5 Hal yang Harus Diperhatikan dalaman Sistem Pengiriman Otomatis

oleh | 27 Apr 2023 | Manajemen Pengiriman


Sistem pengiriman otomatis membantu bisnis mengurangi ketergantungan mereka pada proses manual, metode pengiriman tradisional. Pengiriman otomatis membantu mengurangi kesalahan manusia, meminimalkan penundaan, dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pengulangan tugas manual. Dengan demikian, otomatisasi adalah faktor kunci dalam memastikan keakuratan dan ketepatan waktu last mile delivery dan memberikan pengalaman pengiriman pelanggan yang luar biasa.

Produk dan harga pernah menjadi pembeda utama atau brand differentiators di sebagian besar pasar, namun saat ini konsumen menempatkan nilai yang lebih tinggi pada pengalaman pelanggan. Ini berarti bisnis yang gagal memberikan pengalaman pengiriman yang sangat baik cenderung mengalami churn pelanggan yang lebih tinggi, karena pelanggan tidak lagi membeli layanan atau produk sendirian tetapi sebenarnya juga membayar untuk pengalaman tersebut.

Mungkin itu sebabnya survei baru-baru ini menunjukkan bahwa sekitar 85 persen eksekutif pemasaran mengatakan bahwa layanan pengiriman adalah pendorong utama pengalaman pelanggan, sementara dua pertiga pembeli mengatakan bahwa kesan mereka terhadap suatu merek terkait langsung dengan layanan pengiriman yang akurat dan tepat waktu.

Mengingat semua itu, tidak mengherankan jika sebagian besar pemimpin industri transportasi dan logistik memilih untuk memprioritaskan peningkatan layanan pengiriman pelanggan mereka. Semakin banyak bisnis beralih ke alat teknologi untuk mengotomatiskan proses dan meningkatkan operasi pengiriman mereka—yang berarti menemukan sistem pengiriman otomatis yang tepat semakin menjadi prioritas utama.

Dasar-dasar Sistem Pengiriman Otomatis

Mari kita nyatakan sebentar: Pengiriman adalah proses menugaskan pengemudi dan kendaraan ke rute dan pengiriman tertentu. Cara pengiriman tradisional melibatkan penggunaan pena, kertas, atau spreadsheet dan membagikan tugas cetak kepada pengemudi. Tetapi meningkatnya persaingan dan harapan pelanggan mendorong perusahaan untuk mengoptimalkan proses pengiriman mereka sambil mengurangi biaya operasional secara keseluruhan. Mengotomatiskan proses pengiriman—bersama dengan perencanaan rute dan alur kerja last mile lainnya—melalui bantuan solusi teknologi benar-benar merupakan kunci untuk bertahan di pasar saat ini.

Sistem Pengiriman Otomatis

Jadi bagaimana aplikasi sistem pengirimanmembantu? Sederhananya, solusi ini membantu perusahaan berkembang dengan mengoordinasikan pergerakan orang, barang, dan layanan secara otomatis. Dengan pembelajaran mesin, solusi modern dapat menyaring kumpulan data yang sangat besar dalam hitungan menit untuk memberi pengguna tugas, urutan, dan rute pengemudi dan kendaraan yang dioptimalkan. Ini berarti melakukan lebih dari sekadar menetapkan sumber daya terbaik untuk pekerjaan secara otomatis—hal ini juga memerlukan pencarian rute yang paling hemat biaya dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi waktu pengiriman seperti batasan pengiriman, lalu lintas waktu nyata dan kondisi cuaca, permintaan rentang waktu, dan sebagainya.

Selain mengoptimalkan pengiriman danoptimasi rute, beberapa solusi pengiriman juga membantu bisnis terus meningkatkan kinerjanya. Solusi lanjutan menawarkan visibilitas yang kuat dan kemampuan pelacakan KPI, memberi perusahaan wawasan mendalam tentang berbagai aspek operasi pengiriman seperti kinerja pengemudi, pemberhentian terencana vs aktual, efisiensi bahan bakar, jam pengemudi, pengembalian pesanan, dll. Wawasan ini membantu bisnis merencanakan lebih strategis dan meningkatkan operasi dari waktu ke waktu.

Fitur yang Harus Dimiliki dari Aplikasi Pengiriman Otomatis

Sistem pengiriman otomatis yang tepat menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis—mulai dari menghilangkan tugas dan proses manual hingga memungkinkan perusahaan menyediakan waktu penyelesaian pengiriman yang lebih singkat, meningkatkan produktivitas pengemudi, dan mendapatkan visibilitas waktu nyata ke dalam operasi pengiriman. Semua ini dapat digabungkan untuk menempatkan bisnis Anda di jalur menuju layanan pengiriman pelanggan yang hebat.

Namun, untuk mewujudkannya, Anda perlu memastikan bahwa Anda dilengkapi dengan kemampuan yang tepat. Berikut adalah beberapa fitur yang harus dimiliki untuk dicari dalam solusi pengiriman otomatis.

