Manajemen Armada Pengiriman

oleh | 20 Agu 2022 | Manajemen Pengiriman

Manajemen armada pengiriman penting untuk semua bisnis yang menjual secara online, terlepas dari apakah armada pengiriman dibuat sendiri atau menggunkan pihak ketiga.

Suka tidak suka, jika Anda menjual barang secara online maka Anda berada di bisnis pengiriman. Pemesanan online dengan pengiriman rumah atau bisnis adalah normal baru dan itu tidak akan berubah. Jadi bagaimana Anda melakukan manajemen armada pengiriman tanpa membuat bisnis Anda tidak menguntungkan atau tersendat dengan biaya armada dan staf?

Sederhana, Anda menggunakan aplikasi untuk mengubah manajemen armada pengiriman menjadi bagian paling efisien dari bisnis Anda. Dalam prosesnya, Anda akan mengurangi emisi karbon, menghemat uang, dan menyenangkan pelanggan Anda.

Mari kita lihat bagaimana melakukannya.

Apa itu manajemen armada pengiriman?

35682C 731Bb12B34Bd4C8C93075F9154B65F79 Mv2 1

Dalam praktiknya, manajemen armada pengiriman membantu organisasi mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan dan pengemudi yang mereka miliki. Ini, pada gilirannya, mengurangi biaya, emisi karbon, dan keluhan pelanggan. Solusi teknologi mendorong peningkatan ini dan akan menjadi landasan manajemen armada pengiriman di masa depan.

Armada pengiriman seharusnya tidak hanya dilihat sebagai kendaraan dan pengemudi yang dimiliki dan dipekerjakan secara langsung oleh perusahaan yang bersangkutan. Dalam banyak kasus, perusahaan mengalihdayakan pengiriman ke kurir pihak ketiga, pekerja pertunjukan, atau perusahaan logistik. Mereka masih dapat mempertahankan kontrol penuh atas penyedia outsourcing ini jika mereka tetap memegang kendali atas aplikasi yang mengelola pengiriman.

Inilah yang dilakukan oleh perusahaan yang lebih cerdas sehingga mengurangi eksposur mereka terhadap biaya armada tanpa kehilangan kendali.

Apa itu aplikasi manajemen armada?

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 2

Aplikasi armada pengiriman biasanya terdiri dari:

Route planning

Di mana Anda mulai ketika Anda memiliki halaman dan halaman rincian pengiriman, beberapa driver pada shift yang berbeda semuanya berfokus pada area yang berbeda? Unggah detail pengiriman Anda dan aplikasi akan melakukan sisanya. Kurangi biaya logistik Anda sebesar 20-40% dan mulai dapatkan kembali keuntungan yang terlewatkan.

Route optimization

Algoritma route optimization akan mengurangi biaya per pengiriman setidaknya 33% dibandingkan perencanaan tradisional dan memungkinkan Anda mempertimbangkan variabel kompleks seperti jendela waktu, penyeimbangan muatan, wilayah zona, dan bahkan variabel kendaraan untuk menghindari pengiriman dan tenggat waktu yang terlewat. Kendaraan yang meninggalkan depot dengan muatan penuh menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Fleet tracking

Visualisasikan armada pengiriman Anda dengan peta langsung untuk mengelola dan menyesuaikan rute secara real-time. Jadilah lebih efisien dan singkirkan dugaan dari operasi pengiriman. Kurangi ketergantungan pada pengetahuan lokal pengemudi dengan menerapkan model pelacakan armada berbasis data.

Driver app

Aplikasi seluler mengoptimalkan dan menavigasi rute pengirimannya. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk menangkap bukti pengiriman dan membuat mereka tetap berhubungan dengan depot melalui pengiriman dan catatan pengemudi. Dengan tingkat pergantian pengemudi rata-rata 25% setiap tahun, aplikasi pengemudi pengiriman akan membantu mempertahankan staf dan meningkatkan efisiensi.

Manajemen pengiriman / delivery management

Solusi total untuk manajemen pengiriman sangat penting untuk semua jenis bisnis untuk mengendalikan biaya dan melindungi pengalaman pelanggan dengan Anda. Kurangnya investasi dalam manajemen pengiriman dapat mengakibatkan 38% pelanggan churn dan biaya pengiriman yang melonjak sebagai akibat dari pengiriman yang tidak terjawab yang perlu diulang.

