4 Software ERP Terbaik Buatan Indonesia

oleh | 21 Feb 2022 | Manajemen Gudang

Pada artikel sebelumnya, McEasy telah membahas tentang ERP dari pengertian, sejarah, hingga manfaatnya bagi perusahaan klik disini untuk membaca artikel sebelumnya.

Jika ditanya software ERP terbaik, pasti banyak orang yang memilih SAP. Tapi apakah SAP adalah yang terbaik untuk perusahaan Anda? Pasti relatif, kan?

Nah, di artikel ini akan dijelaskan 4 software ERP yang terbaik yang di Indonesia sebagai referensi untuk Anda.

Accurate

Accurate Accounting Software akan membantu Anda untuk mencatat transaksi keuangan dengan cepat dan akurat, tanpa Anda harus mengerti khusus sistem akuntansi karena Accurate dirancang untuk dijadikan software User Friendly agar mudah digunakan.

Modul Accurate juga dirancang untuk pencatatan pembukuan seperti transaksi Cash bank, hutang, piutang, Stok, Aset dan masih banyak lagi. Accurate dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera biasa dikenal CPSSoft sejak tahun 1998 hingga saat ini.

Accurate sendiri sudah memiliki versi dari pertama dan sekarang sudah versi 5 untuk varian desktop dan hingga merelease Accurate Online yang merupakan pengembangan sistem cloud yang bisa diakses dimanapun dan kapan saja. Bisa juga digunakan oleh perangkat smartphone dan sejenisnya.

Accurate Desktop

  1. Standard Edition : Diperuntukan untuk Perusahaan yang bergerak dibidang Trading, Dagang, Jasa dan Distributor.
  2. Deluxe Edition : Untuk Perusahaan Kontraktor, project Umum dan Perusahaan Cabang yang ingin melihat laba rugi percabang.
  3. Enterprise Edition : Perusahaan Produksi/Manufaktur yang menggunakan Standard Cost.

Modul yang ada pada Software ACCURATE Desktop

  1. General Ledger
  2. Cash/Bank
  3. Inventory
  4. Sales
  5. Purchase
  6. Fixed Asset
  7. Project Kontraktor, Project Umum Dan Laporan laba rugi cabang (Varian Deluxe & Enterprise)
  8. Manufaktur (Varian Enterprise)

Anda dapat juga melihat fitur lengkap Accurate 5 Dekstop Baca Selengkapnya

Accurate Online

Fitur Accurate Online (AOL) sama seperti Accurate desktop akan tetapi saat ini belum support dengan perusahaan Kontraktor dan Manufaktur. Akan tetapi AOL lebih dikembangkan untuk perusahaan milenial yang membutuhkan laporan pajak lengkap, penghitungan gaji, smartlink e commerce dan smartlink internet banking, silahkan baca selengkapnya

Kelebihan dari software Accurate, yaitu:

  1. Sangat user friendly.
  2. Menyediakan fitur pajak dan menyesuaikan perpajakan di Indonesia.
  3. Standar pencatatan akuntansi Indonesia.
  4. Mencangkupi perhitungan nilai transaksi yang mampu dihitung berkisar 920 triliun.
  5. Tanpa dibatasi akses penambahan user, transaksi, pembuatan akun, multi bahasa dan lain lain.

gtERP – Software ERP

Gamatechno Enterprise Suite (GES) merupakan rangkaian sistem ERP yang terintegrasi untuk membantu dan memudahkan proses pengelolaan bisnis perusahaan.

Sistem ERP ini cocok digunakan untuk segala jenis bisnis antara lain pertambangan, konstruksi, manufaktur, retail, trading, hotel, food and beverage, real estate, sekolah, institusi pemerintah, engineering, proyek, keuangan, logistik dan transportasi dan berbagai jenis industri lainnya.

Modul gtHR (Human Resource Management System)

Aplikasi untuk memudahkan pengelolaan data karyawan untuk lebih mengetahui kondisi karyawan dan pada akhirnya memudahkan HRD untuk mengambil keputusan yang tepat untuk menyusun strategi SDM perusahaan.

Modul gtFinance (Finance Management System)

Software untuk mempermudah pengelolaan anggaran, keuangan dan akuntansi di perusahaan.

Modul gtCRM (Software CRM)

Software yang dirancang memberikan kemudahan dalam mengelola informasi penjualan produk, informasi pencapaian target dan informasi customers di perusahaan.

Modul gtGA (Software General Affair)

Dibangun dengan tujuan untuk menyederhanakan pengelolaan administrasi di perusahaan dan mengurangi penggunaan kertas yang pada akhirnya mendukung perusahaan menuju green company (perusahaan yang ramah lingkungan).

Modul gtAsset (Software Asset)

Software yang dibangun untuk membantu perusahaan dalam mengelola aset perusahaan.

Modul gtInventory (Software Inventory)

Digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan keluar masuknya stok dari gudang, khususnya barang-barang yang bersifat non asset.

