Apa itu Same-Day Delivery? Bagaimana Cara Kerjanya?

oleh | 22 Nov 2022 | Manajemen Pengiriman

Same-day delivery mengacu pada pembelian yang dilakukan dan barang tersebut tiba pada hari yang sama

Kemajuan teknologi dan COVID-19 telah membuat industri transportasi dan logistik benar-benar mengubah cara kerja mereka.

Ekspektasi pelanggan yang membeli dari retailer di e-commerce telah berubah dari “tidak masalah menunggu seminggu”, menjadi “ingin paket mereka dikirim pada hari yang sama”.

Hal yang indah adalah bahwa same-day delivery dapat dicapai, dengan sebagian besar bisnis mencari inovasi strategi mereka untuk memenuhi standar pelanggan dan meningkatkan profitabilitas.

Jika Anda bertanya-tanya “apa itu same-day delivery?” dan bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam operasional Anda, kami siap membantu!

Bagaimana Cara Kerja Same-day Delivery?

35682C A52C4Caa37F748A69Ba868C1C2Fee11D Mv2 1

Same-day delivery persis seperti yang disarankan oleh judul artikel ini, yaitu mengacu pada pembelian yang dilakukan dan barang tersebut tiba pada hari yang sama. Seringkali, pelanggan harus membeli dalam jangka waktu dan jarak tertentu agar pengiriman dapat dilakukan.

Ini adalah pilihan yang lebih cepat dan lebih mahal yang menimbulkan banyak tantangan dan banyak manfaat tidak hanya untuk pelanggan, tetapi juga bisnis.

Mengapa Ada Peningkatan Permintaan untuk Same-day delivery?

35682C 95670Ee680Bf432Fadc7D117463208Cd Mv2 1

Seiring kemajuan teknologi, ada peningkatan permintaan untuk same-day delivery. Menunggu seminggu atau bahkan beberapa hari sudah tidak ada lagi.

Sangat sedikit bisnis yang pertama kali memperkenalkan jenis pengiriman yang inovatif ini memicu sesuatu yang baru pada konsumen. Konsep bahwa mereka dapat memesan sesuatu dan menerimanya pada hari yang sama menciptakan standar baru.

Perusahaan, terutama yang bergerak di bidang eCommerce, tidak punya pilihan selain memenuhi harapan ini dengan menyediakan same-day delivery, atau berisiko kalah dari pesaingnya.

Perusahaan kecil yang menawarkan jenis pengiriman ini memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan besar yang mungkin tidak menawarkannya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan basis pelanggan mereka dan mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Manfaat Same-day Delivery

35682C 290912A44Ad64Ecfbca489E095F1E002 Mv2 1

Jadi sekarang kita telah membahas apa itu same-day delivery, mari kita beralih ke mengapa bisnis harus mempelajarinya. Bagaimana cara yang terbaik untuk memulainya?

Kepuasan Pelanggan

Pelanggan tidak ingin menunggu lebih lama untuk pembelian yang mereka lakukan, dan jika terjadi delay yang lama atau paket yang hilang, mereka mungkin memilih layanan lain.

Menawarkan same-day delivery kepada pelanggan Anda akan meningkatkan kepuasan mereka, yang mengarah ke ulasan positif yang dipublikasikan secara online untuk dilihat oleh calon pelanggan lain.

Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Rahasia untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan adalah dengan memberikan mereka layanan yang sangat baik. same-day delivery dapat melakukan hal ini, karena mereka memiliki kesempatan untuk menerima pembelian mereka pada hari yang sama saat mereka memesannya.

Bisnis yang menawarkan jenis pengiriman ini memiliki lebih banyak peluang untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang akan menghasilkan pembelian selanjutnya.

Fast-shipping Meningkatkan Konversi

Sebagian besar bisnis terus mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mengeluarkan produk dari rak-rak mereka.

same-day delivery adalah sarana transportasi andal yang menjamin pelanggan menerima pesanan tepat waktu. Seiring waktu, pelanggan akan lebih cenderung menggunakan layanan Anda dan dengan demikian, akan meningkatkan pendapatan Anda.

Selain itu, menambahkan biaya tambahan untuk same-day delivery akan meningkatkan profitabilitas bisnis Anda, sekaligus menutupi biaya lainnya.

Inventory Cost Lebih Rendah

Same-day delivery dapat membantu bisnis Anda menurunkan biaya inventaris karena Anda tidak memerlukan struktur inventaris yang rumit. Dengan mengurangi jumlah stok pengaman barang, Anda dapat mengurangi biaya modal.

Tantangan Same-day Delivery

Setelah mengetahui “bagaimana cara kerja same-day delivery?”, sekarang kita bahas lebih rinci tantangannya yang dihadapi oleh bisnis.

Biaya layanan tinggi

Tidak diragukan lagi bahwa same-day delivery mahal dan jika direncanakan dengan buruk, Anda bisa kehilangan uang. Itulah mengapa meningkatkan efisiensi bisnis Anda saat memproses dan mengirimkan pemesanan sangat penting.

