Cara Mengamankan Muatan Saat Pengiriman

oleh | 12 Okt 2022 | Manajemen Pengiriman

Beberapa Cara Menjaga Keamanan Barang Mulai dari dengan Gulungan Non-Slip, Strapping, Hingga Penggunaan E-Seal

Pengamanan barang selama transportasi adalah sangat penting di semua industri – untuk industri papan bergelombang juga untuk transportasi barang seperti mesin cuci atau mesin pencuci piring, atau paket berat di industri konstruksi seperti batu atau ubin. Jika kargo atau barang tidak cukup aman selama pengiriman, dapat memiliki konsekuensi serius. Kerusakan barang Anda, untuk kendaraan atau bahkan cedera pribadi semua dapat terjadi akibat pengamanan yang kurang memadai.

Barang Anda perlu diamankan pada permukaan kargo dengan cara tali, jaring atau gulungan non-slip sedemikian rupa bahwa mereka dilindungi secara memadai selama transportasi terhadap kekuatan pergerakan selama di perjalanan, seperti terjadi saat pengereman, tikungan atau di jalan-jalan yang tidak rata.

Pencegahan vs kerusakan

35682C 4731E67A3Aba4Eb58D3Fdf87B3436Ab5 Mv2 1

Peraturan VDI- 2700 menjelaskan bahwa “mengamankan kargo pada kendaraan di jalan”. aturan telah lama dianggap sebagai acuan standar pada subjek kargo aman di transportasi jalan. Bagian 22 dari Peraturan Lalu Lintas German Road juga membutuhkan penyimpanan yang benar dari beban selama transportasi. tanggung jawab utama terletak pada sopir atau dengan orang yang ada pada kendaraan, tetapi pemilik juga bertanggung jawab.

Pelanggaran dapat dihukum sebagai suatu pelanggaran administratif atau kerusakan properti di cek lalu lintas di pinggir jalan atau di lokasi terjadinya kecelakaan. Jika cedera yang terjadi adalah akibat pribadi dari pengamanan kargo yang tidak memadai, pelaku akan dikenakan denda tinggi atau bahkan penjara.

Strapping untuk peningkatan keamanan

35682C 64E290D7747A480A9478C45E8Affcfea Mv2 1

Dengan menggunakan strapping pada barang lepasan atau palet, Anda dapat meningkatkan keamanan selama transportasi dan meminimalkan konsekuensi risiko kerusakan. Berkat strapping, beban akan lebih stabil dan dengan demikian dapat dengan mudah tetap berada pada area bongkar muat. Dalam hal bongkar muat, strapping memungkinkan Anda untuk secara berkelanjutan menyederhanakan penanganan barang Anda.

Penggunaan E-Seal

35682C Be73Fd34Fd0E436C81D5Cefb4365D87B Mv2 1

E-Seal container merupakan salah satu terobosan baru dalam bidang keamanan kontainer. Perbedaannya adalah e-seal container dengan seal kontainer biasa adalah dalam e-seal sudah tersematkan RFID (Radio Frequency Identification) chip. Penyematan RFID chip ini dapat memudahkan pihak bea cukai dalam melakukan pemeriksaan kontainer karena petugas pemeriksaan hanya perlu menggunakan scanner untuk proses scan e-seal container. Beberapa e-seal yang lain memiliki fitur GPS (Global Positioning System). Jika terjadi pencurian sampai tingkat kontainernya maka kontainer bisa terlacak keberadaannya.

E-Seal dapat menggantikan seal biasa, karena fiturnya yang memiliki keamanan tingkat tinggi serta memudahkan orang untuk mengawasi. Namun meski tak secanggih E-Seal, penggunaan seal harus tetap terlaksana dalam kegiatan ekspedisi dalam negeri, ekspor maupun impor. Karena sepanjang perjalanan kita tak tahu berbagai kemungkinan yang terjadi.

Tulisan Terkait