Modul gtPos (Software POS)

Software point of sales didukung Portable Cashier, di mana gtPos bisa diakses di mana saja dan mendukung interkoneksi Bluetooth printer. Selain itu, gtPos dilengkapi modul inventory, access management dan dynamic price setup.

Sehingga software ERP yang dikeluarkan oleh Gamatechno ini memudahkan tidak hanya dalam keuangan saja, tetapi juga perencanaan SDM, hingga inventaris perusahaan dan juga pengelolaan konsumen. gtEnterprise Suite juga dilengkapi dengan berbagai fitur dalam modulnya sehingga fasilitas yang diberikan cukup lengkap dan sangat memudahkan.

MASERP

MAS Software adalah perusahaan lokal yang mengembangkan software ERP di Indonesia dengan accounting sebagai corenya.

MASERP juga sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional, seperti Pembangunan Jaya, Bitdefender, Schneider Electric, Opple Lighting dan lainnya.

Fitur MASERP:

  1. Inventory Management (Multi Warehouse)
  2. Account Receivable
  3. Account Payable
  4. General Ledger/Accounting (Multi Cabang/Cost Center)
  5. Fixed Asset (Aktiva Tetap)
  6. Cash Ledger (Multi Currency)
  7. Manufacturing
  8. Purchase Order, Purchase Request, RFQ, RFQ Comparison
  9. Purchasing
  10. Sales Order/Quotation
  11. Sales Invoicing
  12. User Management & Security
  13. Project Costing & Billing
  14. Multi Company

Software MASERP juga dapat dipasang di server Anda secara offline/hybrid online, jadi bagi Anda yang khawatir dengan keamanan database Anda, dengan server sendiri Anda bisa memegang kendalinya.

Tentunya, salah satu keunggulan MASERP adalah, kemampuannya untuk dicustom dan integrasi.

Menurut saya, software ERP terbaik harus bisa dicustom dan integrasi, karena target pasaran software ERP adalah perusahaan skala menengah ke atas. Dengan begitu investasi software ERP Anda bisa dipakai bertahun-tahun.

Keunggulan MASERP yang kedua adalah sistem support after salesnya yang terbaik di kelasnya.

Anda akan mendapatkan dedicated support (jadi orangnya tidak berganti-ganti dan sudah mengerti kebutuhan perusahaan Anda), dan Anda juga mendapatkan 6 hari implementasi full di kantor Anda (bisa ditambah sesuai kebutuhan).

Dengan harga software ERP yang relatif terjangkau (dimulai dari 75 juta, 1 kali bayar), Anda sudah mendapatkan software dengan fitur yang banyak yang umum dibutuhkan semua perusahaan menengah di Indonesia

Zahir ERP

Zahir mulai mengembangkan software akuntansi sejak tahun 1996 dan memiliki cabang lain juga di Malaysia dan Australia. Tampilan dashboardnya dapat di custom sesuai kenyamanan Anda sehingga mudah untuk mengelola berbagai fungsi bisnis.

Fitur ERP Zahir:

  1. CRM
  2. Procurement
  3. Finance
  4. Project management
  5. Operation
  6. Analytics Business Intelligence
  7. Warehousing
  8. HR
  9. Supply Chain Management
  10. API
  11. Asset Management

Itulah 4 software ERP terbaik buatan Indonesia. Apakah Anda menggunakan salah satunya?

Segera tentukan dan gunakan software ERP yang paling cocok dengan model bisnis Anda.

Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang transportasi dan logistik, Anda dapat mengintegrasikan Software ERP dengan Fleet Management dari McEasy menggunakan fitur open API. Hubungi kami untuk mencobanya secara gratis!

Tulisan Terkait

7 Rekomendasi Aplikasi Pergudangan Terbaik untuk Anda

7 Rekomendasi Aplikasi Pergudangan Terbaik untuk Anda

Pentingnya Aplikasi PergudanganBerikut rekomendasi aplikasi pergudangan terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada bisnis logistik Anda!ShipperJubelioSolenGineeEcount ERP Berikut aplikasi pergudangan terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan...

Implementasi Warehouse Management System

Implementasi Warehouse Management System

Implementasi WMS — penerapan warehouse management system atau sistem manajemen gudang — memungkinkan perusahaan untuk melakukan transformasi digital pada operasional logistik mereka, meminimalisir kesalahan, dan mengoordinasikan semua proses yang terjadi di dalam dan...

8 Tren Pergudangan yang Berlanjut di 2022

8 Tren Pergudangan yang Berlanjut di 2022

Manajemen pergudangan dan logistik terus berkembang. Mengelola gudang dalam iklim saat ini bisa menjadi tantangan. Lanskap ini mendorong perubahan dan mengungkapkan tren dan solusi baru untuk menjaga operasi tetap berjalan pada kinerja puncak. Menjelang akhir Q3 2022,...