Pengalaman pengiriman / delivery experience

Unggul dalam pengalaman pengiriman untuk pelanggan Anda agar mereka tetap terhubung dengan pemberitahuan waktu nyata dan portal pelacakan paket langsung. Hentikan pengiriman yang terlewat dan pelanggan yang tidak puas dengan solusi penerapan sederhana yang dapat digunakan siapa pun di bisnis Anda. Tingkatkan tingkat pengembalian pelanggan dan kendalikan biaya Anda di bagian paling mahal dari perjalanan logistik Anda.

Bukti pengiriman

Tangkap bukti pengiriman dengan tanda tangan elektronik, foto, atau pemindaian kode batang untuk keamanan dan kepatuhan total. Otomatiskan konfirmasi email ke pelanggan atau ke sistem ERP yang relevan.

Pemberitahuan pengiriman / delivery notifications

Tetap berhubungan terus-menerus dengan pelanggan Anda selama mil terakhir dengan pemberitahuan pengiriman dan pembaruan melalui teks atau email. Mengotomatiskan persyaratan dukungan pelanggan dan memberikan kepastian kepada pelanggan. Kurangi jendela pengiriman dan tingkatkan tarif pengiriman untuk mengurangi biaya per pengiriman dan mengurangi churn pelanggan.

Manajemen wilayah / territory management

Buat zona pengiriman dan izinkan AI kami untuk secara cerdas menetapkan dan mengelola pekerjaan dalam area ini. Optimalisasi rute dan wilayah semuanya dalam satu.

Laporan / report

Menjadi tim pengiriman berbasis data dengan laporan akhir hari tentang semua aspek operasi Anda. Ukur kesuksesan Anda dan tingkatkan kinerja Anda dari bulan ke bulan.

Manajemen multi-depot / gudang

Skala organisasi Anda dan mencerminkan ruang lingkup tim logistik Anda dengan manajemen multi-depot. Buat jaringan akun depot untuk mengelola organisasi terdistribusi besar dengan izin peran admin super dan manajer depot regional bergantung pada persyaratan.

5 cara memastikan manajemen pengiriman

Memantau pengemudi dan kendaraan secara real-time

Manajer armada pengiriman mana pun akan memberi tahu Anda bahwa bagian terpenting dari pekerjaan mereka adalah mengetahui apa yang terjadi setelah pengemudi meninggalkan depot. Melacak gerakan secara real-time berarti Anda dapat mengatur jauh lebih efisien. Anda dapat secara akurat memberi tahu pelanggan kapan pengiriman mereka akan tiba, Anda dapat memeriksa apakah biaya bahan bakar diminimalkan, Anda dapat melihat apakah pengemudi tetap pada rute mereka. Pemantauan pengemudi ini dilakukan hanya melalui ponsel mereka dan dapat dimatikan di luar jam kerja.

Namun, memantau pengemudi tidak hanya untuk bertindak seperti Kakak, tetapi sangat penting untuk mendapatkan pemahaman operasional tentang aktivitas armada. Melihat pergerakan kendaraan pengiriman dalam praktik memungkinkan manajer untuk mencari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. Mereka mungkin mengirim di area tertentu pada waktu tertentu karena kemacetan lalu lintas, atau mereka mungkin mengirim ke kode pos tertentu pada hari Senin setiap minggu. Mereka bahkan mungkin menutup depot atau pabrik ketika kendaraan pengiriman keluar di jalan dan kemudian membuka kembali ketika mereka kembali. Pengawasan operasional dan wawasan berasal dari pemantauan obsesif kendaraan dan pengemudi.

Fokus pada produktivitas untuk pecahkan masalah

Ada sejumlah area di mana Anda bisa menjadi jauh lebih produktif dengan sumber daya yang sama daripada sebelumnya.

  • Anda dapat mengoptimalkan rute yang akan Anda lewati.
  • Anda dapat dengan cerdik menetapkan pengemudi dan kendaraan ke wilayah tertentu sehingga mengurangi jarak tempuh.
  • Anda dapat menentukan pelanggan atau daerah operasional yang tidak menguntungkan.
  • Anda dapat mengurangi faktor up-time atau mengurangi ukuran armada.
  • Anda dapat memastikan kendaraan selalu terisi penuh dengan mencampurkan pengiriman dan pengambilan dalam satu rencana rute.
  • Anda bahkan dapat melihat apakah pengemudi menggunakan kendaraan dan bahan bakar untuk tujuan non-bisnis.

Pilihan dan potensi untuk efisiensi dan produktivitas tidak terbatas tetapi hasil dari pengambilan keputusan ini bersifat transformatif. Mendapatkan yang terbaik dari armada Anda memastikan bisnis menguntungkan yang merupakan salah satu manfaat besar. Biasanya, pelanggan lebih senang ketika pengiriman dijalankan secara efisien karena hal itu mengharuskan mereka menerima pengiriman mereka dalam ETA yang ditentukan. Terakhir, di era perubahan iklim, armada yang efisien berarti armada yang berkelanjutan.

