Bagaimana Geofencing dapat Meningkatkan Last Mile Delivery?

oleh | 31 Okt 2022 | Manajemen Pengiriman

Geofencing mengacu pada layanan yang memicu aktivitas setelah perangkat memasuki perimeter virtual yang ditetapkan di sekitar lokasi geografis menggunakan data seluler, GPS, tag RFID, atau Wi-fi.

Semua bisnis pengiriman sepertinya akan setuju bahwa last-mile delivery adalah bagian tersulit dari proses pengiriman. Mahal dan penuh inefisiensi. Tapi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda. Geofencing adalah solusi yang dapat membantu!

Artikel ini akan memberi Anda wawasan tentang apa itu geofencing, serta cara yang dapat membantu bisnis mengatasi masalah dalam last-mile delivery.

Apa itu Geofencing?

Geofencing mengacu pada layanan yang memicu aktivitas setelah perangkat memasuki perimeter virtual yang ditetapkan di sekitar lokasi geografis menggunakan data seluler, GPS, tag RFID, atau Wi-fi. Perimeter virtual ini dikenal sebagai geofence.

Bergantung pada cara geofence disusun, mobile push notifications, alerts atau trigger messages memungkinkan Anda melacak armada Anda dan mentransfer informasi berbasis lokasi.

Untuk apa Menggunakan Geofencing?

Bisnis dapat menggunakan geofencing untuk melacak karyawan mereka yang masuk dan meninggalkan tempat tertentu untuk menjaga visibilitasnya. Ini dapat membantu mengotomatiskan time cards dan meningkatkan akurasi biaya pekerja, memungkinkan bisnis Anda menghemat uang.

Geofencing juga membantu menjaga kendaraan dan aset perusahaan tetap aman karena Anda akan tahu persis kapan mereka masuk dan keluar dari suatu lokasi. Ini mengurangi potensi pencurian dan menunjukkan apakah pengemudi menggunakan kendaraan perusahaan secara tidak benar, sehingga manajer armada dapat merasa tenang.

Cara Geofencing meningkatkan last-mile delivery

ETA yang akurat

Pelanggan menginginkan ETA yang akurat. Sesederhana itu, terutama dalam hal produk yang sensitif terhadap waktu dan mudah rusak.

Mengambil hari libur kerja hanya untuk menunggu layanan atau pengiriman pasti sangat merepotkan pelanggan. Tanpa visibilitas lengkap pada pesanan mereka, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat membuat frustrasi dan stres, mengurangi kemungkinan pembelian berulang.

Memiliki aplikasi pengiriman berarti geofencing dapat digunakan untuk mengirim pemberitahuan kepada pelanggan setelah pengemudi memulai perjalanan mereka dan ketika mereka akan tiba.

Memiliki akses ke data lokasi dan menyiapkan batas virtual berarti Anda akan tahu persis ketika pengemudi telah mencapai lokasi di mana Anda akan segera diberitahu. Tingkat akurasi ini adalah kunci untuk membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan last-mile delivery.

Keamanan pengemudi

Pengemudi Anda adalah kekuatan bisnis Anda sehingga keselamatan mereka sangat penting. Salah satu cara terbaik untuk melindungi pengemudi Anda adalah dengan geofencing.

Anda dapat menerima peringatan ketika kendaraan telah meninggalkan area yang ditentukan yang dapat mengindikasikan pencurian, penggunaan yang salah, atau towing. Memiliki informasi langsung tentang hal ini memungkinkan Anda untuk bertindak cepat dan mengirim bantuan, mencegah masalah serius apa pun di masa mendatang.

Meningkatkan Manajemen Pengemudi

Jika Anda mengelola banyak pengemudi, maka Anda tahu betapa sulit dan stresnya untuk melacak semuanya.

Dengan insight secara real-time, Anda dapat mengubah metode perencanaan rute untuk membangun perjalanan pengiriman yang paling efisien bagi pengemudi Anda.

Jika terjadi keterlambatan pengiriman, Anda dapat dengan mudah mengonfirmasi dengan pengemudi dan mengalihkan rute pengemudi lain untuk mengurangi kemungkinan penundaan tambahan.

Geofencing memungkinkan Anda mencapai hal berikut:

  • Gunakan sumber daya Anda secara lebih proaktif
  • Lacak kinerja pengemudi
  • Meningkatkan komunikasi antara pengemudi dan manajer
  • Cegah pengiriman yang tidak penting berjalan
  • Meningkatkan produktivitas

Analisis lebih terperinci

Menganalisis data yang telah Anda kumpulkan dari setiap pengiriman adalah cara yang bagus untuk menemukan ketidakefisienan dalam bisnis Anda dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Geofencing memberi Anda metrik yang diperlukan seputar pengiriman Anda sehingga Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dalam hal pengiriman jarak jauh, melihat berapa lama pengemudi Anda menghabiskan waktu menyelesaikan pemberhentian dapat memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan rute mereka untuk hasil yang lebih baik dan penghematan biaya.

Pembaruan waktu nyata

Setelah Anda melakukan setting pembatasan wilayah, Anda akan dapat menerima update email secara real-time atau notifikasi.

Dengan demikian, manajer armada dapat secara otomatis diperingatkan ketika kendaraan perusahaan telah aktif di luar jam kerja atau menyimpang dari rute yang ditetapkan.

Anda juga dapat menerima pemberitahuan jika pengemudi telah meninggalkan area geofenced sebelum menyelesaikan pengiriman. Mereka kemudian akan diperingatkan untuk memperbarui status mereka sepanjang hari jika mereka belum melakukannya.

Lihat di mana pengemudi Anda dengan McEasy

TMS dari McEasy adalah aplikasi manajemen armada yang menawarkan geofencing kepada pelanggan.

Manajer armada akan memiliki kemampuan untuk:

  1. Laporkan berapa lama perangkat yang dilacak (ponsel atau Pelacak GPS) berada di dalam geofence yang Anda tentukan.
  2. Langsung diberitahu ketika kendaraan keluar atau memasuki zona, termasuk untuk tujuan keamanan.
  3. Verifikasi jumlah jam yang dihabiskan di dalam geofences untuk tujuan penagihan dan pengeluaran.

Kami selalu berupaya berinovasi dalam teknologi kami untuk membuat last mile lebih mudah dan lebih efisien bagi pengguna. Dengan cara itu mereka dapat memberi pelanggan mereka pengalaman pengiriman terbaik.

Selain geofencing, TMS dari McEasy dapat mengoptimalkan rute pengiriman Anda, mengelola pemesanan Anda, memberikan bukti pengiriman dan pelacakan secara real-time! Ini adalah platform lengkap yang sempurna untuk bisnis besar atau kecil yang ingin menghemat waktu dan uang.

Silahkan hubungi tim kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang McEasy dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Tulisan Terkait

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Sebagai brand owner, manajemen vendor logistik atau transportasi jika dilakukan secara manual bisa memakan banyak waktu dan rentan terjadi human error. Namun, jangan khawatir. Sejak McEasy merilis solusi terbarunya, yaitu Vendor Management System, Anda bisa...

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sebagai brand owner yang mengandalkan vendor logistik, seperti industri manufaktur dan distributor, tantangan yang kompleks seringkali menjadi penghambat pada operasional di dua sektor ini. Tantangan ini seperti memilih vendor yang berpengalaman, pengelolaan kontrak,...