Bagaimana Cara Meningkatkan Efisiensi Pengiriman?

oleh | 12 Nov 2022 | Manajemen Pengiriman

Aplikasi manajemen pengiriman adalah solusi untuk bisnis yang ingin mengetahui cara meningkatkan efisiensi pengiriman

Jika Anda memiliki bisnis berbasis pengiriman, Anda pasti tahu perjuangan untuk memenuhi permintaan pelanggan, serta menjaga efisiensi saat melakukan pengiriman. Anda akan senang mengetahui ada solusi yang dapat menghilangkan stres dalam proses pengiriman: Aplikasi Manajemen Pengiriman.

TMS McEasy adalah aplikasi manajemen pengiriman terbaik yang dapat mengoptimalkan rute, menyediakan pelacakan secara real-time, mengatur pemesanan Anda, dan menawarkan sistem bukti pengiriman digital.

Artikel ini akan menjelaska cara meningkatkan efisiensi pengiriman dan mengapa TMS McEasy bisa menjadi solusi sempurna untuk bisnis Anda.

Pentingnya Efisiensi dalam Bisnis Berbasis Pengiriman

35682C 0511C535B2684B2B879Ccf73C68Abd3C Mv2

Sifat pengiriman telah berubah selama bertahun-tahun, dan hanya dipercepat oleh pandemi yang berkelanjutan. Konsumen sekarang tidak mau menunggu paket mereka datang berhari-hari atau berminggu-minggu. Pengiriman standar sudah tidak menanganinya lagi.

Untuk mengatasi permintaan ini, bisnis harus beradaptasi. Aplikasi manajemen pengiriman adalah solusi untuk bisnis yang ingin mengetahui cara meningkatkan efisiensi pengiriman. Tapi sebenarnya, apa dan bagaimana aplikasi ini dapat benar-benar membantu?

Aplikasi Manajemen Pengiriman telah menjadi semakin berharga untuk operasional berbasis pengiriman karena kemampuannya untuk mengoptimalkan rute, menyediakan pelacakan secara real-time, dan bukti pengiriman. Ini adalah beberapa dari banyak fitur yang dapat ditawarkan aplikasi ini, tergantung pada layanan yang Anda pilih. Meningkatkan produktivitas tim Anda, menambahkan lebih banyak pemesanan ke daftar Anda, dan meningkatkan layanan pelanggan adalah hasil dari penggunaan teknologi ini. Di bawah ini akan menjelaskan fitur utama yang ditawarkan sebagian besar aplikasi pengiriman dan bagaimana hal itu akan meningkatkan efisiensi pengiriman.

Cara Meningkatkan Efisiensi Pengiriman

35682C 4B934694481B44A5A54Bd47Cc18C4C6C Mv2

Ada beberapa langkah penting yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan efisiensi pengiriman. Ini termasuk perencanaan, memiliki akses ke pelacakan secara real-time, mengelola pesanan, melacak kinerja pengemudi, dan komunikasi dengan pelanggan. Ada solusi yang dapat membantu menyeimbangkan semua langkah ini untuk meningkatkan produktivitasnya: aplikasi manajemen pengiriman.

Merencanakan perjalanan yang hemat waktu secara manual untuk pengemudi Anda bisa membuat frustrasi dan menghabiskan waktu. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti ketersediaan pengemudi dan jumlah pemberhentian serta lokasinya. Belum lagi adanya human error yang bisa menambah jumlah waktu yang Anda habiskan untuk melakukan perencanaan. Aplikasi pengiriman dapat menghilangkan stres dengan cara mengoptimalkan rute Anda dalam hitungan detik, bukan jam, meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Memiliki pengemudi di rute yang terbaik akan menghasilkan pengiriman yang lebih cepat, sehingga membuat pelanggan Anda senang.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk meninjau kembali rute Anda agar dapat meningkatkan kinerja pengemudi Anda, dan meminimalkan kebutuhan akan perawatan kendaraan. Pengoptimalan rute memungkinkan Anda mengetahui pengemudi yang berbahaya sehingga Anda dapat menentukan pengemudi mana yang memerlukan pelatihan tambahan untuk meningkatkan perilaku mereka di jalan.

Cara lain untuk meningkatkan efisiensi pengiriman adalah dengan memiliki akses ke pelacakan secara real-time. Katakanlah seorang pelanggan menelepon ingin mengetahui lokasi pengiriman mereka. Tanpa pelacakan secara real-time, yang dapat Anda lakukan hanyalah mencoba menelepon pengemudi Anda saat mereka sedang dalam perjalanan. Ini sangat tidak efisien dan cenderung mengarah pada layanan pelanggan yang buruk. Mengetahui lokasi tim Anda secara real-time berarti Anda tidak perlu menelepon untuk mencari informasi. Semuanya ada di satu layar.

