Keuntungan Menggunakan Aplikasi Fleet Management

oleh | 5 Nov 2022 | Manajemen Armada

Aplikasi fleet management adalah alat yang memungkinkan bisnis mengatur dan memantau kendaraan perusahaan secara efisien sehingga armada mereka berjalan dengan lancar

Apakah Anda mengoperasikan armada 5 atau 500 armada kendaraan? itu bukanlah tugas yang mudah. Banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga efisiensi dan memastikan semuanya berjalan lancar.

Manajer armada dapat menemukan hiburan dalam aplikasi fleet management sehingga mereka dapat melihat di mana perbaikan perlu dilakukan dan bagaimana mengelola biaya dan penjadwalan pekerjaan.

Sebelum kita masuk ke manfaat utama aplikasi fleet management, mari kita bahas apa itu aplikasi fleet management!

Apa itu aplikasi fleet management?

35682C Ec34Dbb2B8A34Cf9827976782236Ab2F Mv2

Aplikasi fleet management adalah alat yang memungkinkan bisnis mengatur dan memantau kendaraan perusahaan secara efisien sehingga armada mereka berjalan dengan lancar.

Tujuan pengelolaan armada atau fleet management adalah untuk meningkatkan kinerja pengemudi, mengurangi biaya dan pemeliharaan, serta menjaga konsistensi dalam hal pemerintah dan kepatuhan terhadap peraturan.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi fleet management yang tepat:

  1. Melacak perilaku pengemudi
  2. Mengelola biaya bahan bakar
  3. Penjadwalan pekerjaan
  4. Mengelola perawatan kendaraan
  5. Mengidentifikasi kendaraan
  6. Mengelola kepatuhan

Harga aplikasi fleet management bervariasi tergantung pada kebutuhan bisnis Anda dan jenis serta jumlah kendaraan dalam armada Anda.

Apa manfaat utama dari aplikasi fleet management?

35682C Dc46379B826542C787015C4E7367C670 Mv2

Cara terbaik untuk memastikan armada Anda beroperasi paling efisien adalah dengan memasukkan aplikasi fleet management ke dalam sistem Anda. Ada begitu banyak manfaat yang bisa dinikmati, seperti perawatan kendaraan yang lebih baik dan keselamatan pengemudi, akses ke update secara real-time, mempermudah perencanaan rute, dan pelanggan yang senang.

Peningkatan perawatan kendaraan atau fleet maintenance

Pemeliharaan armada dan umur kendaraan perusahaan dalam banyak kasus merupakan area mahal yang berpotensi berdampak negatif pada keuangan bisnis Anda.

Aplikasi fleet management dapat menyediakan jadwal pemeliharaan preventif untuk membantu dalam pengelolaan biaya armada dan menghindari waktu henti yang tidak perlu. Pemeliharaan preventif memperhitungkan berapa kilometer yang telah ditempuh, jam mesin dan jumlah bahan bakar yang telah dikonsumsi.

Sistem manajemen armada yang berkualitas berfungsi untuk membantu manajer armada melacak waktu henti karena perbaikan darurat, kerusakan, derek, dll. Ini penting untuk mengawasi kesejahteraan kendaraan Anda dan menjaga armada Anda berjalan dengan lancar.

Akses ke update secara real-time

Dengan aplikasi fleet management, manajer dapat mengakses real-time tracking sehingga mereka dapat menerima update langsung dari pengemudi. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui kendaraan dan aset Anda sedang menuju tujuan mereka.

Ini membuat pekerjaan petugas operator jauh lebih mudah dan memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang apa yang terjadi di jalan. Visibilitas ini menghilangkan kebutuhan untuk memanggil pengemudi Anda ketika mereka berada di jalan karena Anda akan memiliki informasi yang Anda butuhkan di satu tempat.

Mempermudah perencanaan rute atau route planning

Muak dengan perencanaan rute secara manual? Sistem manajemen armada yang kuat bekerja untuk mengoptimalkan rute hanya dalam hitungan menit dengan mempertimbangkan sejumlah faktor seperti:

  1. Jenis dan jumlah kendaraan
  2. Jumlah dan lokasi pemberhentian
  3. Cuaca dan kondisi lalu lintas
  4. Ketersediaan pengemudi

Fitur ini dikenal sebagai pengoptimalan rute dan membuat pengiriman lebih cepat dan efisien. Hal ini juga dapat mengurangi biaya bahan bakar dan meningkatkan produktivitas operasional bisnis Anda.

Peningkatan efisiensi

Aplikasi fleet management memberi pengguna akses ke laporan terperinci sehingga mereka dapat mengidentifikasi apa yang berfungsi dan di mana perbaikan perlu dilakukan.

Jika pengemudi berperilaku berbahaya di jalan, Anda dapat menentukan siapa dan memberi mereka pelatihan tambahan untuk memastikan mereka bekerja dengan aman dan produktif.

Selain itu, tergantung pada aplikasi fleet management, Anda dapat menambahkan pemberhentian menit terakhir tanpa mengganggu jadwal pengemudi untuk hari itu. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menyelesaikan lebih banyak pengiriman dan meningkatkan profitabilitas mereka secara keseluruhan.

Pelanggan senang

Dalam dunia saat ini, memenuhi harapan pelanggan adalah tugas yang sangat sulit namun penting, itulah sebabnya bisnis membutuhkan perangkat lunak untuk mengelola armada mereka.

Dengan aplikasi fleet management, Anda dapat memberikan ETA yang akurat kepada pelanggan dan mengirim tautan pelacakan langsung sehingga mereka dapat melacak pesanan mereka secara real-time. Pelanggan menginginkan TRANSPARANSI, sehingga memberi mereka akses ke tempat paket itu berada memberi mereka ketenangan pikiran bahwa paket mereka ada di tangan yang tepat, membangun kepercayaan dan loyalitas.

Pelanggan yang senang meningkatkan peluang pembelian di masa mendatang dan ulasan positif yang diposting secara online untuk dilihat orang lain yang berarti meningkatkan reputasi bisnis Anda.

Aplikasi fleet management terbaik untuk bisnis Anda

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30 Mv2 3

Jika Anda seorang manajer armada yang mencari aplikasi fleet management yang andal, maka TMS McEasy adalah solusi sempurna.

TMS McEasy adalah platform all-in-one yang mengoptimalkan rute, menawarkan pelacakan real-time, mengelola pemesanan, dan memiliki kemampuan untuk mengurangi biaya pemeliharaan armada.

Jika Anda ingin merampingkan proses pengiriman Anda, hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Tulisan Terkait