Kenali Perbedaan OMS, WMS, dan TMS sebelum Memilih Teknologi yang Tepat untuk Bisnis Pengiriman

oleh | 24 Nov 2022 | Manajemen Armada

Penting untuk memahami kebutuhan Anda saat mengevaluasi satu atau beberapa jenis sistem ini

Tantangan tahun 2020 sejauh ini, saat dunia memerangi pandemi global COVID-19, belum pernah terjadi sebelumnya. Beberapa tahun terakhir telah menawarkan banyak tantangan bagi para profesional logistik, seperti peningkatan biaya pengiriman dan ketidakpastian perjanjian perdagangan, tetapi tahun 2020 diproyeksikan menawarkan peluang baru bagi ekosistem rantai pasokan yang berkembang. Salah satu peluang itu adalah pengiriman paket kecil yang didorong oleh e-commerce. COVID-19 tentu membawa tantangan yang membuat hambatan sebelumnya terlihat seperti permainan anak-anak, namun masih banyak peluang yang bisa didapat di ranah ini.

35682C A52C4Caa37F748A69Ba868C1C2Fee11D Mv2

Menurut Indeks Pengiriman Paket Pitney Bowes, pengiriman paket mencapai volume 87 miliar selama 12 bulan yang berakhir pada Oktober 2019. Ke depan, pengiriman paket diperkirakan akan mencapai volume 200 miliar paket pada tahun 2025, dengan China (51 miliar paket) dan AS (13 miliar paket) memimpin volume tersebut. Ini berarti pendapatan parsel sebesar $317 miliar pada tahun 2018, dan itu hanya untuk 13 negara yang diteliti! Pendapatan paket global mungkin mendekati $400 miliar, dengan pengiriman paket kecil per kapita meningkat dari 12 paket per orang pada tahun 2014 menjadi 23 paket per orang pada tahun 2018.

Dengan pertumbuhan ini, rantai pasokan parsel kecil menjadi semakin rumit. Mengurangi hari transit adalah tujuan penting bagi pengecer, pedagang, dan perusahaan logistik pihak ketiga (3PL). Di luar itu, mengelola bagian manusia dari pengiriman menjadi lebih kompleks karena semakin banyak yang diminta dari karyawan dari hari ke hari. Secara operasional, mengalokasikan biaya pengiriman berdasarkan pelanggan, departemen, proyek, pesanan, SKU, dan kategori lainnya menjadi semakin sulit. Ini semua dalam konteks permintaan pengiriman gratis dari pelanggan. Menurut survei oleh pengecer internet besar pada tahun 2016, pengiriman gratis penting bagi lebih dari 99%dari responden. Penjual memenuhi permintaan pengiriman gratis ini dengan berbagai cara, termasuk melakukan diversifikasi ke platform lain, menambahkan produk label pribadi ke portofolio mereka, menjual dengan Amazon, dan menggunakan metode pemenuhan tambahan.

Pemandangan yang Berubah

35682C 007Ee8Db765D4Bfb8Fc61F55C9Ecab92 Mv2 2

Gudang 3PL perlu berevolusi untuk beroperasi di sektor yang berkembang ini, dan digitalisasi dapat membantu evolusi tersebut. Platform digital ini terbagi dalam tiga kategori besar: Order Management System (OMS), Warehouse Management System (WMS), dan Transportation Management System (TMS).

Order Management System (OMS)

Order Management System (OMS) mengelola siklus hidup pesanan. Sistem ini biasanya terhubung ke front end bisnis (website, point-of-sale, dll.) sehingga dapat menerima pesanan dan langsung mengarahkannya ke gudang yang sesuai.

Warehouse Management System (WMS)

Warehouse Management System (WMS) adalah sistem operasi inti untuk gudang. WMS memungkinkan efisiensi fulfillment dengan mengotomatiskan siklus hidup inventaris, seperti menugaskan proses penagihan tiket pengambilan dan menangkap informasi waktu nyata sejak pesanan diterima ke gudang hingga dikirim.

Transportation Management System (TMS)

Trsnportation Management System (TMS) mengelola pengangkutan dan pengangkut setelah barang siap dikirim. Banyak yang dapat “menilai toko” di antara operator untuk memberikan tarif pengiriman terendah kepada pengguna, menyediakan perutean dengan cara terbaik, mengontrol pemesanan dan tender, serta melacak dan melacak paket saat dalam perjalanan ke tujuan mereka.

Fitur tertentu dari sistem ini dapat tumpang tindih, seperti yang ditunjukkan oleh grafik di bawah ini:

35682C A1287E339E2942Abb8Cac8Ccd3050D17 Mv2

Penting untuk memahami kebutuhan Anda saat mengevaluasi satu atau beberapa jenis sistem ini. Vendor yang menjual di beberapa pasar, mengirim dari berbagai lokasi, dan memerlukan logika pemrosesan pesanan akan memerlukan OMS. Pengirim yang ingin mengurangi biaya dan waktu pengiriman, memerlukan pelacakan dan visibilitas pengiriman, dan membutuhkan solusi pengiriman yang dapat diskalakan akan memerlukan TMS.

Gudang yang mengelola inventaris, memiliki kesalahan atau masalah pemenuhan, dan perlu mengontrol biaya pemenuhan akan memerlukan WMS. Penting untuk mengingat perbedaan antara manajemen gudang dan manajemen inventaris juga. Manajemen inventaris mencakup tingkat inventaris tingkat makro, peramalan dan pemesanan, COGS dan analisis profitabilitas, data inventaris, dan pemanfaatan inventaris di semua gudang. Manajemen gudang meningkatkan operasi, mendorong praktik terbaik, mengelola kompleksitas, menyediakan detail inventaris, dan layanan sebagai satu sumber kebenaran inventaris di dalam empat dinding gudang.

35682C 5Cb920236A7A46Fdb845E4D8Da880826 Mv2 3

Perusahaan yang cerdas akan fokus pada salah satunya sebagai “sistem inti” mereka dan “pengikat” lainnya untuk membuat rangkaian yang komprehensif. Yang terbaik adalah memilih sistem inti yang tumpang tindih dengan dua fungsi lainnya dan menyediakan poin integrasi yang mudah. Berinvestasi dalam teknologi yang menawarkan antarmuka pemrograman otomatis (API) akan memungkinkan bisnis Anda membuat koneksi ke platform tanpa integrasi standar untuk menciptakan pengalaman teknologi yang mulus. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan API untuk melapisi layanan teknologi bernilai tambah seperti penagihan dan pelaporan otomatis yang dapat mencegah gudang dikomoditisasi sebagai penyedia logistik murni. Ketika terintegrasi secara efektif, OMS, TMS, dan WMS dapat memberikan pengalaman yang positif bagi pengguna yang merampingkan operasional dan menyediakan landasan untuk pertumbuhannya.

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...