Apa itu Long Haul Transportation?

oleh | 5 Des 2022 | Manajemen Pengiriman

Long haul transportation atau transportasi jarak jauh adalah kunci dari sistem transportasi modern saat ini. Umumnya, long haul mengacu pada pergerakan barang dengan jarak di atas 400 km dan sering dilakukan menggunakan truk.

Lantas, apa itu long haul transportation? Dan seperti apa masa depan armada truk jarak jauh?

Baca terus untuk penjelasan tentang long haul transportation, serta beberapa tips untuk mengoptimalkannya.

Apa Itu long haul transportation?

Long haul transportation sangat penting untuk pergerakan barang antar kota besar dan menuntut manajemen yang ketat untuk memastikan transportasi yang paling efisien. Jaringan logistik long haul transportation akan membantu operator melacak stok dari jarak jauh.

Line Haul vs Long Haul—Apa Bedanya?

Ada dua jenis transportasi utama —long haul dan line haul. Long haul transportation digunakan untuk mengangkut barang dalam jarak jauh, sedangkan line haul transportation digunakan untuk perjalanan yang lebih pendek.

Perbedaan utama antara long haul dan line haul transportation adalah jarak pengiriman barangnya. Long haul transportation melakukan pengangkutan barang dalam jarak jauh, sedangkan line haul transportation melakukan perjalanan yang lebih pendek.

Perbedaan lain antara kedua jenis transportasi ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perjalanan. Long haul transportation membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan karena jaraknya lebih jauh, sedangkan line haul transportation dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat karena jaraknya lebih pendek.

Terakhir, perbedaan lain antara long haul dan line haul transportation adalah biayanya. Long haul transportation lebih mahal karena jaraknya lebih jauh, sedangkan line haul transportation lebih murah karena jaraknya lebih pendek. Apabila Anda menghitung jarak tempuh yang sama vs. biaya per satuan jarak tersebut—long haul transportation akan selalu lebih murah.

Manfaat Long Haul Transportation

35682C F171De787D854E28B85B40Ba05841506 Mv2

Banyak Jenis Kontainer yang Dapat Diangkut

Long haul transportation adalah pilihan yang tepat untuk memindahkan muatan peti kemas yang beragam karena menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan metode transportasi lainnya:

Long haul transportation jauh lebih murah daripada transportasi udara atau kereta api. Ini karena perusahaan angkutan jarak jauh dapat memindahkan barang dalam jumlah besar sekaligus, sehingga mengurangi biaya keseluruhan.

Long haul transportation jauh lebih cepat daripada transportasi udara atau kereta api. Ini karena barang dapat dikirimkan ke tempat tujuan lebih cepat, yang merupakan bagian penting bagi bisnis yang perlu menerima produknya dengan cepat.

Long haul transportation jauh lebih andal daripada transportasi udara atau kereta api. Artinya, bisnis dapat mengandalkan perusahaan long haul transportation untuk mengirimkan barangnya tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

Raliability

Raliability atau keandalan long haul transportation menjadikannya pilihan populer bagi perusahaan yang memindahkan barang. Hal ini karena long haul transportation biasanya melakukan penanganan jenis kiriman yang lebih sedikit, yang dapat mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan. Selain itu, perusahaan angkutan jarak jauh sering memiliki pengalaman menangani berbagai jenis kargo jarak jauh, yang dapat membantu memastikan kiriman Anda tiba dengan selamat di tempat tujuan.

Layanan door to door

Layanan door to door adalah jenis long haul transportation dimana perusahaan pengiriman mengirimkan barang langsung ke depan pintu pelanggan. Hal ini berbeda dengan jenis transportasi lainnya, dimana pelanggan harus mengambil barang di lokasi sentral, seperti pelabuhan atau terminal.

Layanan door to door lebih nyaman bagi pelanggan, karena mereka tidak perlu keluar untuk mengambil kiriman mereka. Ini juga menghilangkan kebutuhan akan fasilitas penyimpanan, yang dapat menghemat biaya. Selain itu, ini memungkinkan jadwal pengiriman yang lebih akurat, karena perusahaan pengiriman dapat merencanakan rutenya di area sekitar alamat pelanggan.

Namun, layanan dari door to door tidak selalu memungkinkan atau praktis. Dalam beberapa kasus, seperti pengiriman besar, pelanggan mungkin perlu menyediakan dok pemuatan atau jalur akses lain untuk perusahaan pengiriman. Selain itu, layanan door to door mungkin tidak tersedia di semua area atau mungkin lebih mahal daripada jenis transportasi lainnya.

Mengelola Long Haul Transportation

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 2

Optimalisasi Rute

Optimalisasi rute adalah proses yang menggunakan teknologi untuk menentukan rute terbaik untuk diambil kendaraan. Prose optimalisasi memperhitungkan faktor-faktor seperti kemacetan lalu lintas, kondisi cuaca, penutupan jalan dan pekerjaan konstruksi. Tujuannya adalah untuk menemukan rute terpendek atau tercepat yang mungkin dilalui oleh armada pengiriman.

Pengoptimalan rute dapat membantu meningkatkan efisiensi long haul transportation dengan mengurangi jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, dan emisi. Cara ini dapat membantu menghemat waktu dan uang dengan menghindari kemacetan lalu lintas dan menemukan rute yang paling efisien.

Optimalisasi rute dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil, van, truk, dan bus. Ini sangat berguna untuk perjalanan jarak jauh karena meningkatkan efisiensi, dan akan menghemat waktu dan uang.

Pantau Kinerja Pengemudi

Teknologi dapat berperan dalam memantau performa berkendara pengemudi armada angkutan jarak jauh. Data ini juga dapat digunakan untuk membuat program pelatihan yang membantu pengemudi tetap aman di jalan.

Selain meningkatkan keselamatan, teknologi ini juga dapat membantu meningkatkan efisiensi. Dengan memahami bagaimana pengemudi menggunakan waktu dan sumber daya mereka, perusahaan dapat mengubah rute dan jadwal yang membantu semua orang menghemat waktu dan uangnya.

Berinvestasi dalam teknologi long haul transportation dari perusahaan seperti McEasy adalah langkah cerdas bagi perusahaan mana pun yang menjalankan long haul transportation. Ini adalah investasi yang akan terbayar dengan peningkatan keamanan, efisiensi, dan hasil akhir.

Penjadwal Otomatis

Teknologi dapat digunakan untuk mengotomatisasi jadwal pengemudi armada angkutan jarak jauh. Ini dapat membantu memastikan bahwa pengemudi dapat mengikuti jadwal mereka dan mendapatkan penggunaan waktu yang paling efisien. Mengotomatiskan proses penjadwalan juga dapat membantu mengurangi kemungkinan kesalahan, yang dapat mengakibatkan delay atau pembatalan.

Long haul transportation terus menjadi tulang punggung jaringan logistik modern Indonesia. Di negara sebesar Indonesia, long haul transportation membuat ibu kota tetap terhubung dengan pergerakan barang-barang penting.

McEasy membangun sistem manajemen pengemudi yang terhubung dengan sistem manajemen transportasi yang canggih. Kami mendukung keberlangsungan ekosistem long haul transportation, dan memastikan barang Anda bergerak lebih jauh di sepanjang jaringan rantai pasok Anda.

Untuk bisnis yang ingin mengontrol pengirimannya, saatnya berinvestasi di McEasy. Tampilan aplikasi kami yang sederhana dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai program existing Anda melalu API untuk membantu Anda menyelesaikan pengiriman dengan lebih cepat dan efisien. Hubungi tim McEasy sekarang juga untuk mendapatkan demo gratis.

Tulisan Terkait