TrackVision, Solusi Tingkatkan Keamanan Armada dan Patuhi Regulasi Pemerintah

oleh | 24 Feb 2024 | Manajemen Armada

Selama beberapa tahun terakhir, keamanan armada menjadi aspek krusial yang diperhatikan oleh pemerintah. Bisa dilihat dari Perubahan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tahun 2021 menjadi PM 13 Tahun 2023 yang memuat persyaratan khusus untuk armada angkutan barang umum:   

  • Armada harus dilengkapi dengan GPS tracker 
  • Armada harus dilengkapi dengan alat pemantau pengemudi yang dapat merekam kecepatan kendaraan dan perilaku pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan.  

Dengan adanya peraturan ini, maka, TrackVision hadir menjadi solusi untuk tingkatkan keamanan dan mematuhi regulasi pemerintah. Terlebih lagi dibutuhkan keamanan ekstra untuk kendaraan muatan khusus (berbahaya) yang memuat bahan bakar minyak, gas, kimia dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) agar tetap aman di perjalanan. Keamanan ekstra ini perlu dihadirkan untuk mengurangi risiko angka kecelakaan, menghindari risiko terjadinya muatan dicuri, serta menghindari risiko tumpahan limbah yang dapat mencemari lingkungan.  

Lantas, bagaimana TrackVision menjadi solusi? Dan bagaimana cara kerja TrackVision dalam meningkatkan keamanan armada dan membantu mematuhi regulasi pemerintah? Simak penjelasan di bawah ini. 

TrackVision Hadir sebagai Solusi 

Video Monitoring 3 Pantau Jarak Jauh

TrackVision adalah dual kamera Artificial Intelligence (AI) yang menghadap ke jalan dan sekitar kabin kendaraan. TrackVision terintegrasi dengan Video Monitoring yang ada pada McEasy Platform, yang  dilengkapi dengan Driving Monitoring System (DMS) untuk memantau keadaan armada dan pengemudi di perjalanan. Hadirnya TrackVision juga menjadi jawaban untuk memenuhi regulasi pemerintah.  

Cara Kerja TrackVision 

Dalam meningkatkan keamanan armada dan mematuhi regulasi pemerintah, TrackVision bisa menjawab dua kebutuhan tersebut, antara lain: 

1. Optimalkan Visibilitas dalam Kabin dan Sekeliling Kendaraan  

Industri Otobus 4 Trackvision

Dilengkapi dengan dual kamera TrackVision dan teknologi AI, pengawasan armada beserta pengemudi menjadi maksimal dari segala sisi. Video telematik dengan teknologi AI, dapat memantau kondisi secara real-time baik di dalam maupun di sekitar kendaraan.  

2. Meningkatkan Kesadaran Pengemudi Saat Berkendara  

Adanya dashcam TrackVision membuat pengemudi sadar bahwa mereka terekam saat berkendara. Pengemudi akan menjadi lebih disiplin untuk mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi mengancam keamanan saat berkendara seperti menelfon, berbicara, dan tidak fokus.  

3. Daftar Riwayat Video Perjalanan 

Video Monitoring 4 Dokumentasi Lengkap

Terkadang pengemudi sering bersikap tidak disiplin dengan berada di luar jalur pengiriman. Tentunya hal ini perlu dihindari karena berakibat pada keterlambatan armada. Terhubung dalam satu dasbor, daftar riwayat video memberikan fleksibilitas tambahan dalam mengakses video monitoring perjalanan dan evaluasi kinerja pengemudi.  

4. Melindungi Distribusi Muatan Khusus (Berbahaya)

Tidak jarang muatan khusus seperti bahan bakar dan zat kimia menjadi target pencurian. Dashcam aktif TrackVision membuat pencuri berpikir dua kali untuk mencuri muatan karena memiliki dokumentasi lengkap dan jelas.  Selain itu TrackVision menyediakan proteksi tambahan agar muatan berbahaya seperti bahan bakar minyak, zat kimia, gas, dan limbah berbahaya tidak mencemari lingkungan sekitar jika terjadi kecelakaan.  

5. Monitoring Muatan Secara Real-Time  

Mep 2 Video Monitoring

Dashcam TrackVision terhubung dengan platform McEasy, sehingga membantu perusahaan untuk mengakses kamera secara langsung melalui platform McEasy. Ini memudahkan perusahaan memantau muatan selama perjalanan dan mengambil tindakan jike terdeteksi insiden atau masalah.  

Pilihan TrackVision Sesuai Kebutuhan

TrackVision tersedia dalam dua versi yaitu TrackVision Basic (kiri) dan TrackVision Pro (kanan).

Real-time video monitoring kendaraan dengan dual kamera yang menghadap ke jalan dan sekitar kabin kendaraan. Fitur TrackVision Basic antara lain: 

  1. Live Streaming dan Video History: akses video kondisi perjalanan, baik pengemudi dan arah jalan yang memberikan keamanan ekstra 
  2. Trace and Tracking: pelacakan lokasi kendaraan secara real-time 

TrackVision Pro  

Real-time video monitoring kendaraan dengan dual kamera yang menghadap ke jalan dan pengemudi yang dilengkapi dengan DMS (Driver Monitoring System). Fitur TrackVision Pro antara lain:  

  1. Driving Monitoring System: memberikan notifikasi apabila pengemudi mengantuk, merokok, menelpon, keluar dari frame, dan apabila terjadi guncangan sehingga dapat mendeteksi apabila pengemudi tidak sesuai dengan SOP 
  2. Live Streaming dan Video History: akses video kondisi perjalanan, baik pengemudi dan arah jalan yang memberikan keamanan ekstra 
  3. Trace and Tracking: pelacakan lokasi kendaraan secara real-time 

Kesimpulan  

Dalam rangka memenuhi persyaratan khusus regulasi pemerintah terkait keamanan armada, TrackVision menjadi pioneer menyediakan solusi terdepan. Dilengkapi dengan teknologi AI dan dual kamera, TrackVision meningkatkan pengawasan armada dan perilaku pengemudi secara maksimal. Keberadaan dashcam tidak hanya meningkatkan kesadaran pengemudi terhadap aturan lalu lintas, tetapi juga melindungi muatan berharga dari potensi pencurian. Daftar riwayat video perjalanan dan koneksi dengan platform McEasy memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengakses data serta memonitor muatan secara real-time. Sebagai solusi komprehensif, TrackVision tidak hanya memastikan keamanan armada namun juga memenuhi standar ketat pemerintah, menjadikannya pilihan terbaik untuk perusahaan angkutan yang ingin mematuhi regulasi dengan efektif.  

Ajukan demo TrackVision sekarang https://www.mceasy.com/demo/solusi-video-monitoring/

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...