Pernah berharap Anda bisa membaca pikiran pelanggan Anda untuk mengetahui bagaimana perasaan mereka tentang layanan mereka? Umpan balik pelanggan adalah hadiah yang sangat bermanfaat. Mengizinkan pelanggan Anda memberikan umpan balik tentang pengiriman mereka adalah cara penting untuk mengetahui di mana perbaikan dapat dilakukan. Anda mendapatkan informasi tentang apakah mereka mengalami delay yang lama, paket yang hilang atau rusak, atau layanan buruk secara keseluruhan dari pengemudi. Ini membantu Anda mengetahui dari mana harus mulai melakukan perbaikan sehingga kesalahan ini tidak terus terjadi.

Tantangan dalam Pengiriman yang Efisien

Salah satu kendala utama yang menghambat efisiensi pengiriman adalah perencanaan rute (route plan) secara manual. Anda harus mempertimbangkan ketersediaan pengemudi, kapasitas kendaraan, titik pengantaran dan penjemputan, jenis paket, kapan harus diantar dan apakah sudah diprioritaskan. Mempertimbangkan semua faktor ini sangat memakan waktu dan stres bagi pemilik bisnis. Belum lagi pemesanan yang masuk di menit-menit akhir dapat mengganggu jadwal Anda untuk hari itu.

35682C Eb499D4Cc03D4C47923E40F689Dff9A1 Mv2 1

Kendala lainnya adalah penggunaan teknologi yang sudah ketinggalan zaman. Hanya karena itu bisa menyelesaikan pekerjaan, tidak berarti itu adalah metode yang efisien. Jika Anda menggunakan aplikasi usang untuk mengoptimalkan rute pengiriman, maka Anda dapat mengharapkan lebih banyak kesalahan terjadi dan lamanya waktu untuk membuat perjalanan lebih lama daripada teknologi terbaru. Ya, terkadang yang baru tidak selalu berarti efektif, jadi melakukan riset untuk menemukan aplikasi yang paling efisien adalah cara yang harus dilakukan. Jika ingin menjaga bisnis Anda setara dengan pesaing lain, menggunakan teknologi yang efektif dapat membantu Anda mencapai puncak permainan.

Juga, bagaimana Anda memprioritaskan pengiriman dapat memengaruhi efisiensi. Ambil contoh, jika Anda mengirimkan paket besar di pagi hari, itu akan menyisakan ruang di dalam kendaraan untuk memuat pickup yang lebih kecil. Namun, mengirimkan barang saat datang dan pergi dapat menciptakan sistem yang tidak efisien di mana Anda mungkin kehilangan potensi pemesanan dan pendapatan. Sebaiknya pertimbangkan apa yang Anda prioritaskan, untuk lebih meningkatkan efisiensi pengiriman Anda.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi untuk Meningkatkan Efisiensi Pengiriman

35682C C51725F94B394536B7Fdb841B819Abf3 Mv2 2

Dalam meningkatkan efisiensi pengiriman semuanya kembali ke penggunaan aplikasi manajemen pengiriman yang andal dan berkualitas. Ini adalah pilihan yang memungkinkan Anda untuk tetap berada di puncak operasional bisnis, memungkinkan untuk tetap teratur dan meningkatkan kinerja tim Anda.

Optimalisasi rute adalah fitur aplikasi ini yang seperti disebutkan sebelumnya, dapat memperhitungkan ketersediaan pengemudi dan jumlah pesanan untuk membuat rute yang paling efisien. Mengapa tetap merencanakan rute secara manual ketika Anda dapat menyelesaikannya secara otomatis dalam hitungan detik? Karena pengemudi Anda melalui rute paling hemat waktu, mereka akan tiba di tujuan dengan lebih cepat, sehingga memungkinkan Anda untuk masuk ke lebih banyak titik pemberhentian.

Alasan lain bisnis membutuhkan aplikasi ini adalah untuk memiliki akses ke pelacakan secara real-time. Melacak lokasi pengemudi secara real-time memungkinkan Anda mengetahui bahwa mereka menyelesaikan pengiriman secara produktif. Jika kinerja pengemudi tidak maksimal, Anda dapat mendeteksinya dan memberikan pelatihan kepada mereka untuk meningkatkan perilaku mereka di jalan.

Jika bisnis ingin meningkatkan efisiensi pengiriman mereka, maka aplikasi manajemen pengiriman adalah solusinya.

Maksimalkan Efisiensi Anda

35682C 8Ed099B854324A0Cbe98B2Cdbe5Eea30 Mv2 3

Aplikasi Manajemen Pengiriman adalah solusi efektif untuk bisnis yang ingin meningkatkan produktivitas, tetapi berjuang untuk mengikuti tren konsumen yang terus berubah.

Aplikasi Manajemen Pengiriman TMS McEasy dapat membantu Anda mencapai tujuan ini, sekaligus menghemat waktu dan uang untuk bisnis Anda. McEasy dapat membantu membangun rute secara otomatis dalam hitungan detik bukan jam, memungkinkan Anda melihat lokasi pengemudi Anda setiap saat, dan membantu mengatur pesanan Anda.

Hubungi tim sales kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana McEasy dapat membantu bisnis Anda mencapai efisiensi semaksimal mungkin.

Tulisan Terkait