Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pengiriman Barang?

oleh | 11 Jan 2023 | Manajemen Pengiriman

Apakah Anda ingin tahu cara memulai bisnis pengiriman? Kami telah menemukan beberapa strategi yang mungkin bisa membantu.

Kami tidak mengatakan bahwa ini semua merupakan langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis pengiriman, tetapi ini mungkin akan membuat prosesnya sedikit lebih rumit dan menakutkan.

Mencari tahu niche Anda, mendapatkan lisensi dan asuransi yang tepat, memulai website, membuat akun media sosial, dan menggunakan teknologi inovatif seperti TMS McEasy adalah semua cara yang dapat membantu Anda memulainya.

Cari tahu niche pasar Anda

35682C Ae12Cca6A31E4E9893F402B37Dbaa2D7 Mv2

Hal pertama yang ingin Anda ketahui saat memulai bisnis secara umum adalah masalah apa yang ingin Anda selesaikan dan apakah layanan pengiriman menghasilkan uang.

Apakah Anda ingin bekerja dengan bisnis e-commerce besar, pengecer, atau bisnis lokal? Apakah Anda memerlukan jenis kendaraan perusahaan khusus? Dan di industri apa Anda ingin bekerja?

Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang ingin Anda jawab saat memulai bisnis di sektor pengiriman. Dengan begitu Anda bisa mengurangi jumlah kemungkinan pasar. Beberapa bisnis pengiriman termasuk pengiriman makanan lokal, pengiriman minuman lokal, pengiriman resep, dll. Semuanya memerlukan pengumpulan bukti pengiriman, pengelolaan barang-barang yang sensitif terhadap waktu, dan mengatur time windows.

Dapatkan lisensi!

Tanpa lisensi yang tepat, Anda dapat menerima denda besar atau bisnis akan ditutup. Katakanlah jika Anda berspesialisasi dalam pengiriman makanan, Anda mungkin memerlukan lisensi Makanan atau lisensi untuk Bisnis Transportasi Makanan.

Asuransi bisnis

35682C C19Da529Fc6C485A8794Ea3B94Be1B58 Mv2

Anda MEMBUTUHKAN asuransi bisnis. Dengan begitu, kesejahteraan finansial bisnis Anda terlindungi sehingga Anda dapat beroperasi dengan aman tanpa takut kerugian tidak ditanggung.

Asuransi kewajiban umum adalah kebijakan terbaik untuk memulai jika Anda tidak yakin dengan risiko yang terkait dengan bisnis Anda. Sebagian besar usaha kecil menggunakan jenis asuransi ini saat memulainya.

Asuransi Kompensasi Pekerja relevan jika bisnis Anda memiliki karyawan, sehingga berguna untuk bisnis pengiriman yang memiliki antara 5 hingga 50 pengemudi.

Cara terbaik untuk menjalankan asuransi bisnis adalah dengan melakukan banyak penelitian dan bertemu dengan perusahaan asuransi. Ini tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dan Anda dapat membuat keputusan terbaik tentang perusahaan Anda.

Pekerjakan dan latih pengemudi

35682C 951F9B2E6Be140D8Af0Ac5968446F9A8 Mv2 3

Saat Anda siap untuk mempekerjakan pengemudi, Anda dapat mulai melakukannya dengan memposting iklan pekerjaan. Dan pastikan Anda mencantumkan persyaratan yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Anda ingin mengklarifikasi apakah mereka memerlukan pengalaman atau lisensi khusus dan apakah mereka akan menggunakan kendaraan milik sendiri atau perusahaan. Anda juga harus mengetahui tarif per jam dan lamanya posisi (jangka pendek, jangka panjang), serta jumlah pemberhentian rata-rata yang akan mereka selesaikan.

Dalam hal melatih pengemudi Anda, Anda pasti ingin menekankan pentingnya pengalaman pelanggan, mengingat mereka mewakili brand Anda. Pengemudi harus selalu mengirimkan paket dengan cara yang ingin mereka terima.

Anda juga perlu melatih mereka tentang teknologi yang digunakan untuk mengelola rute pengiriman dan memasukkan pelatihan kesehatan dan keselamatan. Kesejahteraan pengemudi lebih penting daripada mengirimkan ratusan paket dalam sehari. Merawat tim Anda dengan baik adalah hal yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

Bangun website dan akun media sosial

35682C D40512F7173B43B199F5Bea33621Cebf Mv2

Saat memulai bisnis pengiriman sendiri, Anda ingin pelanggan memiliki kemampuan untuk mempelajari layanan Anda di website dan akun media sosial yang disajikan dengan baik. Sertakan informasi relevan yang berkaitan dengan layanan dan apa yang ditawarkan. Pastikan untuk menyertakan studi kasus, blog, dan konten relevan lainnya seputar struktur bisnis Anda. Semakin profesional penampilan Anda, semakin banyak pelanggan yang cenderung menggunakan layanan Anda.

Rencana bisnis tidak akan pernah lengkap tanpa menggunakan platform media sosial. Media sosial adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial dan memamerkan kemampuan layanan pengiriman Anda. Iklan Facebook dan Instagram dapat membantu bisnis Anda mendapatkan daya tarik yang diperlukan untuk bersaing dengan perusahaan pengiriman besar.

Tulisan Terkait