Cara Anda dapat mengatasi biaya same-day delivery adalah dengan memiliki “pesanan minimum” untuk memastikan Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Kesulitan dalam perkiraan pesanan

Salah satu tantangan terbesar dari same-day delivery adalah tidak adanya pengawasan pesanan yang lebih baik, yang berarti akan sulit untuk mengantisipasi pesanan pelanggan. Anda harus mengeluarkan produk dalam beberapa jam, yang bisa sangat membebani staf.

Untuk bisnis kecil, pemenuhan pesanan instan bisa jadi sulit, terutama dengan berkurangnya jumlah anggota tim yang tersedia.

Hanya punya waktu satu hari untuk menyelesaikannya

Bagi pelanggan, same-day delivery adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Namun, itu bisa menjadi mimpi buruk bagi bisnis.

Karena hanya ada satu hari untuk menyelesaikan pemesanan ini, taruhannya jauh lebih tinggi daripada pengiriman di hari berikutnya, atau pengiriman ekspres.

Jika pelanggan tidak menerima barangnya tepat waktu, hal ini dapat merusak reputasi bisnis Anda dan mengurangi jumlah pelanggan tetap.

Penanganan barang yang salah

Karena same-day delivery sangat cepat, tidak jarang produk rusak selama perjalanan.

Mengganti barang yang rusak akan menunda pengiriman dan akhirnya membuat bisnis Anda lebih mahal. Jika pelanggan menjadi tidak puas karena hal ini, mereka cenderung memposting ulasan negatif secara online yang dapat dilihat oleh pembeli lain.

Bagaimana Bisnis Dapat Menawarkan same-day delivery?

35682C Eb499D4Cc03D4C47923E40F689Dff9A1 Mv2

Tidak cukup hanya mengetahui apa itu same-day delivery. Anda juga harus berfokus pada bagaimana operasional bisnis Anda dapat menawarkan same-day delivery kepada pelanggan.

Gunakan aplikasi manajemen pengiriman

Aplikasi manajemen pengiriman adalah alat yang digunakan oleh pemilik bisnis atau operator armada untuk merencanakan, mengelola, mengoptimalkan, dan mengotomatiskan proses pengiriman mereka.

Bisnis yang ingin menawarkan pengiriman hari yang sama kepada pelanggan harus berinvestasi dalam aplikasi manajemen pengiriman yang andal untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka dan memenuhi harapan pelanggan.

Route optimization

35682C 5614F82Ec16548A9A5B871Ebde09Dacd Mv2 1

Route optimization adalah solusi yang dapat membantu membangun rute yang paling efisien hanya dalam hitungan menit, bukan jam.

Dengan mengoptimalkan rute, Anda dapat mengelola jumlah pengiriman yang diterima, dan menyerahkannya kepada aplikasi, menambahkan perhentian terakhir sehingga bisnis Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pemesanan.

Tetapkan batas jarak pengiriman

Sayangnya, pengemudi pengiriman bukanlah pahlawan super dan tidak dapat menjangkau setiap tujuan. Itu sebabnya Anda harus menerapkan batas (sekitar 60km) sejauh mana pengemudi Anda dapat melakukan perjalanan. Ini berarti pelanggan tidak akan kecewa jika pesanan mereka tidak sampai tepat waktu.

Selain itu, staf Anda tidak akan kewalahan dengan jarak yang harus ditempuh, memungkinkan mereka untuk memprioritaskan pesanan dalam jarak yang lebih dekat.

Tetapkan waktu cut-off

Sangat tidak realistis untuk menawarkan same-day delivery sepanjang hari karena pengemudi akan terjaga sepanjang malam untuk memenuhi pesanan. Menerapkan waktu cut-off akan memberi tim Anda lebih banyak struktur dan memberi tahu pelanggan kapan waktu terbaik untuk melakukan pemesanan.

Misal, pelanggan hanya dapat memesan sebelum jam 3 atau 4 sore. Dengan begitu pelanggan Anda tidak perlu bertanya “berapa lama same-day delivery?”

Memiliki anggota tim yang terlatih dengan baik

Memiliki tim impian di mana semua anggota tim terlatih dengan baik akan memungkinkan mereka menangani seluk-beluk same-day delivery dan last-mile delivery.

Memfasilitasi Layanan Same-day Delivery dengan Aplikasi TMS McEasy

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30 Mv2 3

TMS adalah aplikasi manajemen pengiriman yang membantu bisnis mengelola pemesanan mereka, mengoptimalkan rute, dan mengakses pelacakan secara real-time.

Solusi terobosan ini akan membangun rute pengiriman Anda hanya dalam hitungan menit sehingga pengemudi Anda dapat melakukan perjalanan yang paling efisien.

McEasy merampingkan dan mengotomatiskan proses pengiriman sehingga Anda dapat memberi pelanggan Anda pengalaman pengiriman hari yang sama yang telah mereka tunggu-tunggu. Pengiriman cepat dan pilihan pengiriman lainnya dapat dimungkinkan dengan menggunakan aplikasi ini.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana McEasy dapat membantu bisnis Anda? Hubungi tim kami sekarang juga!

Tulisan Terkait