Manajemen kapasitas otomatis

Pengiriman dan penjadwalan bekerja bersamaan karena kapasitas armada Anda harus disesuaikan dengan volume pengiriman dengan cara yang memenuhi kendala. aplikasi otomatisasi pengiriman yang tepat dapat membantu dengan mengirimkan pembaruan otomatis kepada pelanggan untuk memungkinkan mereka menjadwalkan jendela pengiriman pilihan mereka (yang dapat membantu bisnis menghemat banyak waktu menelepon pelanggan untuk menanyakan waktu pengiriman pilihan mereka), sambil menawarkan opsi yang dinamis persegi dengan kebutuhan kapasitas Anda. aplikasi kemudian dapat memilih jendela pengiriman terbaik menurut data pengiriman sebelumnya untuk pelanggan yang memilih untuk tidak menjadwalkan jadwal pengiriman mereka.

Perencanaan dan pengoptimalan rute otomatis

Tms Route Optimization 2

Perencanaan rute otomatis dan pengoptimalan adalah kunci untuk memenuhi lebih banyak penayangan di setiap proses. Ini membantu dalam mengurangi biaya dengan memaksimalkan pemberhentian sambil mempertimbangkan berbagai faktor seperti preferensi pelanggan, waktu pengiriman, tingkat keterampilan pengemudi, dan banyak lagi — sesuatu yang hampir tidak mungkin dilakukan oleh perencana manusia tanpa bantuan.

Pengiriman terpusat

Banyak bisnis menjalankan armada berukuran besar di beberapa area, yang berarti kebutuhan untuk pengiriman secara terpusat sehingga mereka dapat mengelola armada internal dan eksternal dengan lebih efisien.

Solusi pengiriman lanjutan memungkinkan integrasi visibilitas lengkap semua penetapan rute dan pengemudi, termasuk yang eksternal. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola rute yang aktif dan yang akan datang melalui dasbor terpadu.

Secara umum, ada dua faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat menemukan aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan ini: satu adalah integrasi, yang akan kita bahas di bawah—namun yang lainnya adalah skalabilitas. Jika Anda merutekan dan mengirim secara terpusat untuk sejumlah besar truk dan pesanan, Anda memerlukan solusi berbasis cloud yang dapat merutekan ribuan perhentian dalam hitungan menit, jika tidak, Anda akan mengalami pelambatan dan gangguan.

Pemberitahuan dan peringatan otomatis

Kemacetan lalu lintas yang tidak terduga, kerusakan kendaraan yang tiba-tiba, gangguan cuaca, dan sejenisnya dapat terjadi kapan saja, oleh karena itu operator dan pengelola armada harus cepat dalam mengambil tindakan yang diperlukan. Di sini, sangat membantu untuk memilikiaplikasi logistikyang menawarkan alur kerja pengecualian otomatis di mana semua pemangku kepentingan pengiriman yang terpengaruh termasuk pelanggan dapat diberi tahu tentang kemungkinan penundaan yang disebabkan oleh kejadian tak terduga.

Pengiriman fleksibel

Sistem Pengiriman Otomatis

Aplikasi otomatisasi pengiriman yang tepat memungkinkan bisnis menjadi lebih fleksibel dalam operasi pengiriman mereka dengan memberdayakan penyesuaian yang cepat dan berbasis data untuk rencana harian. Pelanggan terkadang rapuh, sehingga kemampuan untuk mengakomodasi perubahan di menit-menit terakhir dapat sangat membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Integrasi

Bisnis harus menentukan aplikasi jadwal pengiriman yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi mereka saat ini untuk merampingkan operasi dan untuk visibilitas dan kontrol yang lebih baik atas berbagai fungsi bisnis. Lebih dari itu, bisnis yang lebih besar memerlukan aplikasi yang mendukung integrasi yang mudah dengan kontraktor dan armada pihak ketiga. Untuk persyaratan ini, Anda pasti ingin melihat bukti kasus penggunaan integrasi yang berhasil di masa lalu.

Pada akhirnya, bisnis modern perlu memilih solusi yang memungkinkan mereka mengintegrasikan berbagai fungsi sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan operasi, dan menurunkan biaya pengiriman sekaligus memastikan kepuasan pelanggan yang tinggi. Sistem pengiriman otomatis yang tepat dapat membantu mewujudkannya.

Tulisan Terkait

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Sebagai brand owner, manajemen vendor logistik atau transportasi jika dilakukan secara manual bisa memakan banyak waktu dan rentan terjadi human error. Namun, jangan khawatir. Sejak McEasy merilis solusi terbarunya, yaitu Vendor Management System, Anda bisa...

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sebagai brand owner yang mengandalkan vendor logistik, seperti industri manufaktur dan distributor, tantangan yang kompleks seringkali menjadi penghambat pada operasional di dua sektor ini. Tantangan ini seperti memilih vendor yang berpengalaman, pengelolaan kontrak,...