Mengapa Bisnis Membutuhkan Software Manajemen Pengiriman?

oleh | 25 Jan 2023 | Manajemen Pengiriman

Mengelola bisnis pengiriman dan memastikan semua operasional berjalan lancar bukanlah tugas yang mudah. Pelanggan menginginkan pesanan mereka kemarin! Mempersulit bisnis untuk memenuhi permintaan pengiriman yang lebih cepat.

Software manajemen pengiriman adalah solusi yang dapat merevolusi bisnis pengiriman Anda dan memungkinkannya mencapai level baru!

Teruslah membaca untuk mengetahui bagaimana bisnis dapat memperoleh manfaat dari software manajemen pengiriman dan bagaimana Anda dapat mulai mengubah bisnis Anda.

Apa itu software manajemen pengiriman?

35682C 4B6D064D274A4961893Df62A5220D22F Mv2 3

Software manajemen pengiriman adalah alat yang dapat digunakan bisnis untuk merampingkan seluruh proses pengiriman mereka dari awal hingga akhir.

Jenis software ini dapat digunakan oleh bisnis kecil dan besar untuk mengoptimalkan rute pengiriman, meningkatkan kinerja pengemudi, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Mengintegrasikan software manajemen pengiriman dalam sistem Anda dapat menghilangkan waktu yang dihabiskan untuk merencanakan rute secara manual dan mengisi spreadsheet. Dengan begitu Anda dapat menghabiskan waktu untuk meningkatkan area lain dari bisnis pengiriman Anda untuk mencapai pertumbuhan maksimal.

Untuk apa software manajemen pengiriman digunakan?

35682C 18448603E32F4F2Cbd095Bb00Cc7Ad3B Mv2 3

Menjaga harapan pelanggan adalah tugas yang sulit untuk semua bisnis dalam hal pengiriman cepat. Software manajemen pengiriman mempermudah pengiriman barang ke pelanggan pada waktu dan tujuan yang dialokasikan.

Jika Anda pernah menerima telepon dari pelanggan yang ingin mengetahui status pesanan mereka kemudian menjadi frustrasi ketika Anda tidak mengetahui jawabannya – software manajemen pengiriman dapat mengatasi masalah ini!

Sengan menggunakan software manajemen pengiriman yang berkualitas seperti McEasy, berarti semua data Anda disimpan di satu tempat. Dengan begitu Anda dapat mengupdate pelanggan mengenai keberadaan pengemudi tanpa harus membuang waktu untuk mencari data yang benar.

Bergantung pada software yang dipilih, software manajemen pengiriman juga memungkinkan pelanggan menyuarakan perasaan mereka tentang pengalaman pengiriman dan memberikan rating. Dengan demikian, Anda dapat melihat dengan tepat apa yang perlu diperbaiki agar kesalahan ini tidak terulang untuk pelanggan di masa mendatang.

Memperbaiki situasi dengan segera juga berarti pelanggan cenderung tidak mempublikasikan ulasan negatif secara online untuk dilihat orang lain.

Mengapa bisnis membutuhkan software manajemen pengiriman?

Apa pun ukuran bisnis Anda, penting untuk menjaga operasional pengiriman berjalan lancar sepanjang hari. Hari ini adalah tentang seberapa cepat Anda bisa mendapatkan produk ke pelanggan, memaksa bisnis untuk menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi mereka.

Melacak pengiriman Anda memungkinkan Anda menemukan kembali proses pengiriman khas Anda dan memberi pelanggan pengalaman yang lebih baik.

Sistem manajemen pengiriman yang efisien berarti tidak perlu lagi mengkhawatirkan lokasi pengemudi Anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengiriman. Anda memiliki semua kendali di ujung jari Anda.

Manfaat software manajemen pengiriman

Peningkatan kepuasan pelanggan

Ad4A9C Cb70703A91Fc473C8Bb5D4F07E989F38 Mv2

Tidak ada yang mau duduk sepanjang hari menunggu pengiriman mereka tiba tanpa menerima pembaruan apa pun. software manajemen pengiriman memungkinkan Anda memberi pelanggan ETA yang akurat dan pembaruan waktu pengiriman secara real time sehingga mereka mendapat informasi lengkap selama seluruh proses pengiriman.

Anda juga dapat membagikan link live tracking kepada pelanggan Anda sehingga mereka dapat memantau pengemudi sampai ke depan pintu mereka.

Menjaga pelanggan tetap terlibat dalam proses pengiriman dapat meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan, yang mengarah ke pembelian berulang di masa mendatang. Ini juga dapat menghasilkan review online yang positif, meningkatkan reputasi bisnis Anda, dan menarik pelanggan potensial.

Bukti pengiriman elektronik

Bukti pengiriman elektronik, juga dikenal sebagai e-POD, adalah penangkapan tanda tangan elektronik oleh perangkat digital. Tidak perlu pena dan kertas!

Ketika pelanggan memberikan tanda tangannya, salinan elektronik diteruskan ke pelanggan atau dapat diunduh melalui tautan pelacakan sebelumnya.

E-POD sangat penting untuk memastikan setiap pengiriman berhasil diselesaikan, memberikan ketenangan pikiran bagi pengirim dan penerima.

35682C 5D857E9486684Cfeb751C463F8D5Caa2 Mv2

Keamanan pengemudi

35682C 3E4F6Eff05954B8Da937C703Aacdf392 Mv2 2

Pengereman yang keras, ngebut, tikungan tajam, dan diam berlebihan semuanya berkontribusi pada keausan kendaraan perusahaan, dan membahayakan keselamatan pengemudi.

Dengan software manajemen pengiriman, Anda dapat mengidentifikasi pengemudi yang mengemudi secara berbahaya dan menawarkan pelatihan tambahan untuk meningkatkan keselamatan mereka di jalan. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya insiden dan pemeliharaan kendaraan yang tidak perlu, sehingga meningkatkan masa pakainya.

Route Optimization

Ad4A9C 0Fa4Aaf4C2D1424F8D6D74Fcfb1Acd3D Mv2

Menu route optimization pada TMS membuat rute pengiriman paling efisien untuk pengemudi hanya dalam hitungan menit, bukan jam!

Tidak perlu lagi membuang waktu dengan mempertimbangkan jadwal pengemudi, kondisi cuaca dan lalu lintas, jenis kendaraan, dll. Semuanya dilakukan untuk Anda!

Software manajemen pengiriman seperti McEasy memungkinkan Anda menambahkan lebih dari 20 pemesanan ke dalam sistem dan menghitung rute yang paling optimal sehingga pengemudi dapat mencapai setiap tujuan seefisien mungkin.

Bukan rahasia lagi bahwa bahan bakar akhir-akhir ini sangat MAHAL. Lebih sedikit waktu yang dihabiskan di jalan berarti pengemudi Anda menggunakan lebih sedikit bahan bakar, mengurangi jumlah uang yang dihabiskan untuk bahan bakar.

Visibilitas yang lebih baik

Ad4A9C 6Cd742Eabf1D47F196A20Efffdbd73Be Mv2

Manajemen pengiriman memberi pengguna akses ke live tracking sehingga Anda dapat melihat lokasi pengemudi dengan tepat.

Mengetahui keberadaan kendaraan dan pengemudi Anda memberikan kepastian bahwa pengiriman diselesaikan tepat waktu.

Ini adalah cara yang bagus untuk melacak pekerjaan yang telah selesai dan belum selesai. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat membagikan tautan pelacakan langsung dengan pelanggan sehingga mereka tahu secara kasar kapan pesanan mereka akan tiba.

Kesimpulan

35682C Cf47E32Bcb82434F873C2C906F12E15F Mv2 6

McEasy adalah perangkat yang sempurna untuk mengatasi masalah dalam pengiriman jarak jauh dan untuk bisnis yang ingin mengubah sistem pengiriman mereka.

Hubungi tim kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana software manajemen pengiriman dapat menghemat waktu dan uang bisnis Anda.

Tulisan Terkait