapi buat Anda yang selalu disibukkan dengan berbagai urusan, punya ‘asisten pribadi’ yang mampu memperkirakan secara tepat kapan waktunya servis kendaraan serta mengingatkan Anda akan sangat membantu.

Notifikasi pengingat akan langsung dikirimkan oleh sistem melalui email. Jadi tidak akan ada lagi kejadian Anda lupa harus membawa kendaraan untuk diservis. Nah, bagi Anda yang punya bisnis logistik, rental, atau penyedia jasa transportasi, ada pula fitur Expenses yang mencatat keseluruhan pengeluaran setiap kendaraan dan disajikan dalam bentuk laporan.

Dengan mekanisme ini, Anda dapat memonitor secara penuh kondisi setiap kendaraan serta berapa banyak biaya yang telah dikeluarkan untuk perawatan.

Manfaatkan Sensor Agar Kendaraan Tetap Optimal

Ad4A9C E5B2A61736274395B3C4Dec723Ff9309 Mv2

Ketika kendaraan sedang digunakan, mesin akan menghasilkan hawa panas yang memengaruhi suhu kendaraan. Untuk menjaga supaya mesin kendaraan tetap beroperasi pada suhu yang optimum, maka Anda butuh bantuan dari sensor suhu.

Nah, fitur sensor suhu pada VSMS ini berfungsi untuk memperkirakan suhu kendaraan, sehingga dapat menjaga supaya kendaraan selalu berada pada suhu terbaiknya.

Sisi plus dari penggunaan Sensor Suhu sebagai salah satu fitur unggulan dari McEasy yaitu kualitas sensornya yang sangat baik. Sebagai catatan, apabila sensor suhu pada kendaraan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka ini akan berefek pada borosnya konsumsi bahan bakar.

Tentu Anda tidak mau hal seperti ini terjadi bukan?

Selain sensor suhu, sensor lain pada VSMS yang yang tak kalah pentingnya adalah Speed Sensor. Normalnya, kendaraan memiliki ambang batas maksimum kecepatan. Supaya mesin tidak bekerja terlalu keras sehingga lebih cepat rusak, Anda disarankan untuk melaju pada kecepatan tertentu.

Nah, Speed Sensor pada VSMS ini bekerja untuk memastikan Anda tidak overspeed.

Saat terjadi overspeed, alat akan memberikan sinyal alarm otomatis berupa suara buzzer sebagai peringatan. Dengan adanya fitur ini, bukan hanya bisa menjaga agar kendaraan tetap melaju dalam batas kecepatan normal, tetapi juga sebagai perlindungan terhadap kesalamatan pengemudi di jalan.

Pasalnya, banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat aksi ngebut di jalanan. Anda tetap harus berhati-hati, ya.

Hindari Risiko Kena Tilang Kendaraan

Ad4A9C 97C1A1Fc12A84E8Dabcc55737F4Dc7Eb Mv2

Apa jadinya kalau kendaraan Anda yang sudah rutin dirawat, rajin diservis, dan dimodali dengan berbagai alat penunjang keamaan berkendara, tapi ujung-ujungnya malah kena tilang akibat surat-suratnya sudah kedaluarsa?

Sepintas membayangkan kejadian ini memang lucu, tapi tidak demikian jika tiba giliran Anda yang mengalaminya sendiri.

Di Indonesia, setiap kendaraan memiliki STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang memuat detail informasi tentang spesifikasi kendaraan lengkap dengan slip pembayaran pajaknya.

Apabila terkena razia lalu lintas dan Anda tidak bisa menunjukkan STNK dengan slip pajak yang masih aktif, maka bersiaplah mendapatkan surat tilang dari kepolisian. Kalau sudah begini, Anda terpaksa harus mengeluarkan waktu ekstra untuk menghadiri sidang tilang.

Sama halnya dengan uji kir. Uji kir merupakan sebuah prosedur yang mewajibkan setiap pemilik kendaraan bermotor, yang memfungsikan kendaraannya sebagai angkutan umum, untuk melakukan uji kelayakan teknis sebuah kendaraan.

Kendaraan-kendaraan yang wajib melakukan kir secara rutin antara lain taksi, bus, angkutan kota, travel, mobil pick up, dump truck, truk tangki, dll. Kir ini harus dilakukan secara rutin, jadi pemilik kendaraan harus tahu kapan jadwal kir selanjutnya.

Tentunya, kehadiran teknologi VSMS yang berbasis GPS Tracker dan Artificial Intelligent ini akan mempermudah pekerjaan Anda.

Pada VSMS telah tersedia fitur License Reminder. Fitur ini akan secara otomatis memberikan pengingat melalui email apabila surat-surat kendaraan akan segera habis masa berlakunya. Dengan adanya fitur ini, Anda pun jadi tidak perlu sering-sering mengecek STNK sambil mengingat-ingat kapan jadwal pembayaran pajak kendaraan berikutnya akan tiba.

Begitu pula dengan kir. Sistem yang sudah terintegrasi sedemikian rupa pada VSMS mampu melakukan general checking pada kendaraan Anda. Apabila terjadi penurunan fungsi pada kendaraan, Anda akan segera tahu melalui update laporan.

Dengan demikian, Anda bisa menjawalkan kir tanpa khawatir lupa kapan waktunya, sebab sistem VSMS akan memberikan pengingat khusus untuk Anda.

Segera Gunakan VSMS dari McEasy!

Ad4A9C 256Dbbb9Ac7D42D4Bbeed4D3A28E1F11 Mv2

VSMS dari McEasy menawarkan berbagai fitur terbaik untuk memaksimalkan manajemen kendaraan Anda.

Kami telah mengembangkan teknologi berbasis GPS Tracker yang dipadukan dengan Artificial Intelligent sehingga menghasilkan alat yang mutakhir untuk mengoptimalisasi penggunaan kendaraan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis.

Apabila Anda tertarik dengan produk VSMS dari McEasy, kabar baik untuk Anda! Kami memberikan kesempatan untuk menggunakan produk kami sebelum membelinya. Yup, Anda bisa berkonsultasi secara lebih lanjut dan meminta sesi demo kepada customer service kami.

Customer service kami akan dengan senang hati membantu Anda memilihkan paket produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena sesi demo yang kami tawarkan gratis tanpa adanya tambahan biaya.

Segera hubungi tim kami! Kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati.

Tulisan Terkait

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Setiap tahun, ribuan nyawa melayang di jalan raya akibat kelalaian pengemudi, seperti mengantuk atau kelelahan yang menimbulkan kehilangan fokus dalam mengemudi atau perilaku mengemudi yang tidak aman....

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Fleet Management memainkan peran kunci dalam perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan dalam operasional sehari-hari. Salah satunya di Balikpapan, kota yang ramai akan aktivitas pengiriman barang dan transportasi tentu membutuhkan teknologi manajemen armada untuk...