Bagaimana Mempersiapkan Bisnis Pengiriman Anda untuk Menghadapi Tahun Baru?

oleh | 4 Jan 2023 | Manajemen Pengiriman

Baru saja kita memasuki tahun 2023, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mempersiapkan bisnis pengiriman Anda di tahun baru.

Ada begitu banyak cara untuk meningkatkan bisnis Anda seperti menawarkan lebih banyak pilihan pengiriman, mencoba strategi pemasaran baru, mengukur KPI, memperkenalkan pengoptimalan rute, dan lainnya.

Artikel ini akan membahas strategi-strategi tersebut, sehingga Anda mendapatkan insight yang lebih baik tentang bagaimana meningkatkan bisnis dan bersiap di tahun 2023.

Tawarkan lebih banyak pilihan pengiriman

Pelanggan ingin barang mereka dikirim kemarin! Menunggu beberapa hari atau minggu tidak cukup lagi. Itulah mengapa penting untuk dapat memberi pelanggan lebih banyak pilihan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menawarkan layanan pengiriman di hari yang sama dan 3 jam akan memungkinkan Anda untuk membuat pelanggan senang dan mungkin menarik pelanggan di masa mendatang. Menyelesaikan pengiriman dalam kerangka waktu hari yang sama mungkin tampak seperti tugas yang mustahil.

Namun, Anda dapat memberikan pilihan ini kepada pelanggan dengan mengintegrasikan aplikasi manajemen pengiriman seperti McEasy untuk membantu mengatur pemesanan sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak pilihan pengiriman kepada pelanggan.

Coba strategi pemasaran baru

Ketika datang ke pemasaran itu semua coba-coba sebelum mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Cara Anda dapat menarik pelanggan adalah promosi penawaran saya untuk mengantisipasi penurunan penjualan dan hari libur seperti Black Friday, Natal, dll. Anda dapat membuat kesepakatan melalui email marketing campaign bertarget yang dikirim ke pelanggan, landing page yang disesuaikan, dan promosi media sosial.

Platform seperti Sendinblue dan Hubspot mudah digunakan sehingga Anda dapat mengotomatiskan postingan media sosial dan email campaign.

Anda juga harus memeriksa apa yang dilakukan pesaing sehingga dapat menjaga harga tetap kompetitif dan tetap selangkah lebih maju. Menjadikan bisnis Anda pilihan yang lebih baik.

Mengukur KPI

35682C F947Cd5C08Da40E9Aaef42B9Aeca50Dd Mv2

Key performance indicator (KPI) adalah pengukuran kinerja yang memungkinkan Anda melihat apakah tim Anda mencapai target yang ditetapkan. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat apakah anggota tim bekerja seproduktif mungkin.

Metrik yang mencakup persentase pesanan, lead time, perputaran stok, peningkatan efisiensi pesanan, On Time In Full (OTIF) dan jumlah pengiriman adalah kunci untuk mengamankan kesuksesan layanan pengiriman Anda.

Pemantauan KPI memberi Anda data yang menyoroti letak kesalahan dan pengeluaran. Menyadari apa yang perlu ditingkatkan memberi Anda peluang untuk meningkatkan kinerja bisnis pengiriman Anda.

Perkiraan permintaan

Untuk mengelola bisnis pengiriman Anda dengan benar atau jika Anda ingin memulainya, perkiraan permintaan sangat penting.

Perkiraan permintaan adalah proses mengantisipasi permintaan dan harapan pelanggan di masa depan dengan menggunakan data historis dan informasi lainnya. Dengan demikian, Anda dapat melihat potensi bisnis di pasar dan membuat keputusan akurat seputar biaya dan strategi.

Tidak memiliki perkiraan permintaan dapat mengakibatkan bisnis Anda membuat keputusan yang buruk terkait target pasar dan barang. Semuanya dapat berdampak negatif pada inventaris, manajemen rantai pasokan, pengalaman pelanggan, dan keuntungan Anda.

Route optimization

35682C 5614F82Ec16548A9A5B871Ebde09Dacd Mv2 3

Jika Anda masih menghabiskan berjam-jam merencanakan rute pengiriman secara manual, berhentilah segera! Menggunakan aplikasi route optimization membangun rute pengiriman yang paling efisien dengan cepat.

Memilih pengalaman yang lebih otomatis akan membantu bisnis pengiriman Anda mencapai level baru di tahun baru. Tidak perlu lagi memperhitungkan jumlah pemberhentian, jadwal pengemudi, kondisi lalu lintas dan cuaca, jenis kendaraan, dll.

Route optimization melakukannya untuk Anda!

Menempatkan pengemudi Anda pada rute yang paling efisien akan menghasilkan pengiriman yang lebih cepat sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak pemesanan. Anda bahkan dapat memasukkan pengiriman menit terakhir, menambah profitabilitas bisnis Anda.

Manfaat lain menggunakan solusi route optimization adalah pengurangan konsumsi bahan bakar. Harga bahan bakar akhir-akhir ini bukan lelucon, itulah sebabnya pengemudi menghabiskan lebih sedikit waktu di jalan akan menghasilkan lebih sedikit bahan bakar yang digunakan. Dengan demikian meminimalkan biaya sehingga bisnis Anda dapat menghemat waktu dan uang!

Menyediakan fitur live tracking untuk pelanggan

35682C 18448603E32F4F2Cbd095Bb00Cc7Ad3B Mv2 2

Pelanggan ingin melihat persis di mana barang mereka dari awal sampai akhir sehingga mereka dapat mengantisipasi kedatangan pengemudi. Gagal memberikan pelacakan secara real-time berarti Anda pada akhirnya meninggalkan pelanggan dalam ketidakpastian ETA dan pengalaman pengiriman yang kurang memuaskan.

Tidak memberikan update kepada pelanggan selama proses juga merupakan tanda bahwa bisnis Anda tidak seinovatif pesaing dan membahayakan retensi pelanggan dan reputasi bisnis Anda.

Mengirim link live tracking ke pelanggan memberi mereka visibilitas proses pengiriman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini memungkinkan mereka menerima update sehingga mereka tahu persis kapan paket mereka akan tiba.

Mulailah Tahun Baru dengan McEasy

35682C Cf47E32Bcb82434F873C2C906F12E15F Mv2 3

Mulailah tahun dengan cara terbaik yang Anda bisa dengan mengintegrasikan McEasy ke dalam sistem Anda!

Tulisan Terkait