News Update: McEasy Raih Pendanaan Seri A Total Menjadi 178 Miliar

Bagaimana Aplikasi Delivery Tracking Mengubah Industri Logistik?

oleh | 6 Sep 2022 | Manajemen Pengiriman

Seperti kebanyakan bisnis modern lainnya, Industri Logistik terus bertransformasi dan berkembang untuk memenuhi teknologi terkini. Survei yang dilakukan pada industri logistik dan transportasi di AS mengungkapkan bahwa pengeluaran di industri ini sekitar 24% dari PDB Indonesia.

Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, penting bagi perusahaan logistik untuk bertransaksi bisnis di perangkat apa pun, di mana pun, dan kapan pun. Solusi mobilitas dan internet yang tersedia sepanjang waktu telah membantu Sistem Pelacakan Pengiriman Real-Time mendapatkan momentum.

61% dari B2B dan 65% dari perusahaan B2C melaporkan bahwa e-commerce memiliki dampak tertinggi pada retensi dan kepuasan pelanggan. Ini dari laporan terbaru dari DHL.

Pertanyaan yang muncul di sini adalah, “Bagaimana aplikasi pelacakan pengiriman mengubah industri logistik?” Setelah banyak penelitian, kami dapat menemukan jawaban yang benar untuk pertanyaan ini. Mari kita bahas poin apa yang diikuti oleh perusahaan pengembang aplikasi seluler untuk membuat aplikasi di bawah ini.

Apa yang dapat dilakukan dengan aplikasi logistik?

35682C Fca005F9510C417Ca1D2382Dd13092A7 Mv2

Sebelum kita mulai dengan Sistem Pelacakan Pengiriman dan perannya dalam industri Logistik, kita harus segera membahas mengapa Aplikasi Logistik diperlukan.

Jadi, kebutuhan paling signifikan untuk menggunakan Aplikasi Logistik adalah kemampuannya untuk mengirimkan kargo dan memperbarui datanya secara real-time kepada konsumen maupun bisnis. Bisnis kurir adalah contoh yang baik. Aplikasi seluler di sini memainkan peran penting dalam menyimpan data berharga yang dapat digunakan untuk perusahaan selanjutnya.

Aplikasi berbasis GPS dirancang khusus untuk memungkinkan perusahaan melacak kendaraan dan pengiriman secara real-time. Wawasan yang terbentuk membantu dalam memprediksi waktu kedatangan secara akurat dan menanggapi pertanyaan pelanggan dengan tepat.

Biasanya, kami telah melihat bahwa aplikasi pengiriman berfokus pada poin-poin berikut:

  1. Jadwal pengiriman barang
  2. Penghapusan catatan kerja berbasis spreadsheet.
  3. Otomatisasi pengambilan stok, penambahan info manajemen, dan metrik pemrosesan.

Berdasarkan standar industri, layanan perpesanan juga digunakan untuk memberi tahu pelanggan. Salah satu manfaat aplikasi logistik dari sudut pandang pengguna adalah pengguna dapat dengan cepat dan terus-menerus mengikuti perubahan strategi bisnis dan kebutuhan pasar.

Sekarang muncul pertanyaan utama kami, seperti yang disebutkan di atas,

Bagaimana aplikasi pelacakan pengiriman mengubah industri logistik?

35682C 61B1C6A20E4C49Bc87353B26D96A29Dd Mv2 1

Aplikasi seluler, seperti yang kita semua tahu, membantu kami dalam memfasilitasi pemantauan dan manajemen yang efisien dari proses bisnis dan alur kerja kami.

Berikut adalah delapan hal lain yang dapat dibantu oleh aplikasi manajemen pelacakan Pengiriman:

Pelacakan pengiriman secara real-time

Dimungkinkan untuk melacak semua item menggunakan Sistem Manajemen Pelacakan Pengiriman secara real-time. Dimulai dengan mengambil barang, aplikasi seluler memberikan setiap detail tentang prosedur, langkah demi langkah, tentang pergerakan pengemudi.

Pengiriman secara otomatis

Kita semua pernah mengalami istilah ini dalam hidup kita. Pengiriman otomatis berarti pengemudi secara otomatis ditugaskan kepada Anda sesuai ketersediaan, arah, jarak, dan kapasitas muatan saat ini.

Smart route management

Merencanakan dan mengoptimalkan rute dapat dilakukan dalam beberapa detik sehingga menghasilkan pengalaman pengiriman terbaik dan cepat. Fitur ini tidak hanya berguna bagi pelanggan tetapi juga membantu bisnis untuk menghemat biaya bahan bakar dan waktu pengiriman, sehingga memaksimalkan jumlah peluang.

Menyimpan catatan pengemudi

Melacak driver sangat penting untuk bisnis. Aplikasi seluler pelacak Pengiriman menyimpan catatan harian pengemudi dan memantau setiap gerakan mereka setiap hari.

Pelacakan pengiriman

Ponsel berguna dalam melacak pengiriman dan memberikan informasi tentang pengangkut dan Pengiriman kiriman.

Fungsi online dan offline

Kemampuan untuk bekerja dengan konektivitas data serta saat tidak ada, fitur ini memastikan bahwa Pengiriman tidak terhalang di jaringan seluler yang rendah. Seluruh sistem manajemen pelacakan pengiriman mampu dikelola tanpa akses internet. Ini sangat menguntungkan karyawan.

Ambil umpan balik

Mengambil umpan balik selalu cocok untuk setiap aplikasi seluler. Ini membantu dalam meningkatkan layanan perusahaan. Dan Solusi Manajemen Logistik membutuhkan umpan balik pelanggan karena bisnis masa depan mereka sepenuhnya bergantung pada kualitas layanan yang mereka berikan.

Penggunaan tanda tangan digital

Sebagai sebuah bisnis, Anda perlu menyimpan bukti dari setiap aktivitas yang dilakukan. Inilah alasan mengapa tanda tangan elektronik diperlukan. Ini membantu dalam mempertahankan bukti bahwa barang telah dikirimkan.

Hal lain yang hadir dengan fitur aplikasi seluler adalah fitur aplikasi seluler. Mari kita bahas beberapa keuntungan menggunakan aplikasi Last-Mile Delivery Software untuk bisnis kita.

Manfaat aplikasi pelacakan pengiriman untuk industri logistik dan transportasi

35682C Fbcc34F03E9F484A843F6Ab24Eb0Fbba Mv2 1

Sistem manajemen yang efisien

Untuk perusahaan Manajemen Logistik, penting untuk mengelola armada kendaraan mereka. Masalah ini bersama dengan tantangan pengiriman jarak jauh lainnya telah diselesaikan untuk mereka oleh perangkat lunak manajemen pelacakan Pengiriman.

Memelihara data tentang semua kendaraan, aplikasi ini memungkinkan pengusaha untuk menangani bisnis berbasis Pengiriman untuk memiliki pengetahuan eksplisit tentang nomor registrasi semua mobil dan kendaraan yang beroperasi di rute yang berbeda.

Dapatkan visibilitas dalam pergerakan kargo

Aplikasi berbasis GPS dirancang khusus untuk memungkinkan perusahaan melacak kendaraan dan pengiriman secara real-time. Wawasan yang terbentuk membantu dalam memprediksi waktu kedatangan secara akurat dan menanggapi pertanyaan pelanggan dengan tepat.

Meningkatkan fleksibilitas dalam proses pengiriman

Dengan memungkinkan melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan, di tengah proses pengiriman, dan dengan menawarkan peningkatan fleksibilitas kepada pelanggan dalam layanan penjadwalan, aplikasi pengiriman meningkatkan kepuasan pelanggan.

Keselamatan pengemudi

Dengan akses eksklusif ke lokasi dan pergerakan pengemudi yang difasilitasi melalui pelacakan GPS, pemilik bisnis dapat tetap terhubung dengan pengemudi mereka sepanjang waktu. Hal ini menyebabkan keselamatan serta kinerja yang lebih baik dari orang-orang pengiriman.

Pengurangan biaya

Sistem Pelacakan Pengiriman Real-Time memungkinkan untuk memantau kendaraan dan personel pengiriman dengan cermat. Anda juga dapat memberikan akses ke informasi yang relevan secara real-time kepada orang yang bersangkutan.

Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk mengurangi jumlah sumber daya yang dibutuhkan. Semua ini dapat membantu dalam mengurangi biaya operasional dan membuat strategi masa depan yang sesuai.

Pengurangan sumber daya administratif

Dari menyediakan kontrol menyeluruh atas seluruh armada kendaraan dan personel yang dicapai dengan menggunakan aplikasi pelacakan pengiriman yang inovatif, tidak perlu memiliki staf yang banyak. Semua statistik penting dikumpulkan langsung dari pengemudi melalui teknologi GPS, sehingga jumlah staf administrasi juga dapat dikurangi.

Saat berbicara tentang Solusi Pengiriman Logistik, istilah lain yang muncul adalah Last-Mile Delivery Software. Perangkat lunak ini juga dianggap sebagai masa depan industri Logistik.

Solusi pengiriman last-mile adalah perangkat lunak atau platform khas yang memungkinkan perusahaan mengelola pengiriman last-mile dengan cara yang efisien, transparan, dan terkendali.

Kesimpulan

35682C C4Fa28Cccd5B4C1B84Ac573Cb6C26D58 Mv2 1

Industri logistik adalah lautan peluang. Masa depan industri ini sepenuhnya berbasis teknologi dan akan memungkinkan penanganan proses pengambilan dan pengiriman menjadi lebih efisien.

Selain itu, ini akan memfasilitasi update otomatis secara reguler kepada pelanggan tentang status pesanan mereka; aplikasi pengiriman untuk industri logistik memang memastikan visibilitas pengemudi dan membangun kepercayaan pelanggan. Sehingga pada saatnya, hal itu akan menjamin peningkatan loyalitas pelanggan dan membantu meningkatkan keuntungan untuk bisnis Anda.

Tidak ketinggalan aplikasi last mile delivery yang memainkan peran utama dalam menyelesaikan semua masalah pengiriman last mile utama seperti biaya pengiriman last mile, visibilitas, alokasi tugas, bukti pengiriman, dan banyak lagi.

Memiliki bantuan dari seorang profesional selalu berguna karena para ahli akan selalu memberikan saran terbaik yang diperlukan untuk keberhasilan bisnis Anda. Anda dapat menyewa pengembang kecerdasan buatan dan membuat perangkat lunak/aplikasi manajemen pelacakan pengiriman kustom Anda. Ini akan membantu membuat Solusi Manajemen Logistik Anda menjadi bebas repot, mudah dikelola, efisien, ramah pengguna, dan banyak lagi.

Tulisan Terkait

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Setiap tahun, ribuan nyawa melayang di jalan raya akibat kelalaian pengemudi, seperti mengantuk atau kelelahan yang menimbulkan kehilangan fokus dalam mengemudi atau perilaku mengemudi yang tidak aman....

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Fleet Management memainkan peran kunci dalam perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan dalam operasional sehari-hari. Salah satunya di Balikpapan, kota yang ramai akan aktivitas pengiriman barang dan transportasi tentu membutuhkan teknologi manajemen armada untuk...