Kenapa Route Planning Sangat Penting di Industri Pengiriman?

oleh | 10 Agu 2022 | Manajemen Pengiriman

Route planning adalah kunci bagi perusahaan di industri pengiriman karena membantu mereka mengatasi tantangan utamanya, yaitu: pengurangan biaya, efisiensi operasional, minimalisasi dampak karbon, dan peningkatan kepuasan pelanggan. Di dunia yang serba digital ini, proses route planning dapat diotomatisasi untuk mendapatkan hasil yang cepat dan baik. Software route planning memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan pengiriman.

Apa keuntungan dari route planning?

Kebutuhan untuk memenuhi persyaratan pelanggan untuk layanan berkualitas tinggi sambil menghadapi tenggat waktu yang ketat dengan biaya serendah mungkin lebih dari sebelumnya. Pengiriman terlambat, kehilangan, barang rusak, dan pengalaman pengiriman buruk lainnya sering mengakibatkan pelanggan beralih ke pesaing.

Route planning sangat penting untuk kinerja operasional dan keuangan yang lebih baik, serta pengalaman pelanggan yang optimal. Pada skala yang lebih luas, ini membantu untuk menentukan dan menerapkan strategi delivery yang disesuaikan dengan mengubah proses, kebijakan, dan perilaku.

Apa itu route planning?

Perusahaan di industri pengiriman harus memastikan pengiriman kargo yang aman di tempat yang tepat dan tepat waktu sambil menggunakan rute yang paling efisien dalam hal waktu berkendara dan konsumsi bahan bakar. Route planning adalah proses yang menentukan rute yang akan diambil. Hali ini berkontribusi untuk memprediksi perkiraan waktu kedatangan (ETA) armada dengan tingkat akurasi tinggi yang dibutuhkan oleh pemilik kargo.

Rute dapat berupa dinamis atau statis. Rute dinamis dibangun ad hoc berdasarkan campuran pesanan dan volume tertentu sedangkan rute statis (atau master) memiliki jadwal tetap dengan rencana perjalanan dan urutan pemberhentian yang tidak berubah. Perusahaan yang bekerja dengan pelanggan dengan pesanan variabel lebih menggunakan rute dinamis dan jalur pelayaran harus memberi mereka layanan yang sesuai.

Dalam kasus keadaan yang tidak terduga, lebih mudah bagi manajer armada untuk menyesuaikan rute, sehingga menghindari penundaan lebih lanjut. Dengan meminimalkan jarak berlayar dan waktu antara panggilan pelabuhan, route planning dinamis memungkinkan lebih banyak pemberhentian pada rute tertentu atau beberapa putaran, yang meningkatkan pendapatan yang dihasilkan per perjalanan dan produktivitas armada.

Perbedaan route planning dan route optimization

Route planning mungkin disertai dengan route optimization. Karena selalu ada beberapa rute yang tersedia, semua kombinasi jalur rute dan urutan pemberhentian harus dievaluasi, dengan mempertimbangkan beberapa opsi dan kendala. Proses berakhir dengan produksi rencana yang paling hemat biaya.

Salah satu ciri yang harus diperhatikan adalah cuaca, yang mempengaruhi kecepatan kapal. Namun, itu adalah parameter yang terus berubah, tergantung pada jalur laut yang dipilih oleh kapten. Jarak antara dua pelabuhan, perkiraan tanggal pengiriman kargo, karakteristik kapal, kemacetan lalu lintas, persimpangan, dan peraturan juga dapat berubah sesuai dengan rute yang dipilih. Semua faktor tersebut membuat route planning menjadi tugas yang rumit.

Bagaimana perusahaan pengiriman memperoleh manfaat route planning?

Pengangkutan barang adalah salah satu industri paling kompleks di dunia. Perusahaan harus menghadapi jarak yang sangat jauh, jumlah barang yang cukup banyak, banyak kendala, dan sejumlah pemangku kepentingan. Route planning yang efisien memiliki beberapa keuntungan:

Penggunaan sumber daya yang efektif

Memiliki route planning yang efektif memungkinkan alokasi sumber daya yang dioptimalkan dan menghilangkan inefisiensi.

Mengurangi biaya transportasi

Tanpa route planning yang tepat, biaya bertambah dengan sangat cepat. Dalam konteks biaya bahan bakar yang terus meningkat, waktu berlayar yang lebih rendah, dan mengarah pada konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Juga, menghindari rute yang padat mencegah kapal membuang bahan bakar yang mahal. Pada saat yang sama, meminimalkan biaya pemeliharaan dan lembur yang dibayarkan kepada awak kapal. Ini berakhir dengan peningkatan profitabilitas.

Meningkatkan keselamatan

Dalam hal pelayaran laut, keselamatan selalu didahulukan, mengingat beratnya manusia, material, dan konsekuensi finansial dari kecelakaan di laut. Berkat rute yang jelas, tingkat risiko berkurang sejak jalur teraman diambil. Dan ketika beberapa area berisiko tidak dapat dihindari, kapten dan awak kapal bersiap untuk segala potensi bahaya.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Menerima kiriman mereka tepat waktu sangat penting bagi importir dan pemasok untuk bisnis mereka sendiri.

Mengapa Software route planning menjadi kunci bagi perusahaan pengiriman?

Dengan kemajuan teknologi, Software route planning telah menjadi alat kerja yang penting bagi perusahaan pengiriman dan pemain lain di industri transportasi. Untuk kebutuhan bisnis, aplikasi navigasi sederhana seperti Google Maps saja tidak cukup. Memang, mereka menyediakan beberapa opsi tentang cara untuk pergi dari titik A ke titik B. Namun, mereka tidak mengizinkan pencarian lanjutan yang mengintegrasikan semua faktor yang memengaruhi durasi dan biaya perjalanan.

Aplikasi route planning menggunakan algoritma, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk muncul dengan cepat dan otomatis dengan route plan yang paling hemat biaya berdasarkan beberapa variabel. Akibatnya, pembuatan rute hanya membutuhkan waktu beberapa menit, bukan jam jika prosesnya dilakukan secara manual. Ini jauh lebih sedikit memakan waktu, yang menghasilkan lebih sedikit sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukannya. Dengan kerja keras yang dilakukan oleh software, para planner dan manajer armada dapat meningkatkan prodiktivitasnya, sehingga dapat fokus pada analisis kinerja rencana dan menemukan solusi untuk terus meningkatkan proses guna meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Waktu perencanaan yang lebih pendek juga memungkinkan penerimaan pesanan yang diperpanjang terputus. Faktanya, kemampuan untuk membuat perubahan dengan cepat memungkinkan pengelolaan pesanan di menit-menit terakhir dengan lancar tanpa mempengaruhi jadwal pengiriman secara keseluruhan. Ini merupakan aset utama bagi pelanggan, serta perusahaan untuk menciptakan tambahan kapasitas pengiriman dan memanfaatkan armadanya secara lebih efisien.

McEasy telah mengembangkan berbagai modul logistik yang dapat membantu Anda menemukan rute terbaik. Hubungi tim kami untuk mendapatkan layanan route planning khusus untuk bisnis Anda.

Tulisan Terkait