Kombinasikan pengaturan wilayah dengan fitur perhitungan rute yang cerdas

  • Mengatur parameter untuk kendaraan sehingga pesanan secara otomatis terputus ketika mencapai kapasitas kendaraan untuk berat atau ukuran.
  • Pengemudi dapat memiliki keterampilan yang terkait dengan mereka sehingga mereka ditugaskan dengan benar pengiriman yang bergantung pada keterampilan tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Wilayah dapat dibuat dan ditetapkan ke pengemudi sehingga mereka mengenal area kecil dengan sangat baik.
  • Penyeimbangan muatan dapat memastikan tidak ada kendaraan di armada yang mengambil terlalu banyak buku pesanan.
  • Time windows dapat disesuaikan tergantung pada jenis pengiriman, misalnya apakah pemasangan furnitur memakan waktu beberapa jam, atau pengiriman surat kabar membutuhkan waktu beberapa detik?
  • Apakah ada item prioritas yang harus dikirim terlebih dahulu apa pun yang terjadi?

Semua pengaturan rute ini perlu diperhitungkan secara otomatis dalam manajemen armada pengiriman jika Anda tidak ingin kembali ke hari-hari manajer transportasi menggaruk-garuk kepala sepanjang hari dan berurusan dengan masalah yang tidak terduga. aplikasi yang mendukung manajemen armada pengiriman Anda perlu menginternalisasi semua berbagai persyaratan yang Anda miliki dan menghasilkan rute yang efisien untuk tim Anda.

Jangan pernah mengecewakan pelanggan

Manajemen armada pengiriman bisa menjadi sempurna dalam segala hal, tetapi jika Anda tidak berkomunikasi dengan penerima akhir, itu masih bisa tampak gagal.

Ya, armada pengiriman harus efisien tetapi pelanggan juga harus tahu apa yang sedang terjadi. Jadi, komunikasi apa yang bisa diotomatisasi?

Pertama, sistem manajemen Anda perlu mengirim SMS atau pemberitahuan email sebelum, selama dan setelah pengiriman. Ini berarti mereka diberitahu tentang ETA pengiriman dan setelah itu mereka dikirimi bukti pengiriman dan mungkin diminta untuk menilai pengalaman pengiriman. Pesan-pesan ini dapat ditulis terlebih dahulu dan diisi saat dikirim. Mereka dapat dipicu pada waktu tertentu dalam sehari atau berdasarkan lokasi geografis kendaraan (geofenced delivery notifications).

Kedua, pelanggan harus diberikan peta langsung lokasi mereka dan lokasi kendaraan pengiriman mereka. Ini dapat dikirim ke pelanggan melalui email atau SMS pada hari pengiriman sehingga mereka tahu persis di mana itu setiap saat. Keindahan dari ini adalah mengurangi pengiriman yang terlewat dan pertanyaan pelanggan pada hari pengiriman. Ini, jelas, juga merupakan pengalaman hebat bagi pelanggan.

Bersandar pada AI

Kecerdasan buatan menggunakan data untuk menyarankan rute pengiriman tercepat, dapat memicu pemberitahuan pelanggan, bahkan dapat menyoroti pemeliharaan armada dan peningkatan keselamatan. AI adalah bagian dari sistem manajemen armada pengiriman saat ini dan Anda harus berinvestasi dalam sistem seperti ini untuk memaksimalkan anggaran Anda.

Apa manfaat dari manajemen armada?

35682C 139Bdb10358F4Cf9917D747Afef6Fecb Mv2
  1. Peningkatan efisiensi logistik yang mengarah ke pengguna akhir yang lebih bahagia
  2. Mengotomatiskan proses yang sangat memakan waktu – hemat 30-50% dibandingkan tidak memiliki sistem
  3. Menangkap semua tanda tangan elektronik, foto, dan catatan pengiriman di aplikasi kami yang mudah digunakan
  4. Perencanaan otomatis dengan rute yang dikirim langsung ke pengemudi
  5. Penerima tidak perlu lagi bertanya-tanya berapa lama mereka harus menunggu pengiriman mereka dengan melacak umpan pengiriman langsung
  6. Semua koleksi dan pengiriman Anda turun dalam satu perjalanan
  7. Gambaran total armada di darat
  8. Tarik laporan dengan mudah untuk wawasan berdasarkan data
  9. Scale-up operasional pengiriman Anda dengan mudah

Tulisan Terkait