Apa Perbedaan 3PL dan 4PL dalam Layanan Logistik?

oleh | 28 Des 2022 | Manajemen Pengiriman

Beberapa industri yang memang berfokus pada pengiriman rantai pasok tentu memiliki langkah-langkah solutif tersendiri untuk menjadi unggul di tengah kompetitor sekarang. Begitu pun yang dilakukan oleh perusahaan 3PL dan 4PL yang bergerak untuk mengoptimalkan proses logistiknya dan meningkatkan visibilitas armadanya.

Jika perusahaan 3PL dan 4PL sama-sama memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, namun sebenarnya kedua layanan tersebut memiliki ciri khas dan cara kerja yang berbeda. Lantas, bagaimana perbedaan 3PL dan 4PL jika dilihat dari segi layanan logistik secara objektif? Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian 3PL dan 4PL

Third Party Logistic (3PL) merupakan perusahaan penyedia layanan logistik pihak ketiga untuk melakukan kegiatan supply chain management. Secara umum perusahaan 3PL menawarkan dan memberikan solusi teknologi untuk mengelola manajemen transportasi atau armada pengiriman.

Sedangkan Fourth Party Logistic (4PL) adalah perusahaan penyedia logistik pihak keempat yang berperan untuk memasok bahan baku dan bertindak sebagai perantara tunggal.

Fungsi Layanan

35682C 29037C4B386C427Fa40Fa04792Edda29 Mv2 1

Secara fungsi layanan, perusahaan 3PL lebih fokus pada kegiatan operasional harian dari mulai packing, trucking, menyimpan barang, membantu pengembalian barang jika ditemukan kerusakan, hingga pengiriman secara end to end.

Sedangkan fungsi layanan perusahaan 4PL lebih menitikberatkan pada pengoptimalan dan integrasi logistik. Selain lebih fokus terhadap efisiensi, 4PL juga berfokus pada strategi logistik, strategi pengadaan barang, hingga mengkoordinasikan pemasok berdasarkan area geografis supplier.

Biaya Operasional

35682C C51725F94B394536B7Fdb841B819Abf3 Mv2

Pada dasarnya, biaya logistik yang dikeluarkan oleh perusahaan 3PL lebih rendah dibandingkan dengan 4PL. Mengapa? Karena perusahaan 3PL hanya berfokus pada transaksi satu kali, sedangkan perusahaan 4PL menyediakan layanan untuk level atas, sehingga biaya operasional yang dibutuhkan juga lebih tinggi.

Manfaat Layanan

35682C 007Ee8Db765D4Bfb8Fc61F55C9Ecab92 Mv2

Perusahaan 3PL dan 4PL masing-masing memiliki manfaat yang berbeda bagi proses logistik dan armada pengiriman. Perbedaan manfaat adanya 3PL dan 4PL ini dapat Anda simak sebagai berikut.

Perusahaan 3PL lebih menghemat biaya pengiriman dan operasional armada, lebih menghemat waktu pengiriman barang, memberikan expertise pada pengiriman barang, serta membantu menemukan shipper dan transporter dengan mudah.

Sedangkan perusahaan 4PL lebih memberikan benefit pada peningkatan visibilitas armada. Layanan 4PL lebih menitikberatkan pada mengendalikan barang yang masuk dan menjaga barang dengan optimal. 4PL juga menangani pengiriman secara end to end dari mulai mengelola ketersediaan bahan baku, mengatur jumlah stok bahan baku, di mana gudang sebaiknya berada, dan sebagainya.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan perusahaan 3PL dan 4PL dalam dunia logistik. Setelah mengetahui perbedaan diantara keduanya, Anda tentu bisa memutuskan untuk menggunakan layanan mana yang akan digunakan untuk bisnis Anda. Namun, yang paling penting adalah Anda juga harus memilih jasa pengiriman terbaik untuk memastikan muatan Anda sampai ke tujuan.

Tulisan Terkait

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Sebagai brand owner, manajemen vendor logistik atau transportasi jika dilakukan secara manual bisa memakan banyak waktu dan rentan terjadi human error. Namun, jangan khawatir. Sejak McEasy merilis solusi terbarunya, yaitu Vendor Management System, Anda bisa...

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sebagai brand owner yang mengandalkan vendor logistik, seperti industri manufaktur dan distributor, tantangan yang kompleks seringkali menjadi penghambat pada operasional di dua sektor ini. Tantangan ini seperti memilih vendor yang berpengalaman, pengelolaan